8 Tips Agar Baterai Laptop Kamu Tetap Awet

Kita semua tahu kalau baterai adalah salah satu bagian terpenting dari laptop karena merupakan sumber daya utama yang dibutuhkan ketika kita menggunakan laptop. Oleh karena itulah, penting bagi kita untuk merawat baterai laptop agar tahan lama karena kita juga sama-sama tahu kalua baterai laptop itu memiliki masa masa dimana kualitas nya akan berkurang seiring lamanya pemakaian. Bahkan, penurunan kualitas baterai dapat terjadi secara cepat dimana baterai cepat habis dayanya atau cepat drop. Hal itu terjadi karena pola pemakaian yang salah yang bisa memperpendek umur baterai. Hal itu tentu saja, akan mengganggu aktivitas kita dan jika kondisi semakin parah dan baterai sudah tidak bisa digunakan lagi, kita malah harus membeli yang baru dan harga baterai itupun tidaklah murah. Untuk itulah, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana caranya agar baterai bisa tahan lama dan tidak cepat habis. Berikut adalah tips agar baterai laptop kamu tetap awet :


1. Hindari Daya Baterai Hingga 0%

Penggunaan laptop hingga baterai kosong dapat meningkatkan wear lever (kehausan) pada baterai sehingga memperpendek umur dari baterai. Jika sudah ada peringatan battery low, langsung charger laptop agar tidak mati tiba-tiba.


2. Atur Pencerahan Layar dan Aktifkan Mode Hemat Daya

Kita harus mengatur kecerahan layar monitor agar tidak terlalu terang karena dapat banyak memakai daya yang berlebihan begitu pula dengan screensaver. Kita juga sebaiknya mengaktifkan mode hemat daya pada laptop agar secara otomatis mengatur penggunaan daya secara efisien.    


3. Jangan Menggunakan Laptop Berlebihan 

Jangan terlalu lama menggunakan laptop Anda untuk aktivitas yang berlebihan apalagi untuk hal yang berat dan dalam kurun waktu yang lama seperti bermain game, grafis, editing, dan sebagainya. Karena akan membuat baterai menjadi panas dan mengurangi kapasitas penyimpanan baterai.


4. Jangan Biarkan Laptop Tidak Digunakan Dalam Waktu Yang Lama

Laptop harus sering digunakan karena jika laptop tidak digunakan berminggu-minggu bahkan sampai lebih dari sebulan maka akan mengurangi kapasitas penyimpanan pada baterai. Oleh karena itu, jika laptopn tidak digunakan dalam waktu yang lama, lebih baik baterai dilepas dan disimpan.


5. Keluarkan kaset 

Jangan lupa untuk mengeluarkan kaset dari drive disc sesaat sebelum mematikan laptop. Karena disc akan terus bergerak menghabiskan daya baterai meskipun laptop dalam keadaan mati.


6. Jangan Biarkan Baterai Menjadi Overheat 

Untuk menghindari baterai laptop menjadi overheat, jangan letakkan laptop di tempat yang sirkulasi udaranya buruk seperti kasur ataupun bantal, letakkanlah di tempat yang sirkulasi udaranya normal. Kemudian untuk mendinginkan laptop dapat digunakan pula kipas agar baterai tidak overheat.


7. Hindari Penggunaan Saat Pengisian Daya 

Sebaiknya tidak menggunakan laptop saat pengisian berlangsung. Hal yang mempercepat umur baterai adalah penggunaan laptop saat dicharger untuk hal-hal yang berat seperti bermain game, menonton, editing, grafis, dan sebagainya.


8. Periksa Wear Level

Senantiasa memeriksa wear level yang menunjukan daya haus laptop, semakin tinggi wear level menunjukkan kondisi baterai yang buruk misalnya diatas 50. Untuk melihat wear level dapat menggunakan aplikasi BatteryCare ataupun yang lain. Untuk mengurangi wear level dapat melakukan kalibrasi.


( Viana )


DATA PENERIMA VOUCHER KURSUS ONLINE DAN KONSULTASI

  
  
Loading...



Komentar