Cara Mudah Membuat Kop Surat Di Microsoft Word

Cara Mudah Membuat Kop Surat Di Microsoft Word

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan kegiatan surat – menyurat khususnya yang bersifat resmi tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah “kop surat”. Nah, kalau menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), kop surat merupakan bagian atas surat yang berisikan keterangan tentang nama, alamat dan nomor telepon suatu kantor, lembaga resmi pemerintahan, badan usaha dan lain sebagainya.
Dengan menggunakan Microsoft Word, Anda bisa membuat kop surat. Penasaran, bagaimana caranya ? Caranya gampang sekali, untuk lebih jelasnya mari simak langkah – langkah pembuatan kop surat dibawah ini.

1.Pertama, buka aplikasi Microsoft word sobat dan buat lembar kerja baru. Disini, saya menggunakan Microsot Word 2013.
2.Nah, agar nanti kop suratnya rapi, Anda bisa menggunakan tabel jadi kop suratnya mudah untuk dipindahkan dan diatur.

3.Sekarang, tulislah nama lembaga, alamat, nomor telepon dengan menggunakan perataan tengah (text align : text) seperti pada contoh gambar dibawah ini.

4.Kemudian untuk meletakkan logo yang sudah Anda siapkan, blok dulu tempat logo akan diletakkan seperti gambar dibawah ini. Kemudian, pada tab Layout, pilih Merge Cells untuk menggabungkan sel. 

5.Letakkan logo pada tempat yang sudah disiapkan. Anda bisa mengubah posisi gambar pada tabel dengan menggunakan pengaturan alignment pada tab layout.

6.Kemudian untuk menghilangkan border pada tabel. Pada tab design, di bagian table styles seperti gambar dibawah ini, klik Clear.

7 Maka akan menjadi seperti gambar dibawah ini. Tambahkan garis dibawah kop sebuah garis, caranya pada tab Insert, pilih Shapes > Line.

8. Nah, untuk mengatur ketebalan garis, klik gambar garis tersebut kemudian pilih tab format, di bagian Shape Styles, pilih Shape Outline > Weight > pilih ukuran


9.Hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah ini

Mudah bukan cara membuat kop surat di Microsoft Word, ditambah lagi dengan menggunakan tabel yang membuat pengaturan tata letak konten menjadi lebih mudah dan rapi. Sampai disini saja pembahasan untuk cara membuat kop surat, semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

(CH)




IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



13 April 2017 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Cara Mengecek, Menonaktifkan, Dan Mengaktifkan System Restore Windows 10 Next Post 5 Rekomendasi Cara Membuat Logo Online Dengan Mudah