Awal Mula Internet

Awal Mula Internet

Interconnected Network atau Internet adalah sebuah sistem komunikasi menyeluruh yang menghubungkan seluruh komputer dan jaringan di seluruh dunia. Jadi komputer Anda tidak merasa sendirian dan seperti mempunyai teman. Ada jalur utama yang disebut Internet backbone yang menghubungkan semua komputer dan jaringan tersebut. Setiap komputer yang terhubung ke internet mempunyai identitas yang disebut alamat IP, contoh 192.168.100.1. Semua komputer dari berbagai platform seperti Unix, Linux, Mac, Windows dapat saling bertukar informasi dengan sebuah aturan atau protokol standar yang dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Jadi TCP/IP ini sebagai penerjemah dari sistem atau bahasa yang berbeda-beda tersebut sehingga kita dengan mudah mendapatkan informasi dari seluruh jaringan komputer di seluruh dunia.

Pada awalnya adalah perang dingin antara Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet. RAND Corporation, organisasi pengendali perang dingin milik AS tengah memikirkan bentuk jaringan komunikasi yang efektif, terutama untuk pemerintah dan militer, sebagai langkah pencegahan seandainya perang nuklir benar-benar terjadi. Dasar pemikirannya ada dua, yang pertama adalah tidak ada jaringan apapun yang tidak akan hancur oleh perang nuklir dan tidak mungkin membuat jaringan berpusat pada satu tempat karena akan menjadi incaran musuh.

Paul Brand, seorang staf RAND akhirnya mengumumkan konsepnya dalam bentuk proposal RAND pada tahun 1964. Dalam konsep itu jaringan komunikasi tersebut digambarkan tidak memiliki pusat. Ia menggunakan prinsip packet switching untuk memecah data menjadi bagian-bagian kecil (disebut datagram), yang masing-masing "dibungkus" dengan informasi tambahan (seperti alamat tujuan, alamat pengirim, dan sebagainya) menjadi satu paket.

Paket-paket ini kemudian dikirimkan melalui rute yang berbeda-beda ke suatu tujuan. Kelebihan dari konsep packet switching ini adalah paket yang rusak atau hilang dapat dikirim ulang dengan cepat, tanpa perlu mengirim kembali keseluruhan data.

Penelitian ini juga dilakukan oleh berbagai pihak. National Physical Laboratories Inggirs membuat jaringan modelnya tahun 1968. Tapi, kemudian Advance Research Project Agency (ARPA), miliki Pentagon (AS), memutuskan untuk membangun jaringan yang tersendiri dari node-node/"simpul" yang berupa superkomputer pada 1969. Pada tanggal 1 September 1969, perusahaan Bolt Beranek dan Newman, yang dikontrak ARPA IPTO, merupakan sebuah Information Message Processor (IMP) perama di Universitas of California, LA. IMP adalah mini komputer dengan memori sebesar 12 Kb, yang berfungsi sebagai node/simpul ARPANET.

Dari situ banyak muncul node-node baru dan pada tahun 1972, ARPANET sudah berhasil memiliki 72 node. Saat itu, layanan yang ditawarkan adalah transfer file, e-mail dan telnet. Ternyata yang semula ditujukan untuk kepentingan riset dan militer berkembang menjadi fungsi-fungsi yang bersifat rekreatif dan sosial. Hal ini tercermin dengan adanya fasilitas e-mail dan mailing-list.

Sekitar tahun '70-an, muncul berbagai jaringan lain di luar ARPANET. Jaringan-jaringan ini mulai menggunakan protokol TCP/IP untuk hubungan ke ARPANET. Sedangkan di ARPANET sendiri NCP (Network Control Protokol) masih merupakan protokol umum yang digunakan pada masa itu. Protokol TCP/IP baru diwajibkan penggunaannya pada tahun 1982.

Pada tahun 1983, divisi militer ARPANET memisahkan diri menjadi MiNet, meski tetap terhubung dengan ARPANET lewat protokol TCP/IP. Tahun 1984, National Science Foundation (NSF) Amerika Serikat membuat jaringan backbond 'tulang punggung' NSFNet yang menghubungkan pusat-pusat penelitian yang bernaung di bawah lembaga tersebut (NSF), dan dengan demikian mengambil alih ARPANET. Jaringan ARPANET akhirnya dihentikan pada tahun 1989, disusul oleh NSFNet pada tahun 1995. Langkah tersebut mengakhiri sistem sentralisasi pengelolaan Internet. Tapi, jaringan internet sendiri terus berkembang pesat ke seluruh dunia.

Untuk memudahkan, node-node yang ada di Internet dibagi-bagi ke dalam beberapa domain. Seagai contoh node-node Amerika kini telah dikelompok ke dalam doman-domain sebagai berikut:
- GOV = Goverment (Pemerintah)
- EDU = Education (Pendidikan)
- COM = Commercial (Komersil)
- MIL = Military (Militer)
- ORG = Organisation (Organisasi)
- NET = Getway (Penghubung antar Network)

Sementara itu, untuk node-node yang berada di luar AS, digunakan kode negara. Contohnya, kode negara untuk Indonesia adalah "id" (Contoh:www.baba.co.id), Jepang dengan kode "jp", Singapore "sg", dan sebagainya.

Kini layanan Internet sudah berkembang pesat dari layanan WWW untuk membuat Website, EMAIL untuk berkiriman surat elektronik, MAILING LIST untuk ajang berdiskusi, USENET untuk membuat papan pengumuman, FTP untuk mengambil dan mengirim file komputer, IRC untuk percakapan dan sebagainya.

Internet bisa dibilang tanpa hirarki sehingga kemungkinan ekspansi sangat mudah. Oleh karena itulah internet sangat cepat populer. Biaya juga sangat murah hanya jasa koneksi dan telpon saja. Selain itu banyaknya informasi yang akurat dan aktual tersedia di Internet telah banyak menarik orang banyak untuk menghubungkan diri.

Kini, Apakah anda sudah terhubung ke Internet ?
21 October 2005 ADMIN
Previous Post JURI DI LOMBA DESIGN EXPO HIMTI 2005 Next Post Baba Toys