Bedah Website Kementerian Pekerjaan Umum

Kementerian Pekerjaan Umum mengundang Baba Studio untuk acara Bedah Website pada tanggal 14 Mei 2014. Website Kementerian Pekerjaan Umum pada Lomba e-Transparancy 2013 menduduki peringkat ke 2 (dua). Selain desain website, Ini dikarenakan konten transparansi kinerja dan anggaran di website tersebut sangatlah lengkap dan mudah ditemukan.

Acara ini berlangsung dari jam 09.00 sampai dengan 14.00 dan dihadiri oleh para pejabat eselon 1 yang menangani dan bertanggungjawab pada konten di masing-masing website unit mereka. Dan unit-unit tersebut seperti Sekretariat Jenderal yang terdiri dari Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Biro Kepegawaian& OrganisasiTata Laksana, Biro Keuangan, Biro Umum, Pusat Kajian Strategis, Pusat Pengolahan Data, Pusat Komunikasi Publik, PusatPendidikandanLatihan, PusatPengelolaanBarangMilikNegara. Kemudian unit yang lain seperti Inspektorat Jenderal, Ditjen Sumber Daya Air, Ditjen Binar Marga, Ditjen Cipta Karya, Ditjen Penataan Ruang, Badan Pembinaan (BP) KONSTRUKSI serta Balitbang yang terdiri dari Puslitbang Sosial Ekonomi dan Lingkungan, Puslitbang Jalan & Jembatan, Puslitbang Pemukiman, Puslitbang Sumber Daya Air. Kemudian unit lain lagi adalah BPJT – Badan Pengatur Jalan Tol dan BPPSPAM – BADAN PENDUKUNG PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM.

Ternyata kerja dari kementerian itu sangat banyak yah, kalau tidak dikordinasi dengan baik maka akan sangat kacau sekali. Oleh karena itu pembuatan website ini juga bukan tugas seorang webmaster saja melainkan harus berkordinasi dengan bagian konten seperti Humas (Hubungan Masyarakat), Pusdatin (Pusat Data Informasi) atau PPID (Pejabat Pusat Informasi dan Dokumentasi).

Masalah yang timbul selalu sama, yaitu birokrasi untuk mengisi konten sehingga ada perasaan takut salah atau tidak sesuai dengan peraturan atau undang-undang. Tetapi ini adalah bagian dari proses, dengan lomba ini semuanya akan disempurnakan perlahan-lahan.

Semoga Sukses untuk Kementerian Pekerjaan Umum.

Bedah Website di Kementerian Pekerjaan Umum

Berita Terkait