3 Tips Sederhana Optimalkan RAM Pada Komputer Anda

3 Tips Sederhana Optimalkan RAM Pada Komputer Anda

RAM ? Bagi Anda yang selalu berurusan dengan komputer ataupun laptop tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata “RAM”. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang merupakan sebuah memori utama yang biasanya digunakan untuk melakukan penyimpanan sementara pada saat komputer dihidupkan dan digunakan serta dapat diakses secara random atau acak.
Secara umum, kinerja komputer Anda berhubungan dengan kecepatan dan kapasitas RAM. Dimana jika kualitas RAM mengalami penuruna maka secara otomatis kinerja komputer atau laptop Anda akan menjadi lambat. Kapasitas RAM tentunya mempengaruhi kinerja komputer dengan begitu computer yang RAM-nya kecil tentu kinerjanya lambat (tidak maksimal). Bukan hanya kapasitas saja, kecepatan akses RAM juga mempengaruhi kinerja computer. Singkatnya, kapasitas RAM yang besar harus dibarengi dengan kecepatan akses RAM yang cepat pula.
Oleh karena itulah, Anda perlu mengoptimalkan kinerja RAM Anda agar kinerja komputer atau laptop berfungsi maksimal. Berikut dibawah ini 3 tips mengoptimalkan kinerja RAM pada komputer.

1. Menggunakan Task Manager 

Nah, salah satu cara mengoptimalkan RAM yang mudah dan simple adalah dengan menggunakan task manager. Anda dapat memantau seluruh kegiatan maupun proses yang berjalan pada komputer Anda melalui task manager. Secara umum,  hampir semua sistem operasi (windows, UNIX) melakukan pengurutan penggunaan RAM dari yang terbesar ke terkecil.

Anda dapat menutup aplikasi yang tidak diperlukan dan juga menguras RAM dengan begitu kinerja komputer Anda menjadi lebih optimal.

2. Menonaktifkan Aplikasi Startup (Disable Startup App s)

Mungkin Anda pernah mengalami loading start up komputer atau laptop yang terlalu lama. Biasanya, hal itu terjadi karena ada banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan saat Anda menghidupkan komputer atau laptop. Nah, agar loading start up dapat berjalan dengan cepat adalah dengan cara menonaktifkan aplikasi yang berjalan bersamaan saat start up namun tidak diperlukan.

Cara melakukan disable startup apps untuk pengguna Windows 8, 10 adalah dengan cara membuka jendela Task Manager kemudian membuka tab Start Up. Selain itu, untuk Windows 7 dapat melalui msconfig. Sedangkan, jika Anda pengguna Linux maka Anda dapat melihat start up secara keseluruhan melalui terminal dengan perintah :

sudo -i
cd /etc/xdg/autostart/
sudo sed --in-place 's/NoDisplay=true/NoDisplay=false/g' *.desktop

Tetapi, ingat sebelum disable start up apps, Anda harus berhati – hati menonaktifkan aplikasi karena terkadang ada aplikasi yang secara langsung berkaitan dengan sistem operasi.

3. Menggunakan Aplikasi Dari Pihak Ketiga

Selain kedua cara diatas, Anda dapat mengoptimalkan RAM pada komputer atau laptop adalah dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga (pengembang) yang sebaiknya sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak aplikasi gratis yang dapat Anda download untuk mengoptimalkan kinerja RAM, misalanya CCleaner untuk Windows, Ubuntu Tweak untuk Linux (Ubuntu) atau AVG Tune Up Utilities yang hasilnya lebih maksimal dan merupakan aplikasi berbayar. 

(CH)



NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



29 March 2017 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post 5 Aplikasi Converter Video Android Terbaik Next Post 5 Aplikasi Kompres Gambar Terbaik Tanpa Mengurangi Kualitas