Internet Marketing = SPAM ?

Banyak orang yang mempunyai keahlian mendisain sebuah website, mampu membuat program, pandai merangkai tulisan, ataupun keahlian lainnya. Tetapi bagaimana merubah kemampuan atau keahlian tersebut menjadi uang? Ini yang tidak semua orang bisa.

Orang yang berorientasi pada uang (biasanya pebisnis, orang marketing) mempunyai pikiran bahwa bila keahlian atau sesuatu yang kita buat tidak bisa menghasilkan uang. Berarti hal tersebut sama saja membuang-buang waktu. Anda melakukan hal yang sia-sia.

Tetapi lain lagi dengan mereka yang memiliki keahlian. Bila keahlian yang dibuat selalu dikaitkan dengan uang, maka karya yang akan dihasilkan tidak memiliki nilai seni, tidak profesional atau tidak berkualitas. Itu sama saja dengan merendahkan kemanusiaan kita.

Kedua pandangan yang sangat berbeda ini tidak bisa bertemu. Oleh karena itu kadang sering kita menemui kedua orang ini saling berargumentasi tanpa ada hasil. Cara pandang yang berbeda tersebut bukanlah untuk dimengerti, tapi untuk diapresiasi, harus saling menghargai sehingga bisa menghasilkan suatu sinergi yang kemudian dapat bermanfaat bagi orang lain.

Orang yang hanya ingin mendapatkan uang secara instan biasanya sering kali melakukan SPAM. Ia bukanlah seorang marketing yang baik. Oleh karena itu seringkali di internet banyak perdebatan tentang hal tersebut.

Ada kasus yang cukup membuat heboh orang-orang dunia maya tentang seorang internet marketing dari Indonesia, Anne Ahira. Seringkali ia dituduh melakukan SPAM yang banyak dilakukan oleh para membernya. Di berbagai media, Anne Ahira dianggap sebagai ibu guru internet marketing yang baik. Tetapi guru yang baik akan tercemar bila murid-muridnya berkelakuan buruk dan merugikan orang lain di luar. Ini memang resiko seorang guru, seorang pendidik. Tugas seorang guru memang berat. Oleh karena itu, seorang guru yang baik haruslah bisa menegor murid-muridnya yang berbuat nakal.

Jadi sesungguhnya dalam internet marketing bila kita tidak mempelajari etika dalam berjualan dan hanya ingin langsung mendapatkan hasil tanpa mempedulikan kenyamanan orang lain, berarti orang tersebut bukanlah seorang internet marketing yang baik.

Seorang Pebisnis sejati harus dapat memadukan antara uang dan kualitas. Dan tentunya ini perlu proses yang tidak semua orang mau (bukan tidak bisa) menjalaninya. Orang yang hanya berpikiran ingin segera mendapatkan hasil akan banyak merugikan orang lain.

Salam,
Zeembry (Principal of Baba Studio)
30 January 2007 ADMIN
Previous Post International Payment Next Post Indra