Kaskus Babastudio Dan Zalora Inspirator Dunia Bisnis Online Indonesia

Kaskus Babastudio Dan Zalora Inspirator Dunia Bisnis Online Indonesia

Acara Seminar Bisnis Online Di adakan Oleh Group Media Berita Satu di  Hotel Crown Plaza

Baba Studio yang diwakili oleh Bapak Dian Martin, Direktur Marketing sekaligus salah satu Owner Baba Studio pada hari Rabu, 2 April 2014 di undang oleh Suara Pembaruan untuk menjadi narasumber di acara Business Gathering dengan tema "FENOMENA E COMMERCE" di New Stingray Cafe - Hotel Crowne Plasa, Jl. Gatot Subroto, Jakarta.

Hadir juga di acara tersebut narasumber lain seperti Bapak Andrew Darwis, Founder Kaskus.co.id dan Bapak Hadi Kuncoro, VP Operations Zalora.com. Acara yang dimulai pukul 15.00 s/d 19.00 juga dihadiri dan dihibur oleh penyanyi terkenal Marcell Siahaan.

Masing-masing narasumber saling menceritakan pengalamannya tentang dunia e-commerce dimana ada beberapa yang masih takut berbelanja online dan pernah dibohongi. Tetapi semua narasumber membeirkan berbagai tips dan trik supaya meminimalisir penipuan tersebut. Karena jangankan di dunia online, di dunia offline-pun juga banyak penipuan. Tetapi dengan pemahaman dan pengetahuan yang cukup, penipuan itu bisa diminimalisir.

Apa Kata Kaskus (forum online terbesar di Indonesia)?

Bapak Andrew Darwis menceritakan suka dukanya mendirikan Kaskus, bagaimana dari seattle mendirikan komunitas untuk mengekspresikan rasa cinta kampung halamannya. Kemudian berkembang menjadi komunitas yang lebih besar dengan lebih dari ratusan jenis komunitas dan setiap harinya ada sekitar 1 juta posting sehingga server kaskus sempat mendapatkan masalah seperti over posting. Ini membuat pusing bapak Andrew bagaimana mengatasi kelebihan beban ini. Akhirnya Beliau meminta nasehat konsultan dari luar, dari Twitter untuk berbagi pengalaman mengatasi hal ini. Dan sampai saat ini hampir 0.1% masalah over posting ini.

Juga diceritakan bagaimana produk-produk terbaru kaskus akan keluar dalam waktu dekat. Tetapi bila ingin dikeluarkan produk baru, sekarang Bapak Andrew tidak bisa gegabah lagi. Karena kaskuser akan mengamuk bila produk tersebut tidak sesuai dengan keinginan mereka. Jadi sebelum mengeluarkan produk baru, manajemen kaskus harus melakukan sosialisasi dulu sebelum diluncurkan.

Zalora dan Keseriusannya

Kemudian Bapak Hadi dari Zalora menceritakan bagaimana suka dukanya membangun ecommerce di Indonesia. Dari kebijakan pemerintah yang belum mendukung, perilaku masyarakat Indonesia dalam berbelanja online dan kurasi dari produk-produk sehingga terjaga kualitasnya.

Beliau kini berhasil untuk mengembangkan fitur COD (Cash On Delivery) di seluruh Indonesia yang dulu orang-orang menganggapnya sinting. Kemudian ada beberapa tips dari Zalora supaya orang mau belanja online dengan aman. Seperti ada pengembalian barang selama 30 hari dan boleh menukar produk bila tidak cocok. Beliau akan melakukan apa saja untuk meyakinkan masyarakat untuk berani belanja online.

Babastudio Pioneer Sekolah Web Indonesia dengan 10 ribu alumni.

Dan terakhir, Bapak Dian Martin dari Baba Studio juga berbagi pengalaman dalam membuat situs e-Commerce BukuKita.com dan MyLittleBrownBox.com. Bagaimana membangun kepercayaan publik terhadap situs kita dengan tentunya tetap melakukan marketing offline. Jangan hanya mengandalkan dunia online untuk membangun kepercayaan karena kekuatan offline akan mempengaruhi online. Jadi paradigma yang salah di masyarakat yang menganggap dunia offline sudah tidak penting lagi akan menyebabkan bisnis di dunia online tidak akan maksimal. Termasuk pertemuan-pertemuan Business Gathering seperti ini juga bagian dari marketing offline.

Acara diakhiri dengan makan malam dan dihibur oleh penyanyi terkenal Marcell Siahaan. Dan Marcell juga mengamini pendapat Bapak Dian Martin dari Baba Studio bahwa iklan-iklan yang sangat banyak di portal berita membuat dirinya tidak nyaman. Apalagi tombol "close" dipindahkan ke tempat yang tidak lazim sehingga pengunjung susah untuk menutupnya.

Jika ingin merasakan Workshop yang dibawakan langsung oleh Pa Dian (Direktur Marketing sekaligur Owner babastudio). Silahkan klik Link ini workshop mengenai  : "bagaimana babastudio membangun Bisnis Online Beromzet Milyaran"

Semoga acara ini bisa menjadi inspirasi dan memberi masukan bagi para pelaku e-commerce dan pemerintah dalam membuat e-commerce di Indonesia semakin baik.

Berita Terkait

02 April 2014 ADMIN
Previous Post Bedah Website Badan Pertanahan Nasional Next Post Bedah Website Kementerian Dalam Negeri