How To Become A Webmaster?

How To Become A Webmaster?

LANGKAH DASAR UNTUK MENJADI SEORANG WEBMASTER

PERTAMA, Anda harus memiliki dasar komputer seperti menyalakan komputer, bisa menggunakan mouse dan keyboard, mengetik di komputer, menyimpan dan membuka dokumen, terbiasa di lingkungan windows atau operating system yang lain dan mematikan komputer. Ini supaya Anda terbiasa dan tidak gagap dengan teknologi komputer.

KEDUA dan ini sangat membantu bila Anda terbiasa dengan kegiatan dan aktivitas di dunia internet seperti mengecek dan mengirim email, browsing, chatting, mailing list, web forum, dan pernah bergabung dengan komunitas maya seperti friendster. Dunia nyata dan dunia maya sangatlah berbeda. Jadi bila Anda sudah terbiasa dengan dunia maya (internet), akan mudah bagi Anda untuk beradaptasi dengan prilaku orang-orang di dunia maya tersebut.

Tetapi kalau Anda ingin belajar langsung membuat websitepun bisa. Keahlian dasar komputer, kegiatan dan aktivitas di dunia internet bisa dilakukan secara bersamaan. Hanya saja perlu waktu dibanding dengan mereka yang sudah mempunyai kedua dasar tersebut.

KETIGA, membeli buku, browsing di Internet dan mencari teman belajar. Cara ini adalah yang paling murah, tetapi perlu waktu dan semangat yang tinggi. Karena rintangan dalam belajar sendiri sangatlah besar dan banyak sehingga bisa mematikan semangat belajar itu sendiri. Tetapi bagi mereka yang berhasil belajar sendiri akan mempunyai lebih banyak ilmu, wawasan dan pengalaman.

KEEMPAT, adalah mencari kursus web dan multimedia yang tepat. Ini akan jauh lebih menghemat waktu karena bila ada kesulitan langsung dapat dibantu oleh instruktur. Dan juga materi-materi yang diberikan langsung sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Tetapi tentunya harga yang dibayar tidak semurah dengan langkah ketiga. Dan mereka yang bisa menggabungkan langkah ketiga dan keempat biasanya akan cepat dan mudah meraih kesuksesan.

SOFTWARE UNTUK MENJADI SEORANG WEBMASTER

PERTAMA, belajar untuk mendisain sebuah website. Software yang banyak digunakan biasanya adalah Adobe Photoshop dan Firework. Mendisain sebuah website seperti mendisain sebuah rumah sehingga tempat tinggal tersebut dapat kelihatan cantik dan pengunjung dapat betah tinggal di sana.

KEDUA, belajar untuk mengenal bahasa web. Software yang banyak digunakan biasanya adalah Dreamweaver dan Frontpage. Di sini Anda akan belajar bahasa HTML dan melayout halaman HTML. Jadi di sini Anda mulai meletakkan perabotan bagi tempat tinggal Anda. Perabotan di website itu seperti tulisan, gambar, video, animasi atau apapun.

KETIGA, belajar bahasa pemrograman dan database. Banyak bahasa pemrograman seperti PHP, ASP, Javascript, Java, Actionscript, dan Coldfusion. Database atau penyimpanan data yang digunakan juga bermacam-macam dari Text File, XML, MySQL, SQL-Server, Oracle, MS-Access. Langkah ini akan menjadikan Anda seorang Webmaster setelah melewati langkah-langkah di atas karena akan membuat website Anda bisa berinteraksi dengan pengunjung. Misalkan ingin membuat buku tamu, forum, pengunjung bisa belanja di website atau apapun. Sehingga website Anda bisa berjalan sendiri tanpa campur tangan Anda dalam melayani kustomer.

KEEMPAT, belajar untuk membuat animasi. Biasanya digunakan software Flash. Ini akan membuat situs Anda lebih hidup karena animasi adalah salah satu cara komunikasi yang menghibur.

Kalau Anda berpikir,"Wah banyak banget langkahnya!". Terus terang sebenarnya tidak. Karena kalau kita langsung belajar, terjun, dan praktek, langkah-langkah tersebut tidaklah banyak. Karena Anda tidak harus melewati semuanya. Ada yang hanya ingin menjadi seorang Web Designer, ia tidak perlu belajar bahasa pemrograman dan animasi. Ia bisa bekerjasama dengan orang yang bisa pemrograman atau orang yang bisa animasi. Jadi Anda tidak harus bisa semuanya. Bekerjasamalah dengan TIM.

Oleh karena itu dimanapun Anda kenal dengan orang yang mempunyai kemampuan berbeda, ajaklah untuk bekerjasama. Dan orang ini bisa ditemui di mana saja seperti di internet, seminar, workshop ataupun tempat kursus.

Salam Sukses,
Zeembry
(Principal of Baba Studio)
16 March 2007 ADMIN
Previous Post Don't Stop Only Making A Website Next Post Sulistyo Santoso