Bagaimana Cara Memanajemen Penyimpanan File Di Komputer Dengan Baik ?

Bagaimana Cara Memanajemen Penyimpanan File Di Komputer Dengan Baik ?

Jika peletakan dan penyimpanan file Anda berantakan, bukankah hal itu akan menyulitkan diri Anda sendiri ? Tentunya, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu mencari file yang Anda inginkan dalam kondisi yang berantakan. Untuk itulah penting bagi Anda mengatur tata letak file-file Anda agar tersusun rapid an mudah ditemukan. Berikut saya bagikan tips dalam memanajemen file di laptop / komputer Anda dengan baik.
1. Jangan Menunda Untuk Menyimpan File Anda di Tempat yang Seharusnya
Kebanyakan orang menunda untuk segera menyimpan filenya di tempat yang seharusnya, malah kita sering mengatakan “Nanti saja dirapikannya, simpan disini aja dulu biar cepat”. Alhasil, kita lupa dan file kita pun berserakan bahkan tidak jarang kita menyimpan file di desktop dengan asumsi agar cepat ditemukan namun membuat desktop kita penuh dan membuat kita sulit menemukan file tersebut dikarenakan terlalu banyaknya file.  Prioritaskanlah kerapian dan keteraturan penyimpanan file sebelum menyimpan file karena jika kita terus menunda-nunda dan file yang berserakan sudah menumpuk maka kemalasan pun melanda dan terus begitu.

2. Gunakan folder 

Simpan file Anda didalam folder, agar lebih terorganisir. Kelompokkan file-file Anda dan beri nama pada folder sesuai pengelompokkannya. Buatlah sub-sub folder agar lebih detail, jelas dan rapi. Berikan penamaan folder dan sub-sub folder agar lebih jelas dan detail. Untuk membantu keperluan Anda, Anda bisa mengkategorikan folder dan file Anda baik berdasarkan nama, tanggal, ukuran, tipe dan sebagainya.
3. Aturlah Letak Penyimpanan File Download
Sebaiknya Anda mengatur browser agar mengirimkan konfirmasi saat akan menyimpan file yang didownload agar dapat menentukan di folder mana, file akan disimpan. Hal ini akan membuat semua file download tidak tertumpuk pada satu folder. Cara Pengaturannya di Firefox adalah klik Alat > Pengaturan > Umum > Unduhan > Selalu tanyakan lokasi penyimpanan berkas (ditandai).
4. Menghapus File Yang Tidak Penting
Anda sebaiknya tidak menunda untuk menghapus file yang tidak penting agar tersedia lebih banyak space kosong di diskdrive Anda dan Anda pun pada akhirnya Anda lupa menghapusnya sehingga banyak file yang tidak penting mengisi memori.
5. Mengganti Ikon Folder
Jika bisa, Ada sebaiknya mengganti ikon folder Anda dengan ikon yang menggambarkan kategori dari folder Anda tersebut sehingga Anda lebih mudah mengenali folder tersebut.
6. Lakukan Backup Data
Untuk file-file penting, sebaiknya Anda melakukan backup file agar terhidar dari masalah kerusakan ataupun kehilangan data. Anda bisa memindahkannya ke folder lain, upload ke internet sepeti google drive, cloud, dan sebagainya.

(uli)

       


NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



13 October 2016 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Trik Windows 10 Yang Perlu Kamu Ketahui Next Post 3 Cara Agar Membuat Website Mudah Dibaca