HTML Vs PHP : 8 Perbedaan HTML Dan PHP Yang Perlu Anda Ketahui


Image result for html vs php

Apa itu HTML ?

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah kombinasi dari HyperText dan Markup. Hyper Text adalah metode khusus di mana kita dapat bergerak di web dengan mengklik hyperlink yang membuka halaman berikutnya. Markup adalah tag HTML seperti tag pembuka dan penutup dengan teks di dalamnya yang dengannya kita dapat memformat teks, menempatkan hyperlink, gambar, dll. 

HTML berperan sebagai fondasi dasar dari World Wide Web. HTML adalah tulang punggung website mana pun karena merupakan bagian utama dari kode front-end setiap website. Browser tidak menampilkan tag HTML tetapi digunakan untuk membuat konten halaman. Ini menggambarkan struktur halaman HTML atau halaman web menggunakan Markup.HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 yang juga merupakan pendiri World Wide Web.


Apa Itu PHP ?

PHP adalah bahasa pemrograman berbasis open source, yang sering digunakan untuk membuat website statis, dinamis, dan aplikasi web. PHP pada awalnya disebut sebagai "Personal Home Page", kemudian menjadi alternatif untuk teknologi ASP. PHP adalah akronim yang merupakan singkatan dari Hypertext Pre-processor. Script PHP dapat dimasukkan dalam halaman web HTML dan dijalankan pada server serta menampilkan hasil di layar dengan bantuan HTML. PHP dapat diintegrasikan dengan berbagai jenis database seperti Oracle, MySQL, dan Microsoft SQL Server dll.

Dengan Menggunakan PHP kita dapat melakukan banyak hal menguhubunkan website ke database, mengambil data dari database, mengirim email ke pengunjung website, data encryption, dan masih banyak lagi. PHP adalah bahasa scripting yang paling populer untuk mengembangkan situs web, anda juga bisa menggunakan php pada script command line, pengembangan aplikasi desktop, dan tool manajemen project.


Perbedaan HTML dan PHP

1. Type of Language

  • HTML adalah mark-up language yang digunakan untuk membuat laman website dan merupakan tulang punggung pengembangan Front-End website.

  • PHP adalah bahasa pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk membuat website statis, dinamis, dan aplikasi website

2. Code Type

  • Code HTML bersifat statis, tampilannya akan selalu terlihat sama berapa kalipun anda melihatnya

  • File PHP bersifat dinamis dan output nya selalu bervariasai tergantung dari browser yang digunakan.

Baca Juga: Jenis Jenis Framework Terbaik 2020

3. Mudah Dipelajari

  • HTML sangat mudah dipelajari. Bahkan jika anda membuat kesalahan, dengan sendirinya anda akan paham dimana letak kesalahannya dan cara memperbaikinya.

  • Sebenarnya PHP juga sama mudahnya dengan HTML. Namun, anda harus berhati-hati dalam menulis code programnya. Sedikit kesalahan seperti kurangnya tanda ; atau ?> dapat menyebabkan error pada programnya

4. Compability

  • HTML : Karena merupakan tulang punggung dari pengembangan Front-End website, HTML kompatibel dengan semua jenis browser

  • PHP : PHP dapat diintegrasikan dengan berbagai jenis database seperti Oracle, MySQL, dan Microsoft SQL Server.

5. Developer

  • HTML memiliki komunitas developer yang besar yang selalu berusaha dan meningkatkan kinerja HTML

  • Mirip dengan HTML, PHP pun memiliki banyak developer yang terus menghadirkan fitur baru dan terus mengoptimalkan code nya

6. Integration

  • HTML terintegrasi dengan AJAX dalam hal pembuatan laman web dinamis dan bagian dari pengembangan front-end website

  • Sedangkan PHP terintegrasi dengan AJAK dalam hal Database seperti Oracle, MySQL, Sysbase, dan lain-lain

7. When To Use

  • HTML digunakan saat kita mengorganisir suatu konten website dan cara menampilkan konten tersebut

  • PHP digunakan untuk Server-side Programming yang mana berinteraksi dengan database untuk menyimpan informasi, mengambil data, mengirim email.

8. Syntax

  • Untuk penulisan Syntax HTML :

judul

contoh konten

Isi konten

  • Sedangkan Syntax PHP seperti berikut :

Contoh code php

?>


Kunci Perbedaan antara HTML vs PHP

Dibawah ini adalah poin-poin yang menggambarkan kunci perbedaan antara HTML dan PHP :

  • HTML adalah Hypertext Markup Language yang mengambarkan struktur laman website dan merupakan tulang punggung front end website sedangkan PHP adalah bahasa pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk membuat website statis, dinamis, dan aplikasi website.

  • HTML pada dasarnya digunakan sebagai pengembangan front-end atau Client-side sedangkan PHP digunakan untuk pengembangan server-side.

  • HTML digunakan untuk mengformat konten di situs web, dan menentukan tampilan situs web sedangkan PHP digunakan untuk membuat fungsi halaman berjalan seperti yang diharapkan.

  • HTML digunakan untuk menyisipkan teks, gambar, hyperlink, video dan lain-lain melalui Hypertext sedangkan PHP digunakan untuk melakukan perhitungan, konektivitas database, menyimpan dan mengambil data, membuat menu login, register form dan yang lainnya.

  • Code PHP memiliki struktur yang tepat dan bersifat kompleks karena tidak akan memberikan output yang diharapkan jika ada kesalahan dalam logika atau sintaknya sedangkan dalam HTML kita dapat menulis apa pun yang kita inginkan di mana saja dan tetap memberikan hasil.

  • HTML digunakan untuk redirecting, menentukan warna, memformat teks, serta alignment. Sedangkan PHP digunakan untuk operasi berbasi logika, menyimpan, mengirim email dan merespons kembali ke email, file upload & download, dan memuat laman website

  • HTML digunakan untuk mengembangkan halaman web statis sedangkan PHP digunakan untuk mengembangkan komponen yang membuat situs web menjadi dinamis.

  • HTML dapat dilihat atau diakses baik oleh pengunjung website maupun developernya, sedangkan PHP membatasi akses agar hanya menampilkan elemen HTML saja kepada pengunjung 

Kesimpulan

Meskipun terlihat mirip, namun HTML dan PHP memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Dan meskipun berbeda, keduanya bisa digabungkan untuk membuat website terlihat statis serta dinamis. Dalam pengembangan website, HTML dan PHP merupakan komponen penting yang wajib anda pelajari.


Sumber : educba.com




IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



26 December 2019 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Tutorial PHP : Jenis-Jenis Perulangan (Looping) Yang Ada Di Bahasa Pemrograman PHP Next Post Cara Membuat Blog Yang Mudah Dengan Blogspot