WiMax - Masa Depan Telekomunikasi

WiMax - Masa Depan Telekomunikasi

WiMax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah teknologi telekomunikasi jarak jauh tanpa kabel yang kini menjadi pusat perhatian operator telekomunikasi, pebisnis dan pengguna internet di seluruh dunia. Teknologi ini menggunakan standar IEEE 802.16 yang disebut juga WirelessMAN. Nama WiMAX dibuat oleh WiMAX Forum yang didirikan pada bulan Juni 2001.

Teknologi WiMax merupakan solusi untuk mengatasi keterbatasan Wi-Fi yang juga merupakan teknologi tanpa kabel (nirkabel), tetapi hanya untuk pemakaian dalam ruangan karena hanya mampu menjangkau 100 meter saja dengan kecepatan 11 Mbps. WiMax mampu memberikan layanan data berkecepatan hingga 70Mbps dalam jarak 50 km. Dan ini berarti bisa digunakan sebagai jaringan broadband sebagai pengganti teknologi fixedline. Dan yang lebih menggembirakannya lagi adalah biaya instalasi jaringan WiMax jauh lebih murah. Mudah-mudahan sebentar lagi kita akan mendapatkan layanan informasi data yang murah dengan kecepatan tinggi.

Akses internet dapat dilakukan tanpa harus ke kantor atau warnet, dengan handphone atau Notebook di mobil atau di mana saja, Anda bisa terhubung dengan internet dalam mencari informasi.

Bagi perusahaan operator, mereka tidak perlu lagi memasang kabel yang merepotkan dengan membongkar jalanan untuk menyediakan aksesnya.

Dengan kabar yang menggembirakan ini berarti untuk mereka yang berprofesi sebagai Webmaster dan Web Designer akan sangat banyak dibutuhkan. Jasa-jasa mendisain dan membuat web akan semakin banyak karena banyak masyarakat akan sadar akan teknologi informasi.

Mereka yang memiliki usaha yang berhubungan dengan web atau memanfaatkan web seperti membuka jasa atau bisnis online akan dibanjiri oleh masyarakat-masyarakat yang sadar ini.

Semoga Indonesia akan menjadi negara yang sadar akan teknologi informasi sehingga masyarakat menjadi lebih pintar, cerdas dan mandiri.

Salam,
Zeembry
(Principal of Baba Studio)
01 February 2008 ADMIN
Previous Post Trend Web 2.0 Next Post 16 Pebruari 2008 - Workshop Mastering Sehari ANIMASI 3D Dengan BLENDER