Bedah Website Kementerian Dalam Negeri

Bedah Website Kementerian Dalam Negeri

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia mengundang Baba Studio pada tanggal 7 Mei 2014, bertempat di Putri Duyung Cottage, Jakarta jam 08.00 s/d 12.00 untuk melakukan bedah website Kementerian Dalam Negeri. Baba Studio juga sudah 2 (dua) tahun ini menjadi Konsultan dan Trainer dari Kementerian dan Lembaga RI untuk membantu dalam mengoptimalkan sehingga dapat melayani masyarakat, mudah ditemukan masyarakat, dan masyarakat tahu akan kinerja dari kementerian dan lembaga RI selama ini yang sudah bekerja keras siang dan malam.

Layanan-layanan Kemendagri seperti e-KTP, produk hukum, otonomi daerah, dan data-data apbd diharapkan dapat ditemukan dengan mudah oleh masyarakat. Baba Studio juga menyarankan agar Tim Kemendagri terus memantau hasil dari berbagai layanan mesin pencari dan sosial media siapa saja yang memanfaatkan konten dari Kemendagagri untuk sesuatu yang merugikan masyarakat. Jangan sampai mengatasnamakan Kemendagri, oknum yang tidak bertanggungjawab merugikan masyarakat, tetapi yang kena nama Kemendagri. Ini akan membuat citra yang sangat buruk, apalagi itu didiamkan.

Dan bila ada sosial media, diharapkan juga dicantumkan di website resmi agar masyarakat tahu mana yang asli atau yang palsu. Karena dengan adanya transparansi ini, memang dampaknya bisa merugikan maupuan menguntungkan. Yang merugikan harus diantisipasi sedemikan rupa sehingga efeknya tidak berdampak besar bagi masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan edukasi yang sangat sering dan tentunya harus menarik juga dapat dengan mudah dipahami oleh masyarakat. Dan yang paling utama adalah mudah ditemukan, lebih bagus lagi informasi tersebut seolah-olah bisa datang langsung di depan layar komputer masyarakat tanpa perlu bersusahpayah mencari.

Masalah keamanan website juga dibahas dalam acara ini. Banyak sekali tingkatan keamanan dan tidak hanya bisa kita melihat dari sisi website saja. Tetapi keamanan dari sisi SDM, Server, Jaringan, Pemrograman dan lain-lain harus ikut diperhatikan. Banyak sekali celah-celah keamanan yang harus dijaga agar tidak kebobolan. Tidak bisa hanya menutup celah keamanan di website saja, tetapi yang lain terbuka tanpa ada yang menjaga.

Alhasil, mereka sangat antusias, banyak bertanya dan puas dengan paparan Baba Studio karena benar-benar ke inti masalah, tidak mengawang-ngawang. Dengan begitu website Kemendagri dapat cepat lebih dioptimalkan dari yang sudah bagus saat ini.

Sukses Selalu Kemendagri RI.

Kementerian Dalam Negeri

Kementerian Dalam Negeri

Berita Terkait

07 May 2014 ADMIN
Previous Post Kaskus Babastudio Dan Zalora Inspirator Dunia Bisnis Online Indonesia Next Post Workshop Flash Interaktif Di Dirjen Pajak