Ulang Tahun Internet (WWW) Ke 25th, Mari Jaga Agar Tetap Gratis Dan Terbuka

Pada ulang tahun World Wide Web yang ke-25, tepatnya tanggal 12 Maret 1989, Sir Tim Berners-Lee membuat proposal untuk meningkatkan jalur informasi (Jaringan yang dapat menghubungkan informasi diantara mereka).
Melalui CERN, sebuah lab fisika, tidak bisa membenarkan untuk projek software seperti itu. tapi bos Sir Tim Berners-Lee yaitu Mike Sendall mengijinkan untuk membuatnya pada internal perusahaan. Pada tahun 1990, beliau membuat browser pertama dan editornya. Kemudian pada tahun 1993, setelah banyak diskusi, CERN mendeklarasikan bahwa teknologi WWW dapat dipakai oleh semua orang tanpa membayar royalti selamanya,
The first web server, used by Tim Berners-Lee. Photo via Wikipedia
 
Keputusan ini membuat puluhan ribu orang bekerja bersama-sama untuk membangun jaringan ini. Sekarang, 40% orang yang menggunakan komputer, telah terhubung melalui internet. WEB menghasilkan triliunan dollar keuntungan finansial, mengubah pendidikan dan kesehatan, serta mengaktifkan beragam kegiatan demokrasi yang lain. Dan saat ini kita hanya baru memulainya saja.
 
Bagaimana ini terjadi? Secara desain, Internet dan WWW tidak memiliki struktur hirarki, desentralisasi, dan sangat terbuka. Web dapat digunakan untuk bekerja dengan segala bentuk informasi, pada perangkat apapun, menggunakan software apapun, dan bahasa apapun. Anda dapat menghubungkan segala bentuk informasi. Anda tidak membutuhkan ijin. Yang membatasi Anda hanyalah imajinasi Anda.
 
Jadi, pada hari inilah saatnya untuk merayakan kebebasan ini. Tapi kadang-kadang, kita juga harus berpikir, berdiskusi, dan beraksi. Kunci utama masa pemerintahan dan masa depan Internet sangat tinggi, dan bicara tentang masa depan Internet sangat vital. Bagaimana kita bisa memastikan 60% pengguna lainnya dapat terkoneksi dengan cepat. Bagaimana kita dapat memastikan internet dapat mendukung seluruh bahasa dan budaya. Bagaimana kita membangun konsensus seluruh open source dan menggabungkannya menjadi suatu kesatuan. Apakah kita akan mengijinkan orang lain untuk mengemas dan membatasi pengalaman online kita, atau apakah kita melindungi kebebasan dari internet. untuk bebicara, menemukan dan menciptakan segalanya. Bagaimana kita dapat mencek dan menyeimbangkan suatu grup yang memata-matai kita. Ini adalah beberapa pertanyaan dari beliau.
 
Pada ulang tahun yang ke 25 ini, beliau mengajak kita untuk bergabung, untuk berimajinasi dan bersama-sama membangun masa depan internet dan membuat suatu standar yang dapat diterima oleh semua pihak.
 

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



13 March 2014 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Tutorial Laravel - Routing, Model, View, Controller Next Post Mari Mengenal Blade - Template Engine Untuk Laravel