International Payment

Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana agar situs kita dapat melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Apakah kita harus bekerjasama dengan Bank? Berapa maksimum transaksi supaya Bank mau bekerjasama dengan kita? Apakah susah untuk melakukan itu? Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang menggantung di pikiran kita.

Website yang menjual suatu produk mau tidak mau harus memikirkan cara pembayarannya agar orang dapat membeli produk tersebut. Dan tentu saja untuk mereka yang awam, pembayaran yang terpikirkan adalah seperti
1. COD (Cash and Delivery), dimana barang diantar sampai ke rumah baru dibayar.
2. TRANSFER, dimana pelanggan mentransfer sejumlah uang tertentu kepada penjual produk dan kemudian baru barang dikirim.

Seperti situs BukuKita.Com, yang merupakan toko buku online di Indonesia menggunakan kedua sistem pembayaran tersebut. Dan bila mau, bisa saja situs bukukita menggunakan kartu kredit. Masalahnya bila barang tersebut kebetulan tidak ada atau kosong, agak sulit bagi bukukita untuk mengembalikan pembayaran kepada pembeli.

Tetapi bagi situs yang memang mempunyai persediaan barang yang selalu ada dan siap. Penggunaan kartu kredit harus dilakukan karena itu memudahkan pengunjung untuk membeli produk kita. Dan sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana agar situs kita bisa menggunakan layanan kartu kredit.

Banyak penyedia jasa keuangan di dunia seperti Paypay yang bisa dimanfaatkan untuk hal tersebut. Dan Paypal adalah penyedia jasa yang terbesar. Tetapi masalahnya untuk negara Indonesia, Paypal memblokir situs orang Indonesia sehingga tidak bisa menerima pembayaran. Sampai sekarang masih seperti itu. Paypal hanya mengizinkan orang Indonesia melakukan pembayaran atau pembelian saja.

Inilah akibat dari banyaknya orang Indonesia yang melakukan kecurangan dan penipuan terhadap kartu kredit sehingga negara kita diblokir seperti ini. Oleh karena itu marilah kita menjaga nama baik negeri kita di mata dunia sehingga hal seperti ini tidak terulang lagi.

Kabar baiknya adalah ada satu situs penyedia jasa keuangan selain Paypal, yaitu 2CHECKOUT.COM yang bisa digunakan oleh orang Indonesia untuk menyediakan transaksi kartu kredit di situsnya. Dan caranya cukup mudah.

Tetapi tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan untuk itu. Kita harus membayar sebesar $49 (dengan Kartu Kredit) untuk menjadi anggota layanan tersebut. Dan harga tersebut hanya satu kali bayar saja, selanjutnya kita tidak usah membayar lagi. Kemudian setiap transaksi yang terjadi lewat website kita, 2checkout akan meminta komisi sebesar 5.5% dari harga produk ditambah $0.45. Lumayan juga kan komisinya. Tapi daripada tidak ada :)

Kartu kredit yang tersedia di 2Chekcout adalah Discover, MasterCard, Visa, American Express, Diners Club & JCB. Dan hampir sebagian orang di seluruh dunia menggunakan kartu kredit tersebut. Jadi nanti situs kita akan bisa menggunakan kartu kredit seperti yang telah disebutkan tersebut untuk pembayaran.

Pembayaran oleh 2Chekout kepada kita bisa dilakukan lewat cek. Jadi mereka mengirim kita cek setelah penjualan produk kita mencapai angka tertentu, misalnya setiap $500 kita akan dikirimi cek. Dan batas ini bisa ditentukan sendiri oleh kita, minimum pengiriman cek adalah $100. Jadi kalau Anda ingin setelah penjualan sebesar %50 baru dikirimi cek, 2Checkout tidak mau. Mungkin merepotkan mereka untuk melayani pengiriman cek dengan uang sebesar itu.

Sekali lagi silahkan menggunakan 2CHECKOUT.COM untuk mendapatkan layanan kartu kredit di website Anda.

Salam Sukses!
Zeembry,
(Principal of Baba Studio)
10 March 2007 ADMIN
Previous Post BabaStudio In SWA Online Next Post Internet Marketing = SPAM ?