Sulistyo Santoso

Mengambil Paket Multimedia Designer, Sulistyo Santoso yang merupakan alumni Baba Studio ini dapat mengaplikasikan keahlian yang telah dipelajarinya untuk membuat suatu presentasi multimedia interaktif bagi perusahaannya. Berikut BabaStudio mewawancarainya untuk memberikan peluang dan wawasan bagi siswa dan alumni Baba Studio yang lain untuk mengikut jejak suksesnya.

Bisa diceritakan latar belakang pendidikan, pekerjaan dan hobby Anda saat ini?
Lulus tahun 2000 dari UPN Veteran Yogyakarta Jurusan Teknik Informatika, Staff Training & Development PT. Cipta Kridatama, Hobby Futsal, Sepak Bola, Game, dan masih banyak lagi :-)

Anda membuat CD Multimedia Interaktif untuk perusahaan tempat bekerja PT. Cipta Kridatama. Bagaimana awalnya dan mengapa harus Multimedia Interaktif?
Berawal dari keinginan saya untuk merubah pandangan dari presentasi konvensional ke dalam bentuk Multimedia Interaktif yang bertujuan untuk menciptakan hiburan sambil belajar (training).

Dengan format presentasi training ke dalam Multimedia membuat audiens bertambah antusias karena kita mencoba menerapkan prinsip hiburan sambil belajar dan hiburan sambil bekerja.

Kita ambil contoh, pada waktu saya menyelenggarakan training untuk operator alat berat, sebelum memakai konsep multimedia... banyak peserta yang hanya mendengarkan setengah-setengah, bahkan ada yang mengantuk... Dari situlah saya mencoba untuk membuat suasana kelas training lebih hidup dikarenakan dengan konsep multimedia kita bisa membuat suatu animasi interaktif bahkan bisa kita sisipkan humor2 animasi yang tentunya berhubungan dengan training tersebut.



Menurut Anda setelah mengaplikasikannya ke perusahaan, seberapa besar keefektifitasnnya dan apakah sangat bermanfaat? Bisa disebutkan manfaatnya?
Banyak sekali manfaatnya bagi perusahaan kami... Selama ini sebelum ada Junior Trainer yang di tambang, maka Senior Trainer yang ada di Head Office Jakarta harus berangkat ke lokasi tambang mendampingi untuk melaksanakan permintaan training.

Sekarang setelah kita mempunyai Junior Trainer dan kita bagikan semua materi training dalam konsep Multimedia maka Junior Trainer bisa mengajar tanpa harus didampingi oleh Seniornya...

Dan manfaat yang lain, Senior Trainer yang berada di Head Office sekarang hanya tinggal menerima report training setiap bulannya yang dikirim oleh para Juniornya, dan juga dengan adanya Materi Training dengan konsep Multimedia itu maka sekarang tingkat Accident atau kecelakaan kerja alat berat di tambang bisa berkurang... Saya tidak tahu kenapa, mungkin Operator Alat Berat yang tadinya mendengarkan sambil mengantuk sekarang sudah tidak mengantuk lagi... :-P



Kira-kira berapa lama pembuatan CD tersebut dan berapa orang yang mengerjakannya?
Sebenarnya untuk pembuatan CD Interaktif itu tidak memakan waktu lama apabila dikerjakan secara tim minimal 4 orang, atau kita juga bisa mengerjakan sendiri dengan catatan apabila bahan-bahan sudah lengkap.

Saat ini saya mengerjakan sendiri CD Interaktif tersebut jadi memakan waktu minimal 1,5 bulan karena saya harus pergi ke lokasi untuk mencari bahan untuk pendukung presentasi tersebut.

Keahlian apa saja yang dibutuhkan untuk membuat CD seperti ini?
Yang harus kita kuasai sebenarnya hanyalah ide untuk dituangkan ke dalam materi tersebut tentunya kita juga harus bisa menguasai program-program grafis dan animasi seperti Photoshop, Flash, Director, lebih bagus lagi kalau kita bisa menguasai program 3D atau juga Movie Processing seperti After Effect yang bagus untuk membuat efek2 animasi movie yang dimana juga semua program tersebut saling berhubungan dan saling mendukung, tentunya juga kita harus mempunyai spesifikasi komputer yang tinggi karena pada waktu proses pengerjaannya semua software tersebut berjalan atau dibuka bersamaan, supaya waktu kita lebih efektif dan effisien.



Bisa diceritakan proses pengerjaannya ?
Pertama kita buat untuk konsepnya dahulu mungkin dari design grafis, terus pengerjaan animasi dan terakhir kita tuangkan ke dalam Director...

Kemudian setelah masuk di dalam Director kita tinggal edit atau kita permak (kaya jeans aja ya di permak... :-P) sesuai dengan keinginan kita...

Sebagai alumni BabaStudio bisa diceritakan pengalaman belajar di BabaStudio?
Pengalaman selama belajar di Baba Studio sangat menyenangkan karena banyak para instrukturnya komunikatif, mau sabar, dan mau menjelaskan secara rinci dan jelas, serta dengan metode belajar yang dibuat se rileks mungkin (biar gak tegang kali ya...?)

Dan juga mbak2nya yang cukup ramah.... :)

Bagi yang ingin menghubungi Sulistyo Santoso ini adalah alamat emailnya sulistyo.santoso@ciptakridatama.co.id