Cara Paling Mudah & Lengkap Membuat Iklan Instagram

Cara Paling Mudah & Lengkap Membuat Iklan Instagram

Cara beriklan di Instagram merupakan salah satu langkah atau cara untuk mempromosikan usaha online Anda, sekaligus dapat mengenalkan nama brand Anda dengan tujuan dapat mencapai audience yang lebih luas dan tertarget. 

Perlu diingat bahwa Instagram merupakan platform visual, sehingga iklan dengan menggunakan teks bukan pilihan terbaik untuk di iklankan di ads ini. Foto dan video lah merupakan pilihan terbaik untuk beriklan di Instagram yang mampu menarik audience di platform ini.

Lebih dari 1 juta pengguna diseluruh dunia telah menggunakan Instagram sebagai platform unggah foto dan video. Dan 60% orang mengaku bahwa mereka menemukan produk baru melalui instagram, 75% pengguna Instagram mengambil tindakan setelah terinspirasi oleh kiriman, 70% tayangan video cerita diputar dengan menggunakan suara.

Adapun manfaat yang bisa kiat dapat dari pemasangan Instagram ads ini adalah : Brand Exposure, Traffic Website, dan Mengumpulkan Leads Baru.

Sama seperti Facebook Ads, cara beriklan di Instagram tidak memakan banyak biaya. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi budget yang Anda miliki. Meskipun minim budget Anda masih bisa tetap menaikan exposure untuk brand Anda. Bukan hanya itu, di Instagram ads Anda juga bisa mengontrol siapa saja yang bisa melihat postingan Anda.

Langsung saja kalau begitu, berikut ini langkah-langkah cara beriklan di Instagram dengan tepat dan mudah.

1. Untuk bisa memulai beriklan, konversikan akun Instagram Anda ke profil Bisnis jika akun Anda masih pribadi.

2. Hubungkan halaman akun facebook Anda ke instagram dan pastikan Anda menjadi admin

3. Menerima kebijakan yang dibuat oleh Facebook

4. Setelah itu pergi ke profile instagram Anda, upload atau pilih foto yang akan Anda promosikan

5. Klik Promote/Promosi dibagian kanan bawah dari foto yang akan dipromosikan


6. Selanjutnya Anda akan dibawa kehalaman untuk memilih tujuan Anda beriklan, Anda bisa memilih target tujuan hasil yang diinginkan.


  • More Profile Visitis : untuk mengarahkan audience mengunjungi profile instgram Anda.
  • More Website Traffic : untuk mengarahkan audience mengunjungi website Anda
  • More Promotion Views

7. Setelah Anda memilih target tujuan dari beriklan, Anda akan dibawa kehalaman website untuk memasukan alamat website destinasi jika Anda memilih More Profile Traffic , atau memasukkan profil bisnis Anda jika Anda memilih More Profile Visits.

Jika Anda belum memiliki website, Anda bisa mengikuti tautan berikut ini Cara Membuat Website Langkah demi Langkah.

8. Jika Anda memilih More Profile Traffic, Anda akan diberi pilihan kata yang akan ditampilkan di iklan promosi Anda, seperti dibawah ini.


Setelah Anda me-setting tujuan beriklan, sekarang saatnya untuk menentukan Target Audience.

9. Klik automatic di kolom atau halaman audience.

10. Dihalaman ini Anda bisa menargetkan audience berdasarkan lokasi, minta, umur dan jenis kelamin.


11. Untuk me- setting budget Anda bisa klik di kolom yang berisi target Audience. Lihat gambar dibawah.


12. Atur budget Anda sesuai dengan perkiraan yang telah Anda tentukan dalam satu hari, dan atur berapa lama iklan Anda akan dijalankan.


Kemudian klik next tanda pandah ke kanan pada bagian atas

13. Sebelum Anda melanjutkan ke pembayaran, Anda bisa lihat Preview Promotion terlebih dahulu untuk memastikan settingan target dan audience telah benar. Jika sudah selesai klik "Create Promotion" untuk diriview oleh instagram dan diiklan kan.


14. Setelah post Anda di iklankan, Anda bisa melihat hasil periklan dengan meng-klik postingan yang Anda iklankan.
15. Kemudian klik "View Insights" pada pojok kiri bawah foto postingan.
16. Di dalam Insights ini Anda bisa melihat hasil dari promosi Anda, mulai dari lokasi, umur dan gender sesuai dengan audience yang telah Anda targetkan.


Dan itulah cara beriklan di instagram dengan mudah dan cepat tanpa perlu ribet.

[Study Kasus] Sudah beriklan tapi merasa kurang maksimal?

Terus apa yang salah dari iklannya? Padahal iklannya sudah bagus.
Ketidakmaksimalan bukan datang hanya dari iklan yang dijalannkan saja. Penyebabnya bisa datang dari halaman Instagram Anda sendiri. Coba cek akun Instagram Anda, apa Anda sudah memberikan content dan informasi bagus dan maksimal? Perhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Bangun Kesan Utama dengan Kepercayaan

Disini Anda dituntut untuk bisa membangun rasa kepercayaan pengunjung saat mendatangi halaman Instagram Anda. Kenapa demikian? Karena rasa “Takut Ditipu” inilah yang membuat para konsumen online harus pintar-pintar memilih toko online, dimana mereka akan memilih toko online yang mampu memberikan rasa percaya ke mereka ketika melihat atau pertama kali mengunjungi halaman Instagram Anda.
Lalu bagaimana cara memberikan kesan percaya?
Anda bisa lakukan dengan dua hal ini :
1. Content dan Foto Produk
Bagaiman membuat content deskripsi dari produk yang akan dijual?
Berikanlah content deskripsi dengan lengkap mengenai produk yang Anda jual dan tidak Cuma hanya memperbanyak hastag. 

Bagimana dengan fotonya?
Perlu diingat foto produk sangat mempengaruhi ketertarikan audience untuk mengenal produk Anda sampai ingin membeli produk yang Anda iklan kan. Foto produk yang bagus dan banyak disukai oleh audience adalah foto yang original bukan copyright, foto yang professional, dan foto yang detail. Seperti dibawah ini contohnya.

Jangan pernah coba-coba Anda mengambil foto dari akun lain tanpa seizinnya, karena Anda bisa terkena disclaimmer dan jika hal ini terjadi bisa berefek sangat buruk pada usaha online Anda.

Tapi saya tidak punya waktu untuk memfoto produk/atau saya tidak bisa menghasilkan foto bagus?
Tidak! Anda bisa melakukannya. Anda bisa memfoto produk Anda seminggu sekali dengan men-stock foto untuk selama satu minggu ke depan. Anda bisa melakukan sesi foto di waktu libur atau waktu kosong Anda.

Saya tidak bisa menghasilkan foto bagus karena saya tidak punya kamera atau kamera hp saya tidak bagus.
Tidak! Anda bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi edit foto secara gratis yang dapat di download di Play Store. Anda bisa mendownload beberapa aplikasi edit foto gratis tapi bisa menghasilkan foto dengan kuliatas bagus dan tidak kalah dengan foto professional seperti, VSCO, Snapseed, Lightroom CC, PicsArt dll.

2. Upload foto atau produk dengan konsisten
Usahakan dalam seminggu Anda melakukkan pembaruan produk maksimal 5 kali dan minimal 3 kali secara berkala. Hal ini perlu dilakukan agar halaman Instagram Anda tidak terlihat mati dan tidak up to date, karena jika Anda malas untuk memperbarui halaman Instagram Anda, itu bisa membuat presepsi pengunjung istigram Anda kalau online shop Anda tidak berkualitas, tidak terpercaya sampai anggapan sudah bangkrut atau tutup.

  • Respond Fast Chat

Respon cepat sangat diperlukan jika Anda berjualan secara online, sebab respon cepat sangat dibutuhkan agar customer Anda tidak berpindah ke lapak yang lain.
Sebab jika kita lambat sedikit saja maka “telat sedetik pelanggan hilang” . Para pengguna media online akan terus mencari dan berpindah-pindah dari satu tempat ketempat lain jika mereka sedang mencari sesuatu yang dibutuhkan.

Dan disinilah waktu yang tepat untuk menangkap ikan atau pelanggan. Tidak masalah jika audience yang datang hanya sekedar bertanya, justru itu adalah permulaan yang bagus. Berarti produk dan toko online Anda sudah mulai di kenal dan mulai mengambil perhatian pengguna Instagram. Pelanggan yang bertanya juga pasti ada besar kemungkinan dia sedang mencari atau meinginkan produk yang Anda jual.

  • Testimoni Pembeli

Anda bisa memanfaatkan testimoni dari pembeli sebagai bukti jika toko Anda adalah toko yang terpercaya dan memuaskan.
Anda bisa meminta kepada pembeli atau teman Anda menjadi pemberi riview atau testimoni untuk produk Anda. Testimoni tersebut dapat berupa chat rasa puas pelayanan atau foto dengan produk yang dibeli dan diupload di instigram pembeli kemudian tag ke toko Anda dan Anda bisa re-post foto tersebut untuk di upload ulang di halaman profil Instagram bisnis Anda.

  • Buat Akun Pendukung

Anda bisa membuat akun pendukung seperti Line atau Google Bisnis untuk memudahkan calon pembeli menemukan situs Anda. Seperti yang kita tahu, bahwa penggunaan bisa masuk dari mana saja dalam jejaring social, sehingga kita harus bisa memanfaatkan keadaan tersebut agar audience yang terlibat mudah untuk menghubungi Anda.

Study Kasus dengan Kesuksesan Beriklan

Berikut ini beberapa study kasus kisah sukses dari para pengusaha yang menggunakan instagram ads sebagai media pemasaran mereka. Anda bisa mengikuti jejak mereka untuk bisa mendapatkan apa yang menjadi tujuan Anda.

Bloom & Wild


Bloom & Wild merupakan Startup penjual bunga yang mencoba peruntungan di pasar Instagram, mereka memanfaatkan instagram agar bisa menjangkau lebih banyak orang dan lebih luas lagi untuk bisnis pemula seperti mereka.

Lalu bagaimana cara Bloom & Wild mengembangkan bisnis ini melalui instagram tanpa menghabiskan anggaran besar untuk mengiklankan produk dan brand mereka? Tahap pertama yang mereka lakukan adalah memanfaatkan dan mengambil daftar surel untuk menargetkan minat dan audience melalui Facebook Power Editor.

Kemudian mereka melakukan pengujian dengan membuat beberapa kampanye iklan yang berbeda, dari satu model post dan model post lainnya dan mereka mendapatkan hasil bahwa beriklan dengan video lebih banyak mendapatkan performa lebih baik dan memiliki tingkat konversi lebih tinggi.

Setelah mengetahui kampanye iklan yang mana membawa dampak besar, mereka meningkkatkan iklan dengan menggunkan video untuk memperkuat iklan mereka.

Hasilnya
“Dengan menggunakan iklan Instagram, Bloom & Wild meningkatkan pesanan karangan bunga mereka hingga 62%, dan melihat banyak pelanggan baru mengomentari akun mereka dan membeli karangan bunga dari toko mereka.”

Ini adalah contoh yang bagus tentang bagaimana bisnis kecil bisa sukses di Instagram. Mereka tidak punya banyak uang untuk mengikuti gaya beriklan yang akan dilakukan oleh perusahaan besar seperti Nike atau Adidas. Mereka hanya memanfaatkan pengguna-pengguna instagram yang aktif yang memiliki minat dengan apa yang mereka jual.

Adidas Neo


Mungkin Anda bisa mengikuti cara beriklan di Instagram yang digunakan oleh Adidas untuk mendapatkan keterlibatan audience dalam kampanye mereka. 
Sebagai dari salah satu strategi kampanye nya untuk memperkenalkan merek Neo mereka, Adidas Neo meminta para pengikutnya untuk memosting foto mereka dan memberikan tagar #MyNeoShoot.

Dan pembuat content terbaik akan dipilih oleh Adidas Neo dan diundang untuk dijadikan model pemotretan, dan hasil fotonya akan dipajang di Instagram Adidas.
Untuk membantu menyukseskan kegiatan ini, Adidas menggandeng selebritas paling popular di Instagaram yaitu Selena Gomez.

Hasilnya
Dari kampanye ini Adidas berhasil menghasilkan 71.000 hashtag #MyNeoShoot dengan memperoleh pengikut baru sebanyak 41.000. Ini menunjukkan bahwa kontes imajinatif cukup untuk menarik para audience dan para influencer media social. Namun pastinya kegiata yang dilakukan oleh Adidas Neo ini mengeluarkan jutaan pundsterling untuk menyukseskan kampanye nya.

Burt's Bees


Burt's Bees bisa menjadi contoh bagus dalam penjual produk fisik yang diuntungkan dari beriklan di Instagram dengan anggaran kecil. Untuk mempromosikan produk terbarunya yaitu yang dikenal dengan the lip crayon line, Burt's Bee melihat pemasaran dengan menggunakan Instagram ads. Tujuan Burt's 

Bees menggunakan pemasaran instagram adalah untuk memperluas dan meningkatkan akan kesadaran merek serta mengingatkan kembali iklan dalam komunitas kecantikan.

Mereka sadar bahwa mereka dapat menemukan lingkungkan pecinta make-up yang sangat berkembang di Instagram dan mereka berusaha untuk bagaimana cara merebut perhatian audience dengan memamerkan produk Burt's Bee secara origina dan natural.

Langkah pertama yang mereka lakukan adalah  menargetkan audience dengan menentukan umur dianatara 18 - 24 tahun dengan target lokasi di Amerika Serikat. Dan kemudian mereka membuat kampanye iklan dengan target audience yang sudah ditentukan dan mereka membawa tema dalam pemasarannya dengan tema "Delight Your Lips".

Hasilnya
Burt's mendapatkan peningkatan dengan hasil kesadaran produk mengenai merek dan ingatan para audience tentang brandnya. Dengan ke unikan iklan yang dibuatnya, membuat Burt’s Bees menjadi salah satu brand komunitas kecantikan yang banyak diingat.

SHEIN


SHEIN merupakan platform e-commerce pakaian wanita yang telah berkembang pesat melayani pelanggan di seluruh dunia. Shein adalah e-commerce berspesialis yang menggunakan mode ekonomis untuk menarik wanit-wanita muda.

Seperti brand-brand yang sudah ternama lainnya, Shein ikut memanfaatkan instagram ads. Dikampanye nya kali ini, Shein melakukan target untuk menguji dampak iklan dari Instagram Stories selain penempatan feed. Dalam menjalankan tujuannya perusahaan ini melakukan test terpisah dengan dua kampanye iklan video, 1. menggunakan umpan Facebook dan Instagram, 2. menggunakan instagram stories.

Tidak hanya sekedar beriklan, perusahaan ini menjalankan iklan video dengan tujuan untuk memotivasi pelanggan dan menghasilkan penjualan. Untuk menarik demografi yang ditargetkan, merek ini menyertakan musik dengan genre yang bahagia, warna-warna cerah serta teks pop-up yang trendi, emoji, dan geotags pada video.

Hasilnya
Shein berhasil meningkatkan minat pembelian sebesar 9%, dengan biaya rata-rata 8% lebih rendah per pembelian.  Peningkatan 20% dalam pengurangan biaya untuk beriklan.

Bejeweld


Bejeweld merupakan aplikasi game seluler, yang menyadari bahwa media sosial terutama Instagram memiliki pengaruh besar. Mereka berusaha bagaimana caranya untuk menarik peminat agar membeli aplikasi game selulernya secara berbayar?

Bejeweld membuat kampanye iklan di instagram dengan melibatkan influencer top Instagram, yang berbagi foto diri mereka sedang bermain game dan memberikan hashtag #shinyplace, para influencer ini mengajak para pengikut mereka dan mendorong untuk melakukan hal yang sama seperti mereka.

Hasilnya
Dalam waktu satu bulan sejak peluncuran kampanye, Bejeweld naik dari peringkat 702 menjadi 182 di bagan Apple dari aplikasi App Store AS yang terlaris. Pesan yang bisa kita tanggkap dari usaha yang dilakukan oleh Bejeweld sudah cukup jelas, jika Anda mampu membayar influencer untuk mempromosikan produk Anda, Anda bisa mendapatkan hasil yang sepadan dengan apa yang Anda keluarkan.

Ini Saatnya Anda Mencoba

Seperti itulah langkah-langkah cara beriklan di Instagram dengan mudah dan cepat, serta pemecahan berbagai study kasus yang bisa kita jadikan contoh atau pelajaran.
“Ini saatnya Anda untuk bisa memulai perbuahan dan mencoba demi meningkatkan bisnis Anda lebih maju lagi. “
Semakin berkembang dan maraknya pengguaan Social Media, kita harus bisa manfaatkan situasi ini untuk mendapatkan pembeli dan peminat baru dengan produk yang ktia jual, mengingat pengguna media social kini sudah mencapai ratusan bahkan miliaran pengguna aktif dijejaring social dalam sehari.

Tidak hanya Instagram atau facebook ads yang menyediakan layanan advertising, kini banyak platform-platform lain yang juga memberikan jasa serupa sehingga Anda bisa jangkau lebih luas dan lebih dalam lagi target audience Anda. 

Tidak ada yang tidak mungkin , seperti yang ditunjukkan dari study kasus diatas. Instagram adalah media visual, maka dari itu pikiran bagaimana menyajikan merek Anda kedalam bentuk visual yang menarik. Anda bisa memanfaatkan berbagai alat bantu untuk mengetahui ketertarikan minat audiens dengan Facebook Power Editor.

Pertimbangkan berbagai hal agar Anda bisa membangun hubungan dengan target audiens Anda. Ketahuilah merek Anda dan berikan sedikit kreativitas untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan share pengalaman Anda seputar beriklan di Instagram dikolom komentar untuk membantu teman-teman kita yang membutuhkan informasi dari pengalaman Anda.

Source By : https://oursocialtimes.com/9-case-studies-where-clever-instagram-marketing-got-huge-results/

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA