Rich Internet Applications

A rich Internet application (RIA) is an entirely new kind of web experience that is engaging, interactive, lightweight, and flexible. RIAs offer the flexibility and ease of use of an intelligent desktop application, and add the broad reach of traditional web applications.

Itu adalah definisi Adobe tentang Rich Internet Application tentang bagaimana suatu aplikasi web yang berfungsi layaknya aplikasi multimedia di Desktop PC dengan akses tanpa batas ke berbagai jaringan komputer lainnya.

Contohnya adalah bagaimana suatu hotel bisa meletakkan aplikasi untuk pemesanan secara online di web. Pemesanan tersebut dilengkapi dengan grafik yang bagus sehingga pengunjung dimanjakan dan dipermudah untuk menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus mengerutkan dahi berpikir bagaimana cara menggunakannya.

Bila dengan web yang biasa, pengunjung biasanya harus membaca berbagai aturan rumit untuk mengerti dan memahami cara kerja pemesanan tersebut. Ini menyebabkan pengunjung enggan untuk memesan secara online dan lebih baik berhubungan dengan customer support yang siap menjawab.

Tetapi tentunya customer support memiliki keterbatasan dalam melayani pelanggan. Oleh karena itu dengan bantuan RIA (Rich Internet Applications) ini, pengunjung dapat dilayani tanpa harus berhubungan dengan customer support. Dan lagi akan dapat melayani ribuan pengunjung dalam satu waktu. Betapa Teknologi Informasi (IT) mempercepat proses ini sehingga dapat menghemat tenaga, waktu dan biaya.

Dan contoh RIA yang sudah lebih maju adalah Goolge Earth, di mana kita bisa mencari lokasi di seluruh dunia dalam tampilan tiga dimensi (3D). Anda bisa melihat contohnya di bawah ini.





Oleh karena itu, marilah kita jangan sampai ketinggalan teknologi. Anda akan hanya menjadi tontonan atau korban bila tidak tahu perkembangan yang terjadi saat ini. Mulailah dari sekarang.

Salam,
Zeembry
(Principal of Babastudio)