12 S/d 15 Maret 2008 – Penyusunan Instrumen Standarisasi Quality Control MPI

12 S/d 15 Maret 2008 – Penyusunan Instrumen Standarisasi Quality Control MPI


Depdiknas melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Balai Pengembangan Multimedia (PUSTEKKOM BPM) Semarang menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Instrumen Standarisasi Quality Control untuk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) pada tanggal 12 s/d 15 Maret 2008, bertempat di Hotel Ungaran Cantik, Jl. Pangeran Diponegoro, Ungaran, Kab Semarang.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pengkajian MPI di Solo yang bertujuan menyusun instrumen untuk menilai produk Multimedia Pembelajaran Interaktif yang akan dibuat dari aspek Pembelajaran, Desain Komunikasi Visual dan Perangkat Lunak.



Principal of Baba Studio, Zeembry, S.Kom diundang sebagai peserta penyusun instrumen bersama Bapak Erlan dari Pesona Fisika dan para Guru, Dosen dan Tim Produksi BPM Semarang. Di bantu oleh fasilitator dari Pustekkom Bapak Aryo G Suropati, ST dan Ibu Ika Kurniawari, M.Pd.

Narasumber yang memberi masukan dalam penyusunan instrumen MPI adalah Dr. Mukminan (UNY) dari sisi aspek pembelajaran, Romi Satrio Wahono, M.Eng (LIP) dari aspek perangkat lunak dan Drs. M. Umar Hadi, M.S (ISI Yogyakarta) dari aspek Desain Komunikasi Visual.

Tidak mudah untuk menentukan kualitas dari produk MPI dari ketiga aspek tersebut. Aspek pembelajaran untuk memastikan bahwa materi yang disampaikan benar adanya dan tidak membuat siswa bertambah bingung, Aspek Perangkat Lunak memastikan bahwa program berjalan dengan lancar dan kompatibel dengan segala macam hardware dan Aspek Desain Komunikasi Visual memastikan bahwa visualisasi yang ditampilkan dapat mempermudah siswa dalam memahami sesuatu dan kemudian timbul antusias untuk mau dan berani mencoba.



Tujuan dalam produk MPI seharusnya bisa menimbulkan minat siswa sehingga mereka tidak merasa sedang belajar ketika menggunakan MPI, apakah itu dalam bentuk media CD-ROM, VCD, DVD, Website, dll. Jadi belajar menjadi sesuatu yang dapat menghibur mereka dan bukan lagi kegiatan yang dipaksakan.

Zeembry, S.Kom
(Principal of Baba Studio)
18 March 2008 ADMIN
Previous Post 28 Feb S/d 2 Mar 2008 – Pengembangan Multimedia Pembelajaran Next Post 25 S/d 29 Maret 2008 - Corporate Training In Asahimas