Apa Itu Kalibrasi Laptop Dan Bagaimana Cara Melakukannya ?

Apa Itu Kalibrasi Laptop Dan Bagaimana Cara Melakukannya ?

Anda mungkin pernah mendengar tentang kalibrasi laptop atau Anda mungkin bahkan pernah disarankan melakukan kalibrasi laptop.

Tapi, tahukah Anda apakah kalibrasi laptop itu ?

Apa Itu Kalibrasi Laptop ?

Kalibrasi adalah suatu cara untuk mengakurasikan laporan pengukuran kapasitas baterai agar dapat menunjukkan kapasitas yang sebenarnya. Seiring berjalannya waktu, alat pengukur kapasitas baterai semakin tidak akurat ditambah lagi penggunaan yang ceroboh sebagai contoh baterai tinggal 40% tetapi waktu bertahannya masih 2 jam atau Anda baru charger laptop 100% tetapi habis dalam waktu kurang dari 1 jam. Dengan melakukan kalibrasi,

Anda akan cepat mengantisipasi kerusakan baterai yang lebih parah karena telah mengetahui kapasitas yang sebenarnya dan juga Anda tidak akan kaget kalau tiba-tiba daya laptop Anda bermasalah setidaknya Anda dapat menanganinya. Jika daya laptop Anda hanya mampu bertahan sampai 1 jam saja dan sesuai dengan hasil pengukuran kapasitas baterai, setidaknya Anda akan berusaha mencari solusi agar kondisinya tidak semakin parah dan dapat meminimalkan kerusakan.

Seperti yang sering dianjurkan, ketika baterai sudah 40% sebaiknya dicharger dan tidak mencharger laptop sampai 100%, sebaiknya cukup 80% saja. Hal yang perlu diingat adalah kalibrasi laptop tidak digunakan untuk mengurangi wear level tetapi hanya untuk membuat pengukuran kapasitas baterai lebih akurat saja.

Bagaimana Cara Melakukan Kalibrasi ? 

Adapun langkah-langkah dalam melakukan kalibrasi adalah sebagai berikut.
1. Chargerlah laptop Anda sampai 100%.
2. Setelah baterai Anda full, biarkanlah laptop Anda dalam keadaan masih dicharger selama 2 jam. Selama masa ini, Anda dapat menggunakan laptop Anda seperti biasa.
3. Kemudian cabut charger Anda dari laptop,selanjutnya aturlah laptop Anda untuk hibernasi otomatis 5%. Lihatlah petunjuk yang tergambar di gambar bawah ini.

4. Biarkanlah laptop Anda hibernasi dengan sendirinya. Selama masa ini, Anda dapat menggunakan  laptop Anda seperti biasa.
5. Setelah laptop Anda mati, biarkan laptop Anda dalam keadaan mati selama 5 jam atau lebih.
6. Setelah menunggu sampai 5 jam atau lebih, lanjutkan dengan mencharger laptop Anda sampai terisi penuh 100%. Selama masa ini, Anda dapat menggunakan laptop Anda seperti biasa.Memang wear level baterai tidak bisa diturunakan tetapi dapat kita meminimalkan wear tersebut salah satunya menggunakan BatteryCare . Umumnya baterai baru yang belum pernah dikalibrasi, tingkat wear levelnya lebih rendah. Peningkatan wear level terjadi karena kecenderungan baterai degradasi dari waktu ke waktu dan penggunaannya.

(uli)




IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



18 October 2016 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post 5 Manfaat Dropbox Yang Dapat Kamu Coba Next Post Inilah 8 Trik Pencarian Di Youtube Untuk Anda