Bit Torrent Protocol

Bit Torrent Protocol

BitTorrent adalah suatu protokol untuk berbagi file secara langsung dari komputer ke komputer yang dikenal dengan istilah peer-to-peer file sharing (P2P) communications protocol.

Protokol BitTorrent dibuat dengan bahasa pemrograman Python oleh Bram Cohen pada bulan April 2001 dan dirilis pada tanggal 2 Juli 2001. Protokol tersebut kini diasuh oleh Cohen's company BitTorrent, Inc.

Agar komputer Anda dapat terhubung dengan komputer lain dalam berbagi file, Anda membutuhkan koneksi internet dan software yang menggunakan BitTorrent protocol yang dikenal dengan istilah BitTorrent client. Program tersebut dapat Anda gunakan untuk mencari file musik, video, software atau artikel yang dapat didownload. Contoh BitTorrent client dapat Anda download secara GRATIS di http://www.bittorrent.com.

Cara download file menggunakan protokol BitTorrent sangat berbeda dengan cara download biasa yaitu bisa mendownload satu file dari tempat yang berbeda pada saat yang bersamaan. Protokol BitTorrent menggunakan banyak komputer untuk mentransfer satu file, ini dapat mengurangi bandwidth yang diperlukan di tiap server. Saat download file dengan protokol BitTorrent, sistem mencari di banyak komputer dan kemudian "mencomot" bagian per bagian file dari setiap komputer. Jadi, server bisa mengirim file ke banyak komputer sebelum file tersebut sampai tangan penerima. Hasilnya adalah penghematan bandwidth, dan juga akan meningkatkan kecepatan download.

Kita lihat gambar salah satu software torrent di bawah ini. Satu file bisa didownload dari banyak komputer menjadi potongan-potongan yang tidak urut. Tetapi hasil akhirnya akan menjadi satu file yang utuh.



Untuk mendapatkan file-file torrent, Anda juga bisa mencarinya di website http://www.bittorrent.com atau di googling saja. Misalkan ingin mencari lagu Indonesia raya. Di google ketik saja "Indonesia Raya Torrent". Kemudian Anda klik file torrent tersebut untuk kemudian software Torrent akan mendownload-nya untuk Anda.

Jadi sebelum Anda mendownload file torrent dari website, pastikan Anda sudah menginstall software torrentnya.

Salam,
Zeembry
(Principal of Baba Studio)
27 January 2008 ADMIN
Previous Post RSS - Really Simple Syndication Next Post 4 Januari 2008 - Baba Studio On Metro TV (Indigo)