Lokakarya PUSTEKOM Tentang E-dukasi.net

Baba Studio ( Zeembry & Henky Prihatna ) di undang Lokakarya PUSTEKOM tentang e-dukasi.net di Cisarua, Bogor, 25-28 Januari 2006. Membahas dan memberi masukan masalah seputar perkembangan web dan teknologinya untuk kemudian diaplikasikan kepada pendidikan.

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan merupakan lembaga dalam bidang pendidikan yang salah satu tugasnya mengembangkan inovasi baru dalam dunia pendidikan. Salah satu penerapan teknologi komunikasi dan informasi untuk pendidikan yang scat ini sedang dikembangkan PUSTEKKOM adalah pendayagunaan internet untuk pendidikan, yaitu program jaringan sekolah (schoolnet) yang berperan sebagai penyedia berbagai bahan belajar berbasis web online dan fasilitator terjadinya komunikasi (berbagi ide, informasi, pengalaman) serta kolaborasi lintas sekolah di Indonesia. Program ini dapat diakses melalui situs http://www.edukasi.net.



Sejak diluncurkan pada pertengahan tahun 2003 hingga sekarang, situs EdukasiNet telah mengalami berbagai perubahan sesuai dengan tuntutan dan perkembangan yang ada. Saat ini EdukasiNet telah mempunyai pengguna terdaftar sebesar 5000 user lebih serta 30 sekolah lebih yang tergabung didalamnya.

Salah satu upaya tolok ukur keberhasilan pada pemanfaatan situs EdukasiNet adalah kemudahan dan besamya manfaat yang diperoleh oleh penggunanya. Untuk mendukung hal tersebut periu adanya pengembangan dan inovasi pada situs EdukasiNet khususnya aplikasi CMS (Content Management System) yang berperan dalam penyediaan content dan manajemen user.