Dian Martin | 19 Hours

Share :

Untuk mempelajari web desain dari awal, kita perlu mengenal apa saja hal hal yang merupakan hasil dari keahlian yang sesaat lagi akan anda pelajari.

Desain dan bentuk website

Untuk Membuat bentuk dan desain sebuah website urutannya adalah seperti ini

Pertama anda ingin mengetahui, apa saja fitur yang di perlukan oleh klien anda, atau jika website tersebut milik anda sendiri berarti anda perlu mewawancara calon visitor website anda sehingga anda tau apa saja keinginan mereka.

Kemudian anda akan mendesain gambar 2 dimensi menggunakan Photoshop. File photoshop tersebut tidak dapat langsung di tampilkan di internet atau di onlinekan.

Karena desain yang anda buat menggunakan photoshop tersebut tidak dapat langsung di tampilkan di internet atau di onlinekan maka anda perlu mengubahnya agar dapat di tampilkan menjadi website yang online, menggunakan aplikasi yang namanya HTML +CSS.

Itulah tiga tahap dasar untuk mendesain sebuah website, untuk website yang lebih canggih dan lebih besar, tahapan dan ilmunya lebih banyak. Nanti bersama sama kita akan mempelajari juga teknik yang lebih advance, lebih tinggi lebih kaya. Kita lanjut yah...mempelajari elemen bagian bagian dalam web desain.

Online Banner

Dalam setiap website pasti membutuhkan Banner sebagai sarana menyampaikan Informasi. Dan Biasanya Banner adalah bagian yang dinamis selalu berganti ganti. Silahkan perhatikan contoh di bawah ini. Pasti kamu, mulai ingat seringkali melihat Baner seperti di bawah. Biasanya juga digunakan untuk bahan promosi dan Informasi diskon.

Contoh Banner ukuran 3000 x 250px

" Aplikasi yang dibutuhkan untuk membuat banner bermacam macam. Dari yang sekadar template sampai yang paling Flexible dan banyak digunakan adalah Photoshop. "

Jika anda sudah menguasai Photoshop, mari lanjutkan ke pelajaran berikutnya. Tapi jika Belum menguasai, anda dapat mempelajarinya di dengan mengklik tombol ini

Animasi

Terkadang, anda memerlukan animasi untuk lebih mudah menyampaikan pesan anda pada pengunjung. Dibawah ini adalah contoh-contoh animasi sederhana yang merupakan bagian dari web desain.

Ada sedikit jebakan di sini, penggunaan animasi meskipun dapat membuat sebuah website lebih menarik tidak boleh membuat website menjadi berat dan lelet saat di akses. Seperti anda, para pengunjung website milik anda nanti, akan segera meninggalkan sebuah website yang lelet saat di akses. Untuk itu, janganlah menggunakan Animasi yang dibuat menggunakan aplikasi FLASH.

" Ada aplikasi Khusus yang dapat digunakan untuk membuat Animasi sederhana yang ringan dan tidak menganggu kecepatan akses dari website anda namanya adalah J Query dan Ajax. "

Contoh animasi JQuery yang mendasar adalah sebagai berikut :

Apakah anda sudah menguasai JQuery dan Ajax? Jika Belum silahkan Klik Link berikut ini untuk mempelajarinya.

Sampailah kita kepada Hypnotic Web Desain ,UI & UX

Tujuan utama dari mendesain sebuah website adalah membantu agar pengunjung mudah mengerti layanan atau informasi yang anda berikan dan Mau Mengikuti apa yang menjadi keinginan anda.

Sebagai contoh, salah satu desain yang terbaik adalah Whats App, orang tua saya yang berumur lebih dari 50 tahun tidak perlu bertanya ataupun membaca petunjuk cara penggunaan Whats App. Dengan alami dan mudah mereka dapat menggunakan Whats App. Inilah kehebatan dari desain yang intuitive… desain yang mengerti apa kebutuhan penggunanya. Bahkan di kantor pusat babastudio ada seorang OB yang tidak tamt SD tapi ahli banget menggunakan Whats App.

Atau contoh lain adalah Facebook dan Instagram. Banyak orang yang dalam waktu singkat dapat menggunakan facebook tanpa perlu membaca cara penggunaanya. Saya ingat sekali, ketika pertama menggunakan Facebook, saya langsung bisa memakai tanpa kebingungan sedikitpun dan tanpa perlu bertanya pada orang lain.

Tapi di saat yang sama, anda pasti punya pengalaman mengakses sebuah website yang “ribet” banget makenya. Sampai-sampai anda akhirnya kapok dan tidak mau lagi mengunjungi website tersebut. Meskipun tampilannya menarik dan warnanya juga bagus banget. Bayangkan jika website tersebut adalah milik anda.

Semua hal tersebut adalah gabungan dari ilmu Hypnotic Web Desain, UX dan UI. keahlian ini dapat anda pelajari setelah menguasai Photoshop, HTML+CSS. Sehingga anda akan menjadi seorang designer yang bukan hanya mampu membuat website yang indah namun juga amat intuitive (mudah digunakan pemakai) lebih penting lagi adalah desain anda mampu membujuk pengunjung sampai membayar layanan atau jualan milik anda yang ada di website tersebut.

User Interface, adalah ilmu yang dipelajari untuk membuat seseorang menggunakan fitur-fitur yang sudah di desain dalam website tersebut. Misalnya bagaimana membuat desain bentuk dan warna dari sebuah tombol agar membuat seseorang jadi ngiler atau bernafsu untuk mengklik …. memencet tombol yang telah anda buat di website.

Sedangkan UX atau user experience adalah sebuah ilmu, yang mempelajari bagaimana membuat seseorang mengalami pengalaman yang mengesankan di sebuah website. Bayangkan sebuah website adalah sebuah restoran mewah, anda akan di jamu dari mulai resepsionis lalu ke meja tempat anda akan makan dimana meja tersebut di desain dengan menarik dan membuat anda betah dan nyaman sampai akhirnya anda makan, lalu membayar makanan dan kemudian terpikir untuk kembali lagi ke restoran tersebut.

" Ilmu yang membuat peta perjalanan pengunjung dari awal sampai akhir dan kemudian sampai mau datang kembali ke website anda inilah yang di sebut dengan User Experience. "

Ya...bukan hanya membuat orang betah, namun sampai sampai para ahli desain yang sudah level UX ini memikirkan cara mendatangkan kembali para pengunjung...

Jika anda ingin menguasai Ilmu Web desain secara serius dan total setidaknya anda perlu meluangkan waktu lebih dari 60 jam. Silahkan Klik di sini untuk mempelajari Materi yang lebih Advance dengan dibimbing oleh mentor.

tentang babastudio

Berdiri sejak tahun 2003 telah memiliki lebih dari
15.000 peserta kursus dan telah berpengalaman
dan dipercaya dalam menangani ratusan klien
korporat dan pemerintahan. Pengalaman
keberhasilan dalam dunia online adalah yang
paling utama kami berikan kepada peserta didik
dan itu sangat tidak ternilai harganya.

Ruko Grand ITC Permata Hijau Blok Saphire
No. 14 Jl. Letjen Soepeno (arteri Permata Hijau)
Kebayoran Lama, Grogol Utara
Jakarta Selatan 12210

call (021)5366 4008
email info@babastudio.com

cooming soon

Cabang BABASTUDIO 2018

BABASTUDIO (Bandung)

BABASTUDIO (Sentul)

BABASTUDIO (Puri Indah)

BABASTUDIO (Emporium Pluit, Jakarta Utara)

BABASTUDIO (Mall Kokas)

Lokasi RESMI babastudio saat ini

• ITC Permata Huijau (Jakarta Selatan)

• Summarecon Mal Serpong (Tangerang)

• Graha Cempaka Mas (Jakarta Pusat)

• Bekasi

Telepon (021) 5366 4008 & (021)28565339

Babastudio TIDAK berafilasi dengan Lembaga Kursus Manapun