Tutorial PHP : Pengertian Tipe Data Float Dan Cara Penulisan Float PHP



Dalam PHP, tipe data Float digunakan untuk mengatur nilai fraksional. Float adalah angka dengan titik desimal dan dapat diperluas ke bentuk eksponensial. Float juga disebut Floating point. Contoh angka float seperti 0,5 atau 3,14. Tipe data float memiliki batas maksimum 14 digit.

Jangkauan angka float bergantung kepada komputasi prosessor yang digunakan, walaupun pada umumnya berupa angka mulai dari 1.7 x 10^-308 sampai dengan 1.7^+308 dengan 14 digit tingkat keakuratan (precision). Anda tidak perlu khawatir dengan limit angka float ini, karena selain untuk membuat aplikasi matematis tingkat tinggi, kita tidak akan menggunakan angka float sampai 14 digit.

Pada dasarnya, tipe data float digunakan dalam aplikasi yang mencakup mata uang (currency), tanda (mark), persentase(percentage). Kita dapat menggunakan variabel float seperti halnya variabel integer dan dapat menggunakan operasi dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian. 


Jenis-Jenis Tipe Data Float

Short Floating Point Number

Short Floating Point Number adalah jenis tipe data float dengan presisi tetap terkecil. Tergantung pada versi PHP yang Anda gunakan untuk mendukung tipe data ini. Tingkat presisi minimumnya adalah 13 bit dan memiliki ukuran eksponen minimum 5 bit, dan untuk angka desimal, short float memiliki tingkat presisi hingga 4 titik desimal.

Double Floating Point Number

Double Float adalah salah satu presisi tetap yang ada pada Tipe Data float. Presisi minimumnya adalah 50 bit dan ukuran eksponen minimum adalah 8 bit. Ketepatan kategori ini tergantung pada implementasinya. Komputasti double float tepat hingga 14 titik desimal.

Dapatkan Diskon 20% Kursus SEO Terbaik Sekarang Juga

Long Floating Point Number

Long Float salah satu presisi tetap terbesar yang disediakan oleh tipe data float. Presisi minimumnya adalah 50 bit dan ukuran eksponen minimum adalah 8 bit. Ketepatan kategori ini tergantung pada implementasinya Tepat hingga 14 titik desimal. Long float sangat mirip dengan double float.


Bagaimana Cara kerja tipe data Float di PHP ?

Nilai float tidak lain adalah pecahan desimal yang memiliki presisi sendiri. Mari kita lihat contoh data float berikut :

Dan outputnya :

Sama seperti tipe data integer, variabel dengan tipe data float juga dapat melakukan operasi numerik seperti penambahan, pembagian, perkalian, dan lain-lain. Berikut adalah contoh operasi matematis dengan tipe data float:

Output :


Sumber : educba.com


IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



26 December 2019 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post PHP Tutorial : Cara Mengubah File Konfigurasi PHP (PHP.ini) Next Post Tutorial PHP : Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Variabel Dan Tipe Data Pada PHP