7 Tips Memilih Tempat Kursus Internet Marketing

7 Tips Memilih Tempat Kursus Internet Marketing

Internet marketing, sebuah istilah yang umum kita temui di era teknologi saat ini. Kita juga bisa temui kata ini dalam lembaga pendidikan atau tempat kursus, misalnya kursus internet marketing.

Tapi jika kamu ditanya apa itu internet marketing, apa hal pertama yang kamu pikirkan?

Mungkin dalam pikiran kamu akan terlintas tentang website atau internet.

Kamu tidak salah meski kurang detail.

Digabung dengan kata marketing atau dalam Bahasa Indonesia berarti pemasaran, internet marketing merupakan suatu cara periklanan  yang dilakukan di dunia maya, internet .

Tapi beriklan di internet butuh pengetahuan lebih lanjut, tak hanya sekadar membayar spot untuk beriklan. Ini bagaikan puzzle dalam gambaran pemasaran yang jauh lebih besar.

Bagi pemilik bisnis yang baru saja terjun ke dunia maya, ini bagaikan kepingan puzzle yang harus dikelola. Di era globalisasi ini, pemanfaatan teknologi dalam berbisnis tak bisa diabaikan lagi.

Meskipun bisnis kamu hanya berskala kecil tapi melakukan pemasaran di internet amat penting untuk dikelola dengan baik. Kehadiran online dapat membantu bisnis kamu menarik prospek baru dan menghasilkan penjualan tanpa perlu bantuan orang untuk memasarkan produk perusahaan kamu.

Lalu bagaimana jika kamu belum paham sekali mengenai hal ini? Apa yang bisa kamu lakukan?

Kamu bisa mulai mempelajarinya sendiri atau mengikuti kursus internet marketing. 

Internet marketing memiliki cakupan luas. Ada beberapa jenis pemasaran yang masuk dalam ke dalam pemasaran ini. Mungkin kamu perlu menambah wawasan mengenai ini sebelum kamu melangkah lebih jauh untuk menjalani pemasaran ini.

Ada dasar-dasar dari pemasaran online ini dan kamu perlu tahu akan hal-hal ini. Mungkin hal-hal berikut ini pernah dibahas sebelumnya dan Babastudio disini hanya akan mengingatkan kembali.


Pengenalan Internet Marketing


Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) atau diartikan sebagai pemasarn mesin pencari merupakan upaya pemasaran yang dirancang untuk membantu pengguna menemukan apa yang sedang kamu jual melalui platform mesin pencari, misalnya Google.

 

Search Engine Optimization (SEO) dan platform pencarian berbayar, Google AdWords, mungkin kamu pernah mendengar keduanya? Keduanya penting dalam SEM tapi merupakan bagian yang berbeda.

SEO itu gratis. Kamu sudah punya website untuk berjualan? Tapi apakah bisa berhasil sementara website kamu minim pengunjung?

Jika demikian, kamu bisa mencoba meningkatkannya dengan melakukan SEO agar pengguna bisa menemukannya secara organik. Apa maksudnya? Pengguna bisa menemukannya saat mereka mencari sesuatu yang sesuai dengan kriteria produk kamu yang telah ditentukan sebelumnya.

Kamu perlu melakukan penelitian kata kunci yang ekstensif dan mengetahui cara menulis konten hebat yang difokuskan pada kata kunci tersebut.

Buatlah konten yang menarik agar pengunjung bisa tertarik untuk membeli produk dari situs kamu. Pemasaran yang dibangun dari konten.

Agar situs kamu ramai pengunjung, kamu juga perlu mempelajari bagaimana membangun link (tautan). Ini bagaikan membangun jaringan di masyarakat. Pastikan pula situs kamu berfungsi dengan baik agar pengguna bisa berselancar di situs kamu tanpa hambatan.

Jika situs kamu dibangun menggunakan CMS (Content Management System) WordPress, mungkin kamu ingin memasang plugin Yoast SEO. Plugin ini bisa membantu kamu untuk mengoptimalkan situs kamu.

Kalau SEO itu gratis, maka ada jalan lain yang bisa kamu pilih untuk melakukan internet marketing, yakni PPC (Pay-Per-Click).


Pay-Per-Click (PPC)

Pemasaran PPC merupakan bentuk iklan berbayar dimana pemasar membuat iklan produk mereka. Mereka mengelola iklan agar bisa ditampilkan pada audiens target, lalu membayar berdasarkan kinerja iklan.

Itu semua tergantung pada platform dan apa yang mereka pilih untuk dioptimalkan. Mereka dapat membayar untuk klik, konversi, tayangan, hingga tindakan yang diambil.

Iklan seperti ini juga ada yang berbentuk gambar atau hanya tulisan saja. Iklan ini bisa muncul saat kamu melakukan pencarian di mesin pencari. Tampilan hasil di mesin pencari ada yang organik (SEO) dan berupa iklan, biasanya dicirikan dengan adanya tulisan ‘Ads’ atau ‘iklan’.  

Misalnya jika mereka menelusuri “sepatu pria coklat” dan kamu sedang menjalankan campaign iklan untuk produk seperti itu maka ada kemungkinan iklan kamu muncul di bagian atas hasil penelusuran mereka.

Ada cukup banyak pilihan iklan jenis ini. Google AdWords (kini Google Ads), Bing Ads, Facebook Ads dan Instagram, iklan di LinkedIn, dan ada beberapa lagi. Untuk dua yang pertama disebutkan adalah iklan yang cukup sering digunakan pemasar online.

Meski tak selalu lebih unggul, tapi jika kamu ingin membuat agar produk baru yang kamu jual bisa dikenal luas maka memilih iklan bergambar bisa jadi pilihan bagus. 

Dengan visual biasanya orang akan mudah mengingat.

Kamu bisa mempelajari cara menjalankan campaign PPC ini sendiri atau kamu bisa mengikuti kursus internet marketing.


Social Media Marketing

Facebook, masih menjadi media sosial yang penggunanya paling banyak. Ini juga bisa kamu manfaatkan untuk memasang iklan. Iklan kamu bisa muncul news feed Facebook pengguna yang sesuai dengan kriteria yang telah kamu tentukan sebelumnya.

Penggunaan Facebook untuk beriklan merupakan pemasaran online yang sasaran utamanya adalah pengguna sosial media. Memang tak harus Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, atau media sosial lainnya yang membuka kesempatan untuk beriklan.

 

Ini juga bisa membantu kamu untuk membangun komunitas atas produk yang diiklankan.

Kamu bisa mengenalkan produk tidak hanya dalam satu kota, tapi bisa dalam satu negara.

Ini bisa dimanfaatkan untuk membangun kesadaran merek dan memelihara hubungan dengan pelanggan sehingga merek kamu akan terjaga dengan baik.

Jika kamu memasarkan produk secara organik di mesin pencari (SEO), ada kemungkinan akan mengalami perubahan peringkat karena adanya perubahan algortima yang rutin dilakukan mesin pencari.

Sementara jika kamu beriklan berbayar di media sosial, ini masih relatif stabil.

Kamu bisa memiliki profil bisnis di banyak platform media sosial yang kamu inginkan, tetapi akan lebih baik jika kamu mulai dari yang kecil dan meningkatkannya. 

Ini akan memudahkan pengelolaan, kecuali jika kamu merekrut seseorang untuk mengelola media sosial kamu. Pilih satu atau dua platform yang kamu yakini akan sangat bermanfaat bagi kamu dan yang memiliki audiens paling aktif, dan mulailah dari sana.

Sama seperti PPC, jika kamu bisa menggunakan sosial media seperti biasa, maka ada kemungkinan kamu juga bisa beriklan. Atau kamu juga bisa belajar di suatu tempat kursus yang menyediakan kursus internet marketing.


E-mail Marketing

Melakukan pemasaran via e-mail bagaikan mengasuh prospek dan mendorong penjualan melalui komunikasi via e-mail dengan pelanggan kamu.

Ini seperti mengingatkan pengguna bahwa produk kamu tersedia dan sedang menunggu untuk dibeli. Namun tak seperti media sosial, kamu bisa jauh lebih agresif dalam teknik penjualan karena pemasaran jenis ini akan lebih banyak berisi penawaran, pengumuman produk, dan ajakan bertindak.

 

Namun sebelumnya, pastikan kamu sudah menyimpan e-mail pengguna sebelum mereka berlangganan atau ketika baru membeli produk atau mendaftar.

Bagaimana agar bisa mendorong pendaftaran?

Kamu bisa gunakan cara-cara yang mengikat seperti mengiming-imingi diskon besar atau lainnya.

Untuk melakukan pemasaran e-mail, kamu tak perlu mengirim satu per satu e-mail ke pelanggan kamu. Bagaimana ini mungkin bisa dilakukan jika kamu punya ratusan pelanggan? Sangat tak efektif.

Kamu bisa menggunakan layanan manajemen e-mail, seperti MailChimp yang memungkinkan kamu untuk menjawab jawaban otomatis atau mengirim campaign e-mail ucapan selamat datang yang telah dibuat sebelumnya. E-mail ini dikirimkan setelah mereka berlangganan.


Content Marketing

Pemasaran konten merupakan penggunaan konten yang dipublikasikan secara online untuk menarik prospek dan membangun kepercayaan dengan menawarkan solusi. Untuk melakukan ini kamu bisa:

  • Posting blog yang dipublikasikan di situs kamu
  • Guest post yang kamu tulis untuk situs lain, lalu menautkan kembali ke situs kamu
  • Membuat e-book atau lainnya untuk menarik pengguna
  • Infografis atau video yang dapat dibagikan di berbagai saluran sosial 
Pemasaran konten harus dijalankan dengan tujuan jelas dan itu harus digunakan bersamaan dengan optimisasi mesin pencari, SEO. Kamu perlu merencanakan untuk membuat konten secara teratur, atau kamu bisa kehilangan sebagian besar momentum pemasaran dengan cepat.

Online Network

Sama seperti membangun hubungan di dunia nyata, kamu juga perlu membangun hubungan di dunia maya. Ini bisa memajukan bisnis yang kamu miliki jika kamu jalankan dengan benar.

Kamu bisa ajak teman-temanmu atau rekan-rekan seprofesi untuk berkolaborasi atau bermitra untuk sebuah proyek. Kamu juga bisa mengajak audiens target kamu untuk memberikan nilai atas sesuatu yang kamu bagikan ke mereka. Tentunya sesuatu yang bermanfaat bagi mereka.

Apapun itu, ini adalah jenis pemasaran yang murni membangun hubungan dan tidak menjual secara langsung.

Ada cukup banyak tempat untuk membangun komunitas online, diantaranya, grup Facebook, grup LinkedIn, forum-forum industri, hingga forum tanya-jawab, seperti Quora.
Jika kamu sedang menimba ilmu di tempat kursus, kamu juga mencarinya di sana. Khususnya yang sedang kursus internet marketing. Karena kamu bisa mengaplikasikan ilmu sekaligus membangun komunitas.
Terlepas dari cara apa yang kamu pilih, membangun jaringan itu adalah cara yang bagus untuk mengembangkan bisnis dimana sering kali gratis.
Lalu darimana kamu bisa memulai internet marketing?

Memulai Internet Marketing


Hal pertama yang perlu kamu lakukan tentunya adalah membuat situs web yang kuat dan dirancang dengan baik. Jika kamu bisa mengerjakannya sendiri, itu bagus, namun jika merasa belum mampu, kamu bisa memperkerjakan seorang ahli untuk melakukannya.
Setelah situs web beroperasi, kamu bisa memulai melakukan optimisasi. Pilihlah keyword (kata kunci) yang bisa membantu situs kamu mendapatkan peringkat yang baik di search engine (mesin pencari/telusur).
Ini merupakan hal mendasar dari pendekatan pemasaran internet.
Setelah itu kamu bisa menjalankan hal-hal yang telah Babastudio sebutkan di pengenalan di atas.
Misalnya ketika orang mulai berdatangan ke situs kamu, mintalah mereka mendaftar dengan cara memasukkan e-mail. Tentunya dengan iming-iming hal yang menarik untuk mereka, misalnya harga diskon.
Kamu juga perlu membangun komunitas di sosial media agar kamu bisa memberikan informasi tentang bisnis kamu hingga komitmen jangka panjang berkaitan dengan bisnis kamu, misalnya pemantaun dan pembaruan secara berkala.
Semua itu untuk perkembangan bisnis kamu ke depannya.
Apakah hanya dengan SEO dan komunitas media sosial saja? Tidak.
Kamu juga bisa menampilkan iklan bisnis kamu di mesin pencari atau di media sosial. Pada tulisan di atas disebutkan kalau iklan ini adalah bentuk pemasaran PPC.
Meski kamu harus mengeluarkan biaya tapi ini bisa memperluas jangkauan dengan cepat dan efisien.
Terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan memberikan konten yang informatif dan bisa memecahkan masalah pengguna bila memanfaatkan apa yang ditawarkan oleh bisnis kamu.
Itulah yang perlu kamu lakukan saat memutuskan untuk melakukan pemasaran melalui internet.
Itu semua bisa dilakukan jika kamu sudah memahami mengenai internet marketing. Tapi bagaimana jika kamu masih belum paham?
Mudah. Kamu hanya perlu kursus di tempat kursus yang menyediakan materi internet marketing. Karena internet itu bagian dari teknologi komputer, maka ada tempat kursus komputer yang menyediakan materi mengenai ini, meski tak selalu.
Saat ini tempat kursus yang menyediakan materi mengenai ini mungkin sudah banyak, tapi bagaimana memilih yang bagus diantara mereka?
Berikut ini tips-tipsnya dalam memilih tempat kursus komputer yang bagus.

Berapa banyak jenis keterampilan yang tersedia?

Di era serba teknologi ini, penggunaan komputer tak bisa diabaikan lagi. Komputer mempermudah kita menyelesaikan pekerjaan atau dengan kata lain komputer membantu kehidupan kita.
Beberapa contoh bidang komputer antara lain desainer, web development, jaringan komputer, programmer, marketing, dan lain-lain. Khusus untuk bagian marketing, yang dimaksud disini adalah marketing yang memanfaatkan teknologi komputer.
Apalagi kalau bukan internet marketing.
Jika kamu ingin belajar bidang itu maka kamu bisa memilih tempat kursus yang membuka kelas bidang internet marketing. Jangan lupakan untu mempertimbangkan apakah di tempat kursus itu memiliki staf pengajar yang profesional di bidang terkait.

Apakah tempat kursus diisi tenaga pengajar berpengalaman?
Ini menjadi sebuah keharusan jika kamu ingin sukses dalam belajar internet marketing. Sebuah tempat kursus yang bagus tentunya memiliki tenaga pengajar yang berpengalaman.
Karena ini sangat penting untuk murid yang baru mengenal materi tentang ini, terlebih bagi mereka yang baru mengenal komputer.
Tenaga pengajar berpengalaman tentu sudah memiliki jam mengajar yang cukup banyak sehingga jika nanti ada pertanyaan dari murid yang belum memahami materi, maka ia akan membantu memberi jawaban. 
Disiplin ilmu adalah hal yang harus dimiliki oleh tenaga pengajar profesional. Kamu bisa mencoba bertanya seputar profil dan pengalaman para tenaga pengajar yang disediakan oleh lembaga kursus.
Misalnya, jika kamu memilih kursus internet marketing maka kamu harus pastikan kalau tenaga pengajar punya keterampilan luar biasa di bidang itu karena bidang internet marketing itu luas.

Apakah materi yang diberikan lengkap?
Tanpa materi tak akan ada pembelajaran. Jika internet marketing adalah bidang yang ingin kamu dalami maka pilihlah tempat kursus yang punya materi pengajaran yang lengkap mengenai internet marketing.
Misalnya, kelengkapan materi tentang SEO, internet marketing, media sosial, dan lain-lain.
Sebelum kamu mendaftar, kamu sebaiknya bertanya dahulu apakah mereka menyediakan modul, ebook, buku, atau materi apapun yang bisa memudahkan murid untuk belajar yang bisa memudahkan kamu untuk memahami materi.
Namun jika kamu malu bertanya, meski sebaiknya tidak, kamu bisa mencari referensi dari pihak lain mengenai tempat kursus yang kamu incar, khususnya kursus internet marketing.

Apa portofolio yang dihasilkan dan bagaimana reputasi tempat kursus itu?
Ini juga penting. Apa yang bisa disajikan oleh murid setelah menyelesaikan kursus? Apa yang bisa dibuat oleh murid itu?
Kamu bisa mengamati dan melihat portfolio para murid yang telah menyelesaikan pendidikan di tempat kursus itu. Kamu juga perlu membaca testimoni dari mereka yang sudah pernah belajar di sana.
Misalnya, testimoni murid tentang keberhasilan mereka membangun situs e-commerce.
Dengan adanya reputasi yang jelas, keraguan kamu akan tempat kursus yang kamu incar akan berkurang. Apalagi jika kamu mengincar materi yang bermanfaat untuk pekerjaan.
Lalu kamu bisa bertanya langsung ke tempat kursus itu atau mencari di internet apakah murid akan mendapatkan sertifikat setelah selesai.

Apakah jadwal yang tersedia fleksibel?
Tak jarang, orang yang mengikuti kursus adalah orang-orang yang telah bekerja dan memiliki kesibukan. Tempat kursus yang menyediakan jadwal fleksibel akan sangat membantu peserta didik yang kesulitan menyesuaikan jadwal dengan kesibukannya. 
Dengan memilih tempat kursus yang menyediakan waktu belajar fleksibel akan membuat peserta didik merasa nyaman. Tapi tidak semua tempat kursus memiliki jadwal yang fleksibel. 
Maka paastikan kamu mencari informasi dulu sebelum memilih tempat kursus. Kamu bisa mencarinya melalui internet atau melalui teman kamu.

Apakah mereka menjamin penguasaan materi dengan mudah?
Bagaimana jika setelah kamu selesai kursus ternyata semua materi yang diberikan tak kamu pahami? Sia-sia bukan?
Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan dari testimoni para murid yang telah selesai belajar di sana, apakah mereka bisa memahami materi ajar dengan mudah?
Misalnya, materi tentang internet marketing itu banyak, ada SEO, media sosial, dan lain-lain, apakah semuanya itu bisa dengan mudah dipahami oleh murid?
Meski semua orang punya tingkat pemahaman yang berbeda-beda tapi jika sebagian besar testimoni itu positif maka kamu tak perlu ragu lagi memilih tempat kursus itu.
Bahkan, ada tempat kursus yang memberi jaminan uang kembali jika peserta tak bisa menguasai materi. 

Dimana lokasi belajarnya?
Jika tempat tinggal kamu jauh dari lokasi kursus, apakah kamu akan kesulitan menuju ke sana?
Apakah tersedia fasilitas angkutan umum yang mudah dijangkau untuk menuju ke sana, bila murid tak punya kendaraan pribadi?
Ini juga perlu kamu pertimbangkan dalam memilih tempat kursus. Jangan sampai kamu malah lelah di jalan hanya gara-gara lokasi tempat kursus yang “terpencil”.

Itulah ketujuh tips bagaimana agar kamu bisa memilih tempat kursus internet marketing dengan tepat.
Mungkin dari ketujuh tips itu tak bisa semuanya dipenuhi tapi setidaknya ada beberapa poin yang bisa pegang untuk dijadikan acuan dalam memilih.
Namun jika kamu masih bingung, kenapa tidak memilih tempat kursus ini.

Babastudio, tempat kursus yang telah berdiri cukup lama dan sudah meraih berbagai penghargaan bergengsi.
Ada banyak pilihan bidang yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Salah satunya internet marketing.

Di sini kamu bisa belajar internet marketing dengan baik karena materi yang lengkap dan dibawah bimbingan tenaga pengajar berpengalaman di bidangnya.

Dan ada kelebihannya jika kamu ikut kursus internet marketing. Apa itu?
Dengan ikut kursus internet marketing di Babastudio, kamu bisa mendapatkan website marketplace dari dePLAZA dengan penawaran menarik. Jadi setelah selesai belajar internet marketing di Babastudio, kamu bisa mengaplikasikan ilmu kamu di website itu.
Apa itu dePLAZA?
Deplaza adalah sebuah marketplace yang menyediakan berbagai pilihan produk, mulai dari elektronik, pakaian, makanan dan minuman, hingga kebutuhan rumah tangga. 
Kamu bisa berinvestasi di Deplaza dan kamu akan mendapatkan sebuah website marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Zalora dll. Keren bukan?!
Lalu bagaimana dengan pengiriman barang dan customer service?
Tenang, semuanya sudah disediakan oleh dePLAZA. Yang perlu kamu lakukan adalah mempromosikannya di dunia maya. Dengan kata lain kamu perlu menguasai internet marketing.
Menarik bukan?
Ayo tunggu apalagi, daftar kursus internet marketing di Babastudio dan dapatkan kesempatan emas ini. 



NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



12 January 2019 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post 12 Langkah Cara Membuat Website Sederhana Menggunakan HTML Next Post 6 Langkah Cara Membuat Website Gratis Dengan Wordpress