Pentingnya Website Mobile Friendly


Pentingnya Website Mobile Friendly

Hasil gambar untuk mobile friendly web

Jika Anda tidak memiliki petunjuk tentang cara membuat website yang mobile friendly atau mengubah situs web yang sudah ada menjadi responsif, anda datang ke tempat yang tepat

Memiliki website yang mobile friendly adalah suatu keharusan bagi setiap blogger atau pemilik website dibelahan dunia manapun. Website mobile friendly atau ramah perangkat mobile akan secara signifikan meningkatkan traffic Anda, sehingga Anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk berkembang di antara para pesaing Anda.


Alasan Pentingnya Memiliki Website Yang Mobile Friendly

Sejak munculnya era smartphone, banyak orang lebih suka mengakses internet melalui perangkat mobile mereka karena kemudahan aksesnya dimana dapat dilakukan dimana saja dan kapanpun mereka mau.

Karenanya, memiliki website yang mobile friendly akan secara otomatis membuka pintu bagi audiens online yang lebih besar. Bahkan, 70% dari traffic yang ada di internet saat ini berasal dari ponsel atau smartphone.

Selain itu, 51% pelanggan mengatakan bahwa mereka menggunakan perangkat seluler untuk menemukan merek dan produk baru. Angka ini menunjukkan bahwa mengoptimalkan website yang mobile friendly sama baiknya dengan memperluas bisnis Anda menuju level yang lebih tinggi lagi.

Terlebih lagi 89% orang cenderung merekomendasikan suatu brand atau merek setelah mereka mengalami pengalaman internet via mobile yang positif.

Faktor lainnya ialah Google telah memperbarui sistem

Mobile Ranking untuk memberikan hasil pencarian yang lebih baik bagi pengguna ponsel.

Dengan kata lain, meskipun website anda menduduki halaman pertama pada hasil pencarian google (SERP) via desktop, hal yang sama belum tentu sama jika diakses via mobile device atau smartphone. Jadi sangat penting mengoptimalkan website anda agar lebih responsif dan mobile friendly.


Pentingnya Memiliki Website yang Responsive

Langkah awal untuk memiliki website yang mobile friendly adalah dengan membuat website yang responsive.

Website responsive adalah website yang mampu merespons secara optimal ketika pengguna mengakses halaman menggunakan perangkat seluler atau smartphone. Dengan kata lain, tampilan website dilayar smartphone akan tetap terlihat optimal, tidak terlalu besar dan kecil. Website yang responsive secara otomatis menyesuaikan tampilan website anda di berbagai ukuran layar smartphone.

Berikut ini adalah memiliki website yang responsiv

1. SEO yang Lebih baik

Desain website responsive menggunakan URL dan HTML yang sama terlepas dari perangkat yang digunakan untuk mengakses suatu halaman. Pengaturan ini memungkinkan Google untuk mengeksplorasi, mengindeks, dan mengelola konten situs dengan lebih mudah dan efisien. Akibatnya, situs web Anda akan memiliki kualitas SEO yang lebih baik.
2. Tidak Perlu Membuat Desain Baru

Website yang responsiv tidak perlu tampilan atau desain baru agar tampil optimal di perangkat seluler. Dengan kata lain, tampilan situs web Anda akan tetap sama meskipun diakses dari beberapa jenis perangkat yang berbeda.

Tanpa harus membuat dua desain website, Anda dapat menghemat banyak waktu dan energi.

3. Mudah Dikelola dan Hemat Biaya

Website responsive mudah dikelola dan dikembangkan. Semua pembaruan yang Anda buat akan muncul di setiap perangkat yang mengakses website anda, tidak ada perbedaan konten yang muncul baik di PC, laptop, maupun smartphone.

Selain itu, biaya operasional website responsive lebih efisien karena Anda tidak perlu mengembangkan website pada PC dan perangkat seluler secara terpisah.


5 Tips untuk membuat Website anda Menjadi Mobile Friendly (Responsive)

1. Bangun Website dengan Konsep Desain Mobile First

Kebanyakan orang mulai mengembangkan website ditujukan untuk device dengan layar besar seperti PC atau laptop. Meskipun hal ini tidak salah, metode ini akan menimbulkan masalah ketika Anda mencoba mengoptimalkan situs untuk perangkat mobile.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memulai membuat website dari desain ponsel. Coba buat situs web yang indah dan berfungsi optimal untuk pengguna seluler terlebih dahulu, kemudian lanjutkan ke layar yang lebih besar.

Mengoptimalkan layar yang lebih kecil, seperti smartphone atau tablet lebih sulit daripada layar yang lebih besar. Karena itu sangat direkomendasikan untuk membangun website dengan desain mobile device terlebih dahulu

Jika anda menggunakan platform seperti CMS worpress, anda bisa menginstall banyak tema responsive atau dengan menginstall plugin WP-Touch agar website anda tampil lebih mobile friendly.

Hasil gambar untuk Wp touch


2. Install Tema Website Responsive

Desain responsif secara otomatis akan membuat situs web Anda mobile-friendly. Konten yang ada diwebsite anda nantinya akan secara optimal tampil baik di versi desktop maupun perankat seluler.

Saat ini, ada banyak tema WordPress responsif yang dapat Anda coba. Banyak dari mereka yang tidak tersedia secara gratis, tetapi memiliki kinerja yang sangat baik.

Hasil gambar untuk responsive theme wordpress


3. Jaga Kecepatan Website Anda

Kecepatan suatu website sangat dipengaruhi oleh kualitas server dan hosting yang Anda gunakan. Karena itu, Anda perlu menggunakan hosting yang cepat dan dapat diandalkan jika Anda ingin membuat website yang mobile-friendly.

Yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan kecepatan situs Anda adalah membatasi jumlah konten yang membutuhkan plugin tambahan agar dapat berjalan.

Selain itu, Anda juga perlu mengoptimalkan beranda Anda untuk mempercepat situs Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan beranda Anda tidak memperlambat situs web Anda:

  • Kurangi jumlah postingan di halaman depan (batasi antara 5-10 postingan).
  • Hapus widget yang tidak perlu.
  • Uninstall plugin-plugin yang tidak diperlukan, karena terlalu banyak plugin bisa menyebabkan website anda menjadi lambat.

4. Jangan Gunakan Flash

Dalam penampilan, website flash sangat menarik karena penuh dengan animasi. Tapi untuk SEO, website flash memiliki banyak kekurangan. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk membuat website flash atau non-flash website. Anda perlu tahu resiko yang mungkin ditimbulkan dari menggunakan flash. Flash menggunakan terlalu banyak resource hardware sehingga kinerja website anda cenderung lambat

Terlebih lagi, baik Android maupun iOS tidak mendukung Flash, jadi menggunakan software ini bukanlah keputusan yang baik jika ingin membangun website yang mobile-friendly.


5. Hindari penggunaan Pop-Up Message


Pop up message adalah pesan yang biasanya tiba-tiba muncul ketika anda sedang asyik membaca sesuatu atau tiba di suatu website. Jenis pesan ini sangat mengganggu karena terlalu makan banyak tempat di layar smartphone yang kecil



Lebih buruk lagi, pop-up sulit sekali ditutup. Tombol close (X) biasanya terlalu kecil atau sulit ditemukan. Double menyebalkan jadinya.

Tanpa perlu dibahas lebih lanjut, jika anda ingin membangun website yang mobile friendly jangan pernah sekali-kali menggunakan fitur ini.



Apa kata Murid babastudio ?


Sumber : Hostinger.com



IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



19 March 2020 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post 5 Proses UX Research Yang Populer Digunakan Para Desainer Next Post Apa Itu PBN