Membangun Kepercayaan Dan Jaringan

Biasanya untuk pemula dan mereka yang belum terlampau dikenal. Harga atau jasa pembuatan website mereka sangatlah rendah, kadang di bawah harga pasaran atau malah kadang merugi. Ini wajar karena kita tidak pernah tahu dan belum berpengalaman dalam mengerjakan proyek.

Jadi untuk mereka yang mau menginvestasikan waktu mereka untuk membangun kepercayaan dan jaringan, inilah tips dan triknya.

Biasanya banyak sekali perusahaan yang kekurangan SDM dalam bidang IT tetapi tidak tahu mau cari kemana. Jadi tugas kita adalah mengirim sebanyak-banyaknya CV dan Portfolio, kalau bisa berupa CD (karena lebih murah) kepada mereka. Walaupun mereka tidak membuka lowongan, kirimkan saja. Dan biasanya kalau bagus, mereka akan menggunakan jasa kamu. Atau malah pegawai yang lama dan tidak bermanfaat mereka pecat, tapi jangan sampai terjadi yah, kasihan karyawan tersebut.

Di dalam CD tersebut buatlah disain dan presentasi yang memukau agar mereka terhipnotis oleh kamu. Jadi CD tersebut dapat menjadi pengingat mereka kalau mereka sedang butuh karyawan freelance. Dan jangan lupa kemasan CD juga harus bagus. Yah modal sedikit tidak apa-apa, namanya juga usaha. Tapi kamu juga harus pilih-pilih perusahaan, kalau semua perusahaan dibagikan CD, bisa tekor juga pengeluaran kamu.... hehehehe

Cantumkan juga kontak tersebut di CD supaya mereka bisa menghubungi kamu. Kalau kamu punya website lebih bagus lagi. Lagi-lagi semua perlu modal, tapi gak sebanding koq bila proyek yang kamu dapat besar. Karena promosi yang bagus akan menghasilkan proyek yang bagus pula...

Sukses yah,
Zeembry
(Principal of Babastudio)