Terapkan 4 Trik Ini Untuk Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis

Terapkan 4 Trik Ini Untuk Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis

Untuk beberapa keperluan, kita sering menggunakan laptop dibandingkan dengan komputer. Kenapa ? Karena sudah jelas kalau laptop itu lebih praktis digunakan dan mudah dibawa-bawa serta dapat digunakan tanpa harus terhubung ke jaringan listrik karena sudah ada baterai dimana baterai pada laptop digunakan untuk menyimpan sumber daya listrik. Nah, semakin lama kualitas dan kapasitas baterai mulai menurun bahkan cenderung cepat habis karena kemampuan baterai dalam menyimpan sumber daya listrik mulai berkurang. Nah, meskipun demikian Anda dapat menerapkan 4 trik yang akan saya sebutkan nanti, karena biasanya selain karena faktor umur, kemampuan baterai laptop yang tidak dapat bertahan lama juga disebabkan oleh kesalahan pengguna. 

Pengguna yang ceroboh dan tidak hati  hati akan merusak baterai yang ada pada laptop bahkan bukan hanya baterai tetapi bisa jadi komponen lainnya pada laptop. Guna mencegah kecerobohan yang berakibat pada baterai yang cepat habis, mari simak 4 trik untuk menghemat baterai laptop dibawah ini :

1.  Nonaktifkan Aplikasi Startup Yang Tidak Dibutuhkan

Menonaktifkan aplikasi startup yang tidak dibutuhkan bukan hanya mempercepat kinerja komputer tetapi juga dapat menghemat sumber daya listrik baterai. Aplikasi-aplikasi startup umumnya akan berjalan aktif dibelakang layar yang tentunya membutuhkan kinerja CPU/Processor dalam jumlah tidak sedikit.
Nah, untuk menonaktifkan aplikasi startup, silahkan buka Task Manager lalu pilih tab Startup. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin dimatikan dengan klik kanan > Disable. Setelah selesai, restart laptop Anda dan lihat perubahannya


2. Pengaturan Power Options

Anda dapat menggunakan Fitur Power Options untuk mengatur penggunaan sumber daya listrik. Untuk melihat pengaturan Power Options, buka Control Panel (View by : Large/Small Icons) > Power Options. Kemudian, Anda akan menemukan 3 pengaturan Power Options, yaitu :

Balanced, memberikan keseimbangan antara performa laptop atau komputer dengan sumber  daya listrik atau baterai.

Power Save r , menghemat daya baterai secara maksimal dan optimal sehingga mengurangi  beban penggunaan laptop yang tidak penting.

High Performance , mengutamakan performa laptop atau komputer. Dimana pengaturan ini akan  terus menunjang kinerja prosesor agar terus bekerja secara maksimal.

 

Kesimpulannya, Anda sebaiknya memilih pengaturan Power Saver agar baterai laptop tidak cepat habis.

3. Atur Brightness dan Contrast Layar

Untuk mengurangi konsumsi daya pada baterai maka Anda harus mengurangi brightness dan contrast layar. Dimana brightness dan contrast adalah pengaturan pencahayaan layar laptop. Keduanya merupakan pengaturan yang paling besar yang akan memakan sumber daya listrik baterai. Jadi semakin terang layar laptop maka akan semakin cepat habis daya listrik baterai. Oleh karena itu,  sesuaikan saja pengaturan brightness dan contrast jangan terlalu terang dan usahakan tidak merusak penglihatan Anda.

4. Usahakan Tidak Menjalankan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Membuka banyak aplikasi secara bersamaan bukan hanya dapat membuat laptop menjadi lemot tetapi juga menghabiskan banyak daya. Beberapa aplikasi startup ditambah dengan banyak aplikasi lain yang Anda buka secara bersamaan, tentunya akan menghabiskan daya baterai dengan cepat. Sebaiknya, Anda mematikan aplikasi - aplikasi yang tidak diperlukan dan juga mengubah kebiasaan yang suka membuka banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Nah, demikianlah 4 trik menghemat baterai laptop agar tidak cepat habis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

(CH)




IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



04 April 2017 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Trik Membuat Flashdisk Anda Kebal Dari Virus Next Post Ini Dia 5 Cara Shut Down Komputer Yang Dapat Anda Coba