Penjelasan RSS Feed Dan Bagaimana Cara Kerjanya


Hasil gambar untuk RSS feed mean

Apa itu RSS Feed ?

RSS feed adalah singkatan dari Really Simple Syndication. Suatu cara untuk dengan mudah mendistribusikan daftar headline, update notice, dan terkadang konten ke banyak orang. RSS Fed digunakan oleh program komputer yang mengatur headline  dan pemberitahuan tersebut agar mudah dibaca.

Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada website yang menyediakan Feed RSS, biasanya situs web yang isinya diupdate secara berkala. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan RSS Reader. 

Rss Reader bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu berita terupdate. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya alias gratis. 

Jadi secara sederhana, RSS feed adalah aplikasi atau teknologi yang digunakan untuk membaca konten dari sebuah website tanpa perlu membuka website tersebut di browser anda


Sejarah RSS 

Pada maret 1999, Netscape membuat RDF Site Summary yang mana merupakan versi awal dari RSS. Digunakan oleh publisher web untuk menampilkan konten mereka pada My.Netscape.com , dan portal RSS lainnya.

Beberapa bulan kemudian, Netscape menyederhanakan teknologi tersebut dan memberi nama baru sebagai Rich Site Summary. Netscape menghentikan partisipasinya dalam pengembangan RSS sejak AOL mengambil alih Netscape.

Versi terbaru RSS dirilis pada tahun 2002, dan diberi nama Really Simple Syndication . Dengan versi barunya ini dan icon barunya untuk Mozilla firefox ditahun 2004, RSS feed menjadi lebih mudah diakses oleh pengunjung website


Cara Kerja RSS

RSS adalah cara penulis website untuk mempublikasikan notifikasi konten baru pada website mereka. Konten tersebut biasanya mencakup Newcast, postingan blog, Laporan Cuaca, dan Podcast. 

Untuk menerbitkan notifikasi, penulis website harus membuat file teks dengan ekstensi file XML untuk RSS Feed yang berisi judul, deskripsi, dan link untuk setiap post di situsnya. Kemudian, penulis website menggunakan file XML tersebut untuk menambahkan RSS Feed ke halaman website mereka. File XML secara otomatis mensindikasikan konten baru melalui RSS Feed itu dalam format standar yang ditampilkan di setiap pembaca RSS.

Ketika pengunjung website berlangganan RSS Feed, mereka membaca konten website terbaru pada RSS Reader. RSS Reader bertugas mengumpulkan konten dari banyak file XML, mengatur informasi, dan menampilkan konten dalam satu aplikasi.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan RSS Feed dan RSS reader. Berikut adalah contohnya :

  • Bisa mengikuti diskusi di halaman web atau forum tanpa mengunjungi setiap halaman untuk membaca daftar komentar yang diposting.

  • Mendapatkan update informasi atau postingan terkini dari website favorit anda

  • Menjaga anda agar tetap terupdate perihal berita lokal, nasional, atau bahkan internasional dari beberapa sumber yang berbeda.


Cara menemukan RSS Feed 

Rss Feed  menggabungkan sumber informasi di suatu website dan memberikan update notice ketika web tersebut menambahkan konten baru. Dengan media sosial, yang Anda lihat hanya hal favorit yang dibagikan orang lain. Namun dengan Rss Feed, Anda melihat semua yang diterbitkan website.

Untuk menemukan RSS Feed pada website, anda perlu mengunjungi salah satu website. Beberapa website menampilkan RSS Feed mereka berupa tombol berwarna oranye yang mungkin mengandung akronim RSS atau XML.

Ketika Anda menemukan RSS Feed klik icon RSS tersebut atau link yang menampilkan file XML yang mengontrol Feed website. Anda nantinya akan menggunakan link RSS itu untuk berlangganan feed di RSS reader.


Apa itu RSS Reader ?

Saat Anda berlangganan RSS Feed pada suatu website, RSS Reader akan menampilkan konten dari Website tersebut. RSS Reader yang paling populer adalah Feedly. Feedly adalah RSS Reader berbasis cloud yang tersedia di berbagai platform. Feedly berjalan di bawah iOS, Windows 8, dan Android sehingga mudah untuk mengakses akun Feedly dari iPhone, iPad, Windows Phone, atau perangkat Android. Untuk mengakses Feedly anda harus memiliki akun google.

Anda bisa mengsubscribe RSS Feed pada feedly dengan cara berikut :

  1. Copy URL dari Rss feed yang anda inginkan

  2. Paste URL tersebut pada search box feedly dan pilih RSS feed dari list source

  1. Pilih Follow

4.  Pilih new feed

5. Berikan nama untuk feed tersebut

6. Klik Create dan RSS Feed selesai di daftarkan

Keuntungan RSS Feed

RSS memberikan kemudahan untuk user berlangganan konten. Ketika menggunakan RSS feed, mereka (pengunjung/subscriber/user) dapat menerima update terbaru dari blog atau website secara langsung ke feed reader, aplikasi desktop, atau perangkat lainnya.

Pengguna yang berlangganan (subscriber) postingan di website Anda tidak perlu mengingat alamat URL karena mereka sudah dapat membawa konten ke dalam satu lokasi yang sama, dimana mereka bisa membacanya semuanya secara langsung. Konten Anda juga menjadi lebih portable, dan subscriber dapat menyimpannya secara offline.

Sebagai pengguna atau subscriber, Anda dapat membaca website favorit dan menyimpannya ke dalam satu tempat. Ini membuat Anda lebih cepat menjelajah berita terbaru dari blog atau website yang Anda suka. Bahkan, Anda bisa meninggalkan komentar jika menyukai salah satu artikel di dalam blog tersebut langsung dari aplikasi feed feeder.

Kebanyakan dari feed reader saat ini melakukan penyusunan daftar bacaan melakukan kategori atau grup. Tentu ini akan meningkatkan dan memaksimalkan waktu Anda membaca.


Sumber : Lifewire.com

Dapatkan Diskon 20% Kursus SEO Terbaik Sekarang Juga


IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



19 December 2019 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post 10 Alasan Mengapa PHP Laravel Dianggap PHP Framework Terbaik 2019 Next Post Panduan Lengkap Website : Pengertian Website Beserta Jenis Dan Manfaatnya