Tutorial PHP : Pengertian Tipe Data String Dan Cara Penulisan String PHP



Apa yang dimaksud denga tipe Data String ?

Tipe data string adalah tipe data yang berisi text, kalimat, atau kumpulan karakter. Contoh nya seperti “Saya sedang belajar PHP” atau “t1Pe D4tA 5tr1ng” semua contoh tersebut adalah tipe data string.

Tipe data string merupakan tipe data yang paling sering digunakan. Dengan fiturnya yang banyak dan support hingga 256 karakter ASCII.

Jenis – Jenis tipe data string dan cara penulisannya

Dalam PHP, String terbagi menjadi 2 jenis yaitu Single Quoted, dan Double Quoted. Mari kita simak lebih dalam dalam tutorial kali ini

1. Single Quote

Penulisan tipe data string menggunakan single quoted atau tanda petik satu (karakter ‘) merupakan cara penulisan string yang paling sederhana. Kita tinggal membuat sebuah kata atau kalimat, dan menambahkan tanda petik satu di awal dan akhir kalimat.

Untuk string yang didalamnya juga terdapat tanda petik satu, kita harus mendahuluinya dengan karakter backslash (\) agar tidak dianggap sebagai penutup string. Dan jika di dalam string anda ingin menulis tanda backslash, kita harus menulisnya dengan 2 kali (\\).

Dibawah ini adalah contoh String Single Quote :

Output :

Bisa anda lihat pada output diatas, meskipun kita menggunakan spesial karakter seperti tanda dollar ($) maupun backlash (/), output pada program diatas tetap menampilkan secara asli. Ini lah salah satu kelebihan tipe data string

2. Double Quoted

Cara kedua dalam penulisan tipe data string dalam PHP adalah dengan menggunakan Double Quoted atau tanda petik dua (karakter “). Walaupun seperti tidak ada perbedaan dengan menggunakan single quote, hasil yang di dapat akan sangat berbeda.

Dengan double quoted, PHP akan memproses karakter-karakter khusus seperti carriage return (\n), dan karakter tab (\t) dan juga memproses setiap variabel (yang ditandai dengan tanda $ didepan kata).

Di karenakan metode double quoted melakukan pemrosesan terlebih dahulu, maka untuk menampilkan karakter khusus seperti tanda petik (karakter ‘), tanda dollar (karakter $) dan tanda-tanda khusus lainnya, kita harus menggunakan backslash (karakter \). 

Contoh :

Output : 

Perhatikan contoh output diatas 

Pada $string4, terlihat bahwa string dengan petik dua akan memproses variabel $string1 dan $string2 sehingga tampil hasilnya di web browser. Fitur ini akan sangat bermanfaat jika kita sering menampilkan variabel didalam sebuah string.

Dapatkan Diskon 20% Kursus SEO Terbaik Sekarang Juga


Function Built-in pada String

Strlen()function

Fungsi ini digunakan untuk menentukan panjang string. Fungsi ini menerima string sebagai suatu argumen dan mengembalikan nilai atau value dari panjang atau jumlah karakter dalam string.

Contoh:

Output :

Strrev()function

Function ini berfungsi untuk membalikan string. 

Contoh : 

Output : 

Baca Juga: Berbagai Framework PHP Terbaik 2019

3. strpos()function

Fungsi ini mengambil dua argumen string dan jika string kedua ada pertama, strpost akan mengembalikan posisi awal string jika tidak maka nilainya FALSE.

Output :

Tidak ada perbedaan waktu eksekusi kode antara penulisan string menggunakan satu tanda kutip maupun dua tanda kutip, kalaupun ada sangat kecil, tidak sebanding dengan effort yang kita lakukan. pada ujicaba yang dilakukan pada saat tertentu (string mengandung satu variabel) sedikit lebih cepat menggunakan satu tanda kutip, disaat lain (string mengandung lebih dari satu variabel) lebih cepat menggunakan dua tanda kutip. 

Penggunaan Single maupun double quoted tergantung dari masing-masing programmer.


Sumber : Geeksforgeeks.com


IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



26 December 2019 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Tutorial PHP : Pengertian Tipe Data Boolean Dan Cara Penulisan Boolean Di PHP Next Post Tutorial PHP : Jenis-Jenis Perulangan (Looping) Yang Ada Di Bahasa Pemrograman PHP