Pengenalan Konsep Model - View - Controller

Pengenalan Konsep Model - View - Controller

Seperti kebanyakan software engineering, konsep Model - View - Controller diciptakan oleh programmer Smalltalk. Lebih tepatnya diciptakan oleh salah seorang programmer Smalltalk, yaitu Trygve Reenskaug.
Beliau memperkenalkan konsep ini pada paper yang beliau rilis tanggal 10 November 1979.
Trygve Reenskaug
  Konsep ini sekarang populer dalam pemograman lanjutan karena kemudahan dalam perawatan dan dapat digunakan oleh banyak programmer. Berikut adalah penjelasan pada tiap fungsi :

1. Model

Model merepresentasikan knowledge (pengetahuan). Model dapat berupa single object (jarang dipakai) atau terdiri dari objek-objek yang terstruktur dimana tiap objek memiliki fungsi tersendiri sesuai dengan kebutuhan. Pada framework PHP, model biasanya digunakan sebagai penghubung antara controller dengan database untuk mengambil data pada database. Hal ini merujuk pada konsep MVC dimana model digunakan sebagai representasi dari pengetahuan (database).

2. View

View merupakan representasi dari tampilan. Bagian dari konsep MVC ini digunakan sebagai pendukung Model dan Controller untuk menampilkan data yang diretrieve (ditampilkan) pada database.

3, Controller

Controller merupakan penghubung antara user dengan sistem. Controller dapat menerima input dari user dan sekaligus dapat memberikan output yang dapat digunakan oleh user. Controller juga dapat menghubungkan antara View dengan Model.
Sedikit contoh dari MVC adalah sebagai berikut :
Model = HTMLView = CSSController = Browser
MVC: HTML = ModelMVC: CSS = ViewMVC: Browser = Controller

1. Model

Model merupakan "kerangka" dari konten. Teks yang mengkomunikasikan informasi kepada user.

2. View

CSS menambahkan tampilan visual pada file HTML. Kita dapat mengganti tampilan HTML cukup dengan mengganti CSS. CSS merupakan kulit dari sistem web.

3. Controller

Browser bertanggung jawab dalam mentransformasikan dan menggabungkan baik HTML dan CSS kepada user agar dapat dinikmati dan dipakai sebagai informasi yang berguna.
Kekuatan dan simplisitas dari sebuah website dengan konsep Model - View - Controller tidak dapat diragukan lagi. Dengan mempelajari konsep MVC, proses pembuatan aplikasi akan lebih terstruktur dan dapat dirawat dengan baik.

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



04 March 2014 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Tips & Tutorial Cara Cepat Download Video Di Youtube Next Post Tutorial Laravel - Routing, Model, View, Controller