Sebenarnya  Berapa Harga Sebuah Website

Sebenarnya Berapa Harga Sebuah Website

Sebenarnya  Berapa Harga sebuah Website?

Sebelum anda membeli ataupun menjual sebuah website mari pahami bersama komponen harga dari sebuah website terlebih dahulu.

Tujuannya adalah agar anda tidak salah beli ataupun salah jual.

Untuk itu pertama kita perlu mengetahui bahwa ada 2 Jenis website yaitu yang  Gratisan dan yang berbayar. Khusus dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai website yang premium atau berbayar.  Website yang berbayar di anggap lebih kredibel. oleh para pengunjungnya.

Mari kita  pahami Komponen Biaya dalam sebuah Website


Nama Website



Nama website atau biasa di sebut dengan”domain”, bagaikan alamat rumah Anda domain memastikan agar pengunjung tidak tersesat dalam mencari sebuah website. 

Apakah kita dapat secara leluasa memilih nama website kita ?

Jawabannya adalah “ya kita bisa’ asalkan nama tersebut belum dimiliki oleh orang lain. Sebuah nama yang sudah dimiliki oleh orang lain, harganya bisa jutaan bahkan milyaran. Contohnya jika kamu ingin memiliki nama website “detik” maka entah berapa milyar yang harus kamu keluarkan untuk membeli nama tersebut pada pihak detik.

Berapakah sebenarnya harga nama sebuah website, jika belum dimiliki oleh orang lain. Harganya relative Murah kira-kira 150 ribu rupiah pertahunnya.

Ya benar sekali, hanya belasan ribu rupiah perbulannya.

Jika anda ingin mengetahui ketersediaan sebuah Domain, silahkan kunjungi www.name.com untuk melihat ketersediaan nama yang kamu pilih. Pilihlah domain yang  harganya kira-kira 10 sampai 11 dolar per tahun. Harga tersebut menunjukan bahwa Nama Domain tersebut belum dimiliki siapapaun.


Hosting

 


Seperti USB ataupun Handphone kamu, yang memiliki kapasitas misalkan 32 Giga sampai 100 GB, website pun memiliki kapasitas penyimpanan, untuk menyimpan foto, video, text maupun aplikasi dari website itu sendiri.

Berapakah Hosting yang dibutuhkan untuk sebuah website sederhana? Jika anda misalkan memiliki company profile atau toko online sederhana yang hanya memiliki produk dibawah 100 buah. Berapakah biaya yang diperlukan untuk Hosting anda tersebut? Anda hanya perlu mengeluarkan biaya minimum 360 ribu rupiah pertahunnya atau 30 ribu perbulan.  Banyak sekali layanan hosting di Indonesia. Anda cukup mengetika kata “jasa Hosting” maka gogole akan mengantarkan anda ke lokasi si penjual jasa tersebut.


DESIGN 

Agar Mudah dipahami, kita bisa membagi 2 tipe web design di sini yaitu yang berbayar dan gratisan.

Untuk yang berbayar ada juga yang bisa di download kemudian langsung dipasang. Misalnya menggunakan template wordpress yang gratisan.

Atau anda membayar jasa layanan seorang web designer, paling murah adalah 900 ribu rupiah perhalaman, sampai design tersebut diubah menjadi html agar dapat di tampilkan secara online. Tentu saja anda perlu menyediakan secara rinci apa saja yang perlu di tampilkan di tiap halaman website pada si designer . Sehingga sang designer dapat mulai bekerja untuk anda.


ENGINE/MESIN


Untuk mudahnya  kami akan membagi 2 tipe mesin ini menjadi Template dan yang Customiza, tipe mesin Template misalnya adlah Word Press, Jomla, dan masih banyak yang lain. Mesin Template yang paling popular adalah Word press. 

Jika kamu mampu untuk membuat sebuah website berbasis Word Press maka Biaya mesin ini menjadi “NOL” alias gratis. Apakah dengan menggunakan mesin gratisan ini website anda menjadi kurang kredibel?

Tidak juga, jika anda sudha memiliki domain sendiri otomatis tingkat kredibilitas website anda di mata pengunjung menjadi lebih baik. Terkadang kebanyakan pengunjung website tidak bisa mengetahui apakah anda menggunakan Template Gratisan atau tidak.  Dengan Menguasai Wordpress anda dapat membuat sebuah website paling cepat dalam waktu 4 jam saja. Asalkan bahan-bahannya seperti foto-foto dan artikel untuk isi dari website tersebut sudah anda miliki. 

Apakah Website template gratisan seperti Word Press punya permasalahan?

Ya benar, tapi tentu saja word press memiliki keterbatasan. Jika anda ingin membangun sebuah website yang kompleks seperti social media, sebuah market place atau website e commerce yang canggih maka anda tidak bisa hanya menggunakan Word press saja, Anda memerlukan sesuatu yang customize, anda perlu membuat sendiri menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Salah satunya adalah bahasa pemrograman PHP.

Untuk sebuah website yang dibagun menggunakan bahasa pemrograma PHP dan dibangun sendiri harganya bisa saja sampai milyaran. Tergantung tingkat kompleskitas dari website tersebut serta biaya server untuk menampung semua data dalam website tersebut. Bisa jadi biaya servernya saja sudah puluhan juta rupiah perbulannya. 

Saat ini jasa-jasa pembuatan website menawarkan jasanya dari mulai 2 Juta sampai 8 juta pe website. Untuk website-website standard. Bahkan ada yang menawarkan 500 ribu rupiah. Sedangkan jasa pembuatan website  babastudio sendiri  harganya di mulai dari 50 juta sampai dengan 300an juta per websitenya.

Ko bisa mahal?

Ketika babastudio membuat sebuah website, bukan hanya mempertimbangkan fitur-fitur dari website tersebut tapi memikirkan Rencana Bisnis dari website tersebut. Serta Impact atau Efek  website tersebut bagi sang pembeli. 

Babastudio akan menggunakan metode yang sama seperti ketika membangun 2 buah start up yang sukses yaitu bukukita (menjual ribuan buku perbulan) dan sekolahpintar sebuah tempat kursus online paling ramai di Indonesia saat ini.


Internet Marketing



Dengan jumlah website yang telah lebih dari 1 Milyar, maka persaingan antar website yang satu dengan yang lain menjadi amat sengit.

Website yang tidak mudah ditemukan di search engine, dengan sendirinya akan sepi dari pengunjung. Untuk itu, layanan yang saat ini amat di cari-cari adalah kemampuan Internet marketing yang di dalamnya terdiri dari banyak hal contohnya SEO (search engine optimization), SEM (Search Engine Marketing) , SMM (social media marketing). Masih ada belasan cara Internet Marketing lainnya.

Jika menginginkan website anda terkenal di dunia maya, maka jasa internet marketing atau jasa SEO ini menjadi penting. Dan biayanya pun tidak murah.

Bisa saja sebuah perusahaan Jasa SEO menawarkan Rp 4 Juta rupiah per keywordnya. 

Kenapa Bisa seperti itu? Sebuah riset terhadap 4000 pemilik Toko online dari berbagai belahan dunia, menyimpulkan bahwa penjualan terbesar yang mereka dapatkan berasal dari Search Engine. Yang berarti pemilik website tersebutwajib menggunakan 1 atau ke dua hal tekniknya. Yaitu SEO atau SEM.


Jadi berapa sih harga sebuah website itu?

Jika anda menggunakan Design template yg gratisan dan membuat sendiri menggunakan  wordpress maka biaya yang anda keluarkan per website/tahuna dalah Rp.480.000 (sudah termasuk domain dan hosting)

Tapi jika website yang anda inginkan amat rumit dan memerlukan server atau hosting yang besar bisa jadi dimulai dari 50 juta sampai ratusan juta rupiah.

Pilihan Ada di tangan Anda. Nah jika anda sudah tau peluang seperti ini dan pada saat yang sama telah menguasai teknik membuat website. Anda pasti akan dapat meraih keuntungan dari sana. Segeralah Mafaatkan Layanan FREE TRIAL online Webmaster dari babastudio.


Salam Web Master.



DATA PENERIMA VOUCHER KURSUS ONLINE DAN KONSULTASI

  
  
Loading...


24 June 2016 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+
Previous Post Strategi Marketing Bisnis Online Next Post Lowongan Kerja Dan Peluang Bisnis Bagi Web Master