RSS - Really Simple Syndication

RSS (Really Simple Syndication) merupakan format web yang digunakan untuk menampilkan content atau berita yang sering diperbaharui seperti judul dari surat kabar.

Dokumen RSS sering disebut sebagai "feed", "web feed", atau "channel" yang salah satunya menampilkan gambaran singkat dari suatu berita.

RSS membuat orang bisa membaca berita di berbagai web kesukaan mereka secara otomatis tanpa harus mengunjungi satu per satu.

RSS content dapat dibaca menggunakan software yang disebut "RSS reader", "feed reader" atau "aggregator". Pengguna hanya mengisi beberapa alamat RSS web favorite mereka ke sana dan kemudian mereka bisa membaca secara utuh semua berita dari web tersebut tanpa harus mengunjung web tersebut satu per satu.

Contoh bila Anda mempunyai website favorite, misalkan Anda setiap hari sering membaca berita-berita di detik.com, cnn.com, bbc.com, yahoo.com, google.com. Dari pada mengunjungi mereka satu per satu, Anda bisa menggunakan RSS Reader sehingga semua berita yang sering diperbaharui di website-website tersebut bisa Anda lihat hanya dalam satu halaman website saja.

Kadang ada orang yang mempunyai website pribadi hanya memuat alamat-alamat RSS dari banyak website dari seluruh dunia. Sehingga seolah-olah website tersebut selalu diperbaharui setiap hari dan Anda seakan-akan mempunyai ribuan karyawan dari seluruh dunia melaporkan setiap kejadian di website Anda.

Tetapi tetap saja, saat Anda klik salah satu berita tersebut. Maka pengunjung akan dibawa ke website yang sebenarnya. jadi isi dari berita tersebut tidak ikut dimasukkan ke website pribadi Anda, hanya judulnya saja. Karena kalau isinya juga ikut dimasukkan, nanti rugi yang meliput berita. Tetapi kalau hanya link judul saja, mereka tidak akan keberatan.

Menarik bukan?

Salam,
Zeembry
(Principal of Baba Studio)