Faisal - Www.ic4l.com

Faisal - Www.ic4l.com

Feisal dari Tangerang, bekerja sebagai disainer di perusahaan swasta. Mengambil profesi Flash Mastering. Berikut ini adalah hasil interview dari Baba Studio dan koleksi dari hasil karyanya.


Apa latar belakang pendidikan Anda dan sekarang kerja sebagai apa dan dimana?

Saya kuliah di Institut Kesenian Jakarta mengambil jurusan Desain Grafis dan berhasil lulus pada tahun 1998. Sekarang bekerja sebagai Art Director di Xstream Integrated Communication yang bertempat di Jakarta.

Tentang website www.ic4l.com, apa tujuan pembuatan website tersebut?

Sampai sejauh ini tujuan pembuatan website www.ic4l.com murni merupakan online portfolio yaitu sebagai tempat berekspresi, berkreasi dan menampilkan karya saya baik sebagai profesional maupun sebagai pribadi. Juga bertujuan untuk memberikan informasi tentang siapa saya dan apa yang telah saya kerjakan.

Apa ide yang mendasari sehingga Anda bisa mendisain website seperti itu. Terlihat bentuk-bentuk hi-tech dengan warna kuning yang mencolok dan warna abu-abu di belakangnya.

Sebelumnya perlu dipahami tema besar dari www.ic4l.com pada dasarnya adalah sesuatu yang berbau hi-tech namun tetap bernuansa clean and simple.

Untuk website ic4l.com versi kedua ini idenya terinspirasi dari pemutar mp3 karena secara graphic terlihat sangat cool dan menggugah saya untuk menerapkannya dalam website saya. Dengan melakukan banyak penyesuaian berdasarkan content maka terciptalah tampilan yang seperti sekarang ini. Sedangkan warna kuning itu sendiri adalah salah satu warna favorit saya yang berarti harapan dan semangat.



Sebagai seorang yang mempunyai kemampuan untuk membuat website, keahlian apa yang minimal dibutuhkan? Karena kami melihat kamu banyak sekali menguasai software dari Photoshop CS, Freehand MX, Illustrator, Flash, Premiere, Sound Forge dll. Apakah itu semua harus dikuasai?

Sebetulnya untuk membuat website cukup menguasai minimal 3 software saja yaitu: macromedia flash, adobe photoshop CS dan Freehand MX. Kalo mau nambah mantap lagi tinggal pelajari sound forge untuk edit sound maka lengkap sudah kemampuan untuk bisa membuat website. Selebihnya yang bisa sangat membantu juga dalam pembuatan website ada macromedia dreamweaver, swift, swish, Premiere, illustrator, corel draw dll.

Bisa diceritakan langkah-langkah pembuatan website dari ide sampai jadi seperti sekarang ini?

Pertama yang saya lakukan adalah menentukan konsep websitenya dahulu. Proses pencarian ide dilakukan dengan banyak melakukan pengamatan serta sketsa-sketsa kasar.

Konsep pada website versi kedua ini adalah new perspective yaitu cara kita memandang sesuatu dari sisi yang berbeda sehingga dengan demikian kita akan mendapatkan suatu pencerahan. Konsep ini kemudian diterjemahkan dalam berbagai bentuk visual yang mendukung konsep tersebut. Setelah itu proses pembuatan halaman utama (index).

Fokus banyak ditekankan pada proses pembuatan halaman ini karena halaman inilah yang menentukan tampilan website secara keseluruhan baik dari tone, mood serta graphic. Setelah merasa cocok kemudian mulai dikembangkan kepada halaman-halaman berikutnya. Selanjutnya proses pembuatan animasi di semua halaman baik dari intro, index serta halaman pendukung. Eksplorasi banyak dilakukan di bagian intro karena saya ingin memaksimalkan kemampuan animasi pada bagian intro. Setelah cukup lama berkutat pada proses animasi tahap berikutnya adalah memasukkan sound. Maka selesailah proses pembuatan website secara keseluruhan.

Kesulitan apa yang sering Anda temui saat membuat website? Karena sebelumnya ada versi satu yang berwarna abu-abu. Apa perbedaannya? Apakah hanya dari sisi disain lebih bagus?

Kesulitannya adalah membuat suatu konsep website yang benar-benar unik, berbeda namun tetap mempunyai garis merah antara versi yang satu dengan versi berikutnya. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi image website yang kita buat. Kita bisa saja membuat versi satu dengan tema futuristic dan versi lanjutannya sangat kental dengan nuansa etnik maka yang terjadi adalah persepsi yang tidak jelas arahnya tentang website tersebut. Persepsi yang jelas akan didapatkan ketika mempunyai konsep serta positioning yang jelas pula. Maka bagi saya itu yang tersulit. Website versi pertama yang bernuansa abu-abu mempunyai perbedaan dalam penyajian konten yang lebih minimalis. Dari sisi desain bagi saya keduanya masih favorit artinya saya menyukai keduanya.

Apa cita-cita Anda ke depan?

Membuat website yang dapat berpengaruh dan menjadi inspirasi bagi khalayak ramai.

Sebagai alumni BabaStudio bisa diceritakan kesan kesan belajar di BabaStudio?

Belajar di Babastudio itu sangat menyenangkan karena proses belajarnya sangat santai namun berkualitas. Pengajarnya sangat kooperatif sekali. Di saat saya sudah jadi alumni pun setiap pertanyaan akan selalu dijawab dengan senang hati dan itu lah yang membedakan Babastudio. Bahkan yang lebih asyik lagi kita bisa dapetin source gratis. Tidak sia-sia saya belajar di Babastudio karena ilmunya sangat bermanfaat sekali.

Boleh minta pesan sepatah dua patah kata untuk memotivasi murid-murid lain di Baba Studio? Supaya mereka bisa juga mempunyai kemampuan seperti Anda.

Usahakan mengerti dasar-dasarnya dahulu dengan demikian nanti akan sampai pada tahap kita mampu menganalisa suatu source dan kemudiannya memodifikasinya sesuai kebutuhan kita. Kuasai yang mudah-mudah dahulu agar siap dan tidak shock menemui script yang kompleks. Jangan lupa sering-sering browsing ke tempat yang memajang website keren untuk memotivasi kamu membuat website yang keren juga.

Banyak latihan serta mengeksplorasi kemampuan diri sendiri sehingga kita akan mencapai lebih baik dari hari kemarin.
20 April 2005 ADMIN
Previous Post Final Battle Next Post Baba Gadget