Nugroho Hari Saktiyo - Www.nanoex.com

Nugroho Hari Saktiyo bekerja menjadi seorang desainer grafis di salah salah satu perusahaan majalah wanita terkemuka di Indonesia. Mengambil profesi Flash Master di Baba Studio. Berikut ini adalah hasil interview dari Baba Studio dan koleksi dari hasil karyanya.

Tentang website www.nanoex.com, banyak sekali menampilkan portfolio Anda dari Web Design, Logo, Interactive CD, Print, Illustration dan Digital Art. Apakah ada manfaatnya bagi karir atau bisnis Anda?

Portfolio bagi saya adalah sebuah pembuktian sejauh mana seseorang mencapai tahapan/tingkatan tertentu dari sebuah kemampuan dan sekaligus sebagai salah satu bahan untuk me evaluasi diri untuk lebih meningkatkan kemampuan secara teknis atupun non teknis ( segi bisnis). Oleh karena itu Portfoilio sangat lah penting jika saya ingin meningkatkan kualitas kerja dan mendapatkan pekerjaan.

Bagaimana selama ini Anda mempromosikan website tersebut sehingga dapat dikenal orang dan orang juga bisa menggunakan jasa Anda?

Berpromosi secara khusus dan Aktif saya belum pernah, selama ini saya hanya mengandalkan networking secara Online dan Offline untuk mendapatkan project, tapi mungkin sebentar lagi saya harus lebih aktif menawarkan jasa saya sebagai Web Designer ( bukan Web Programer lhoo..).

Bagaimana karir dalam bidang web dari pengalaman Anda? Kemampuan apa saja yang harus dikuasai sehingga bisa maksimal terjun dalam bisnis web ini?

Karir saya di bidang web cukup Dinamis, dan saya bersyukur karena pencapian saya ini tidak saya rencana kan dari saat saya kuliah, karena kuliah saya jurusan teknik Sipil..gak nyambung.

Untuk Bisa terjun dalam wiliyah web designer..tentunya harus benar2 memahami apa itu Website secara fungsi dan kreatifnya...bagi seorang designer tidak bisa secara idiealis dalam menangani sebuah proyek , karena pekerjaan desainer adalah pekerjaan kolektif melibatkan minimal kita sebagai pembuat dan klien...jadi intinya jadilah web designer yang terbuka bagi klien dan tentunya tahu bagaimana memberikan solusi bagi klien.

Untuk secara skill..hendaknya slalu meningkatkkan kemampuan dgn trus belajar dan menggunakan networking sebagai slah satu tempat pembelajaran dan koneksi mendapatkan pekerjaan.

Apa cita-cita Anda ke depan?

Cita2 sih banyak...hahahaha....tapi keinginan saya mengenai bisnis penciptaan mungkin akan segera saya rintis. karena saya suka desain, tak terbatas Web desain..lagi mikir nih...
yang jelas saya ingin sekali mandiri.

Sebagai alumni BabaStudio bisa diceritakan kesan kesan belajar di BabaStudio?

Selama saya belajar Private di BabaStudio...saya cukup merasakan interaksi yang baik antara pengajar dgn murid. Saya bisa leluasa bertanya jika mengalami kesulitan atau ada kasus yang saya temui saat saya mencoba sendiri untuk saya diskusikan dgn pengajar. Mungkin lebih ditingkatkan materi dan Modul yang lebih komplek.

Boleh minta pesan sepatah dua patah kata untuk memotivasi murid-murid lain di Baba Studio? Supaya mereka bisa juga mempunyai kemampuan seperti Anda.

Terus belajar dan perluas jaringan.

---

Demikianlah interview Baba Studio dengan Mas Nanoex, seorang web designer yang sangat berbakat. Semoga sukses dengan karir dan bisnisnya.