Tutorial PHP : Struktur Data Array Di PHP Dengan Contohnya

Apa itu Array ?

Dalam PHP, array adalah struktur data yang memungkinkan Anda untuk menyimpan beberapa elemen dalam satu variabel. Elemen-elemen ini disimpan dalam satu array sebagai pasangan dari variabel yang ditentukan. Bahkan, Anda dapat menggunakan array setiap kali ada kebutuhan untuk menyimpan daftar elemen. Kebanyakan item atau data dalam array memiliki tipe data yang serupa.

Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin menyimpan nama buah. Tanpa array, Anda mungkin harus membuat banyak variabel untuk menyimpan nama buah yang berbeda. namun, jika Anda menggunakan array untuk menyimpan nama buah, mungkin akan terlihat seperti ini:

Seperti yang anda lihat, kita menggunakan variabel $array_buah untuk menyimpan nama-nama buah yang berbeda. Anda nantinya bisa menambahkan nama buah lainnya pada array tersebut sebanyak yang anda mau.

Cara Membuat Array 

Dibagian ini, kita akan mengeksplor bagaimana cara membuat array dan memasukan nilai atau value pada variabel array tersebut

Jika menyangkut cara membuat array, sebenarnya ada banyak. Namun umumnya kebanyakan orang menggunakan array()  untuk membuat array.

Selain cara diatas, anda juga dapat menggunakan array seperti contoh berikut

Mari kita coba memasukan elemen pada array tersebut

Dan seperti inilah hasilnya :

Cara Mengakses Element Array

Pada sesi sebelumnya, kita sudah belajar cara membuat array. Untuk kali ini kita akan mencoba mengakses element array dengan cara yang berbeda.

Cara yang pasti untuk mengakses element array adalah dengan memberikan key atau index pada array tersebut.

Dan beginilah hasil output nya :


Jenis-Jenis Array di PHP

1. Indexed Array

Array adalah salah satu struktur data yang berisi sekumpulan data dan memiliki indeks. Indeks digunakan untuk mengakses nilai array.

Indeks array selalu dimulai dari nol (0).

Output :

2. Associative Array

Array asosiatif adalah array yang indeksnya tidak menggunakan nomer atau angka. Indeks array asosiatif berbentuk kata kunci.

Output nya :

Baca Juga: Jenis Jenis Framework Terbaik 2020

Multidimensional Array

Array multi dimensi adalah array yang memiliki dimensi lebih dari satu. Biasanya digunakan untuk membuat matrik, graph, dan stuktur data rumit lainnya. Berikut ini adalah contoh multi-dimensional array

Output :


Dapatkan Diskon 20% Kursus SEO Terbaik Sekarang Juga


IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



30 December 2019 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Tutorial PHP : Mengenal Fungsi Dan Prosedur Di Bahasa Program PHP Next Post Cara Membuat Website Responsive Dengan 3 Langkah Mudah