Cara Memberikan Efek Sablon Pada Foto

Cara Memberikan Efek Sablon Pada Foto

Bagi anda yang hidup pada waktu dimana desain kaos dicetak dengan cara sablon manual, anda mungkin merindukan desain seperti itu. Sablon manual memang terkesan kuno, tapi memang bisa diakui bahwa hasil sablon bisa dibilang lebih terkesan "ringan" dan minimalis dibandingkan dengan hasil cetak kaos saat ini yang menggunakan mesin. Bila anda ingin menghidupkan kembali kenangan itu dan mendesain gambar sablon anda sendiri, silahkan ikuti tutorial berikut ini. 

Seperti biasa, siapkan foto yang akan dijadikan desain anda. Pada tutorial kali ini, kita akan menggunakan foto harimau untuk dijadikan desain sablon.

Langkah 1.Buka foto tersebut menggunakan photoshop dan lakukan seleksi pada kepala harimau dengan menggunakan lasso tool. Copy bagian yang telah anda seleksi.
 screen-print-img-2 
 Buat dokumen baru dan paste bagian yang telah anda seleksi tadi ke dokumen baru tersebut.
 screen-print-img-3 
Langkah 2.Sekarang mari membuat foto tersebut agak kasar sehingga terlihat seperti hasil cetak dari mesin fotokopi lama. Lakukan desaturasi pada gambar dengan memencet ctrl+shift+u. Lalu pilih menu filter > noise > add noise. Disarankan menggunakan noise sebesar 55%.screen-print-img-4 

Selanjutnya, tambahkan gaussian blur dengan menu filter > blur > gaussian blur dengan pengaturan radius sekitar 3.
 screen-print-img-5 

Selanjutnya kita akan menggunakan fitur smart sharpen dengan menu filter > sharpen > smart sharpen untuk menambahkan efek yang lebih kasar pada gambar.
 screen-print-img-6 

Langkah 3.Untuk langkah terakhir, kita harus membuat gambar menjadi murni hitam putih dengan mengubah ke mode grayscale melalui menu image > mode > grayscale. Anda bisa memilih opsi flatten image jika ada. Lalu kita akan merubahnya menjadi mode bitmap melalui menu image > mode > bitmap. Pilih 720 dpi untuk output dan halftone screen untuk method. Untuk halftone screen, anda bisa menggunakan pengaturan sebagai berikut.
 screen-print-img-7 

Setelah semua selesai, anda bisa kembali ke mode grayscale, lalu kembali ke mode RGB. Dengan demikian, selesai sudah desain gambar sablon anda. Untuk penggunaan, anda bisa mencetaknya di kaos polos anda.
 screen-print-img-11

Bagaimana? Mudah bukan? Anda bisa mempelajari banyak sekali tentang Desain Grafis yang bisa Anda buat sesuai dengan ekspetasi dan keinginan Anda. Banyak cara untuk bisa mempelajari dan mengetahui bagaimana cara belajar desain grafis salah satunya dengan mengikuti Kursus Desain Grafis di babastudio.com yang sudah menghasil lebih dari 21.000 alumni dengan bukti yang nyata. Berminat? Bisa kunjungi link berikut ini Kursus Desain Grafis.

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



13 February 2014 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Cara Memasang Plugin Supercache Pada Wordpress Next Post Contoh Parallax Dengan Web Design