Software 2D & 3D

Software 2D & 3D

Software 2D yang paling populer adalah Adobe Flash, Photoshop. Objek yang dimanipulasi tidak memiliki ketinggian atau ketebalan. Contoh objeknya adalah kotak yang hanya memiliki panjang dan lebar. Atau gambar foto yang hanya memiliki panjang dan lebar. Objek 2D itu kemudian dianimasi untuk dibuat film kartun, animasi iklan dan lain sebagainya.



Lain halnya dengan software-software 3D seperti 3D Studio Max, Maya, SoftImage, LightWave, dan Blender. Objek yang ada memiliki ketebalan atau ketinggian. Contoh objeknya adalah kotak yang memiliki panjang, lebar dan tinggi. Contoh film yang dihasilkan dari software 3D adalah Toy Story, Monster Inc.

Kalau Anda bekerja di software 3D, biasanya Anda menemukan beberapa kanvas atau Stage. Dan Stage itu terbagi dalam tampak depan, tampak samping, tampak belakang, tampak atas, tampak bawah dan mungkin masih banyak lagi. Jadi software 3D memungkinkan objek bisa dilihat dari segala arah.



Lain halnya dengan software 2D, objek hanya terlihat tampak muka saja. Tetapi bukan berarti software 2D jelek. Kelebihan software 2D adalah lebih sederhana dan lebih cepat pengerjaannya. Jadi tergantung kebutuhan.

Salam,
Zeembry
(Principal of BabaStudio)

22 January 2008 ADMIN
Previous Post Rich Internet Applications Next Post RSS - Really Simple Syndication