Panduan Lengkap Mengenai Desain Grafis Bagi Pemula


Desain Grafis : Panduan Lengkap Mengenai Desain Grafis Bagi Pemula

Hasil gambar untuk design graphic


Bicara tentang Desain Grafis, anda tentunya membayangkan banyak hal seperti iklan artistik, kartun-kartun yang ada di televisi, maupun cover pada majalah atau buku-buku yang pernah anda baca. Istilah Desain Grafis itu sendiri mencakup banyak hal termasuk Poster, Infografis, Logo, Kartu Nama, Aplikasi Android, maupun Software komputer.

Pada pembahasan kali ini kita akan sama-sama mengupas apa itu desain grafis. Mulai dari definisi, keuntungan, maupun peluang kerja yang ada. Mari kita simak dibawah ini.

Daftar Isi :

  • Apa Itu Desain Grafis

  • Elemen-Elemen Desain Grafis

  • Jenis-Jenis Desain Grafis

  • Peluang Pekerjaan Desain Grafis

  • Tools Untuk Desain Grafis

  • Keuntungan Desain Grafis

Apa itu Desain Grafis ?

Menurut American Institute of Graphic Arts (AIGA), desain grafis didefinisikan sebagai "seni dan praktik perencanaan dan proyeksi ide serta pengalaman dengan konten secara visual dan tekstual." Dalam istilah lain, desain grafis mengkomunikasikan ide atau pesan tertentu melalui visual atau penglihatan. Nah, visual ini direalisasikan dalam bentuk simpel seperti Logo, atau sesulit desain website.

Alexandor Clufetos seorang Creative Designer di Vertex Innovation mengatakan “Desain grafis mengambil elemen grafis dan tekstual dan mengimplementasikannya ke dalam berbagai jenis media”. Ia mengklaim bahwa desain grafis menghubungkan seorang produsen kepada konsumennya. Desain grafis pula berfungsi sebagai penyampai pesan suatu produk, event, maupun kampanye marketing.

Desain grafis juga dapat digunakan oleh suatu perusahaan untuk mempromosikan dan menjual produknya melalui iklan, website untuk menyampaikan informasi rumit dengan cara yang jelas melalui infografis, atau untuk mengembangkan bisnis melalui branding, dan yang lainnya.

Founder ProductViz, Jacob Smith mengatakan “Setiap harinya ada begitu banyak hal yang bersifat artistik disekitar kita, dan element tersebutlah yang mempengaruhi persepsi ide desain seorang desain grafis”.

Penting untuk diingat walaupun banyak proyek desain grafis memiliki tujuan komersial seperti iklan dan logo, desain grafis juga bisa digunakan dalam konteks lain. Seperti dipamerkan pada museum-museum terkemuka untuk dinikmati nilai artistiknya.


Elemen-Elemen Desain Grafis

Untuk lebih memahami desain grafis, penting untuk memiliki pemahaman tentang elemen-elemen dan prinsip yang membentuk suatu desain. Elemen-elemen ini meliputi :

  • Color / Warna

  • Line / Garis

  • Shape / Bentuk

  • Texture / Tekstur

  • Space / Ruang

  • Form / Wujud

  • Size / Ukuran

Elemen-elemen ini digunakan secara bersama atau bertentangan satu sama lain untuk membuat desain yang mencolok secara visual dan memiliki impact baik. Desainer grafis juga menggunakan prinsip-prinsip desain, yang meliputi Balance (keseimbangan), Emphasis (penekanan), Movement (gerakan), pola, pengulangan, proporsi, ritme, variasi dan Unity (kesatuan). Memahami bagaimana dan kapan menggunakan elemen dan prinsip ini sangat penting untuk membuat desain yang baik.


Jenis-Jenis Desain Grafis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, desain grafis bukan istilah umum. Desain grafis terdiri dari banyak bidang dan spesialisasi, mulai dari desain cetak hingga desain Web, Animasi dan Motion Graphic . Desain grafis menawarkan peluang dan opsi untuk hampir semua jenis minat.

Salah satu jenis desain grafis yang paling populer dan berkembang pesat adalah desain web. Desainer sebuah web dituntut mampu membuat halaman yang mudah digunakan, namun secara visual menyenangkan saat dilihat oleh visitor atau pengunjung website. Mereka juga bertanggung jawab untuk membuat website yang dapat diakses dan bersifat adaptif dengan berbagai jenis perangkat yang digunakan. Semakin banyak bisnis yang bergerak secara online, semakin diperlukannya seorang desainer web.

Berikut ini adalah jenis-jenis desain grafis :

1. Drafter

Drafter adalah jenis desain grafis yang membutuhkan keahlian khusus pada software desain grafis seperti Archicad, Autocad, maupun yang lainnya. Drafter memerlukan tingkat ketelitian tinggi agar dapat membuat arsitektur yang simetris.

 2. Editor

Desainer khusus untuk membuat Cover majalah, sampul, banner, dan sejenisnya. Editor juga membuat karya karya desain grafis misalnya seperti brosur, kartu nama, pin, logo, dan poster. Yang memerlukan sentuhan pandangan dan software yang harus dikuasai adalah : Corel draw,Adobe Photoshop,Freehand,Illustrator. Sangat dibutuhkan di dunia periklanan dan publikasi.

3. Layouter

Desianer khusus untuk membuat tatanan layout sebuah majalah atau koran atau publikasi yang lainya dan diharuskan mempunyai feel untuk tata letak agar enak dilihat. Sedangkan aplikasi yang harus dikuasai adalah Adobe Page Maker, MS.Publisher, Adobe In Design. Sangat dibutuhkan dipercetakan dan industri koran/buku/majalah.

4. Art Director

Desainer khusus unuk membuat karya karya seni dari komputer yang bisa digunakan untuk visual effects ataupun hanya untuk hiasan saja. Membutuhkan kreativitas tinggi untuk membuat karya agung yang akan dibuat. Sedangkan software yang harus dikuasai adalah : Corel draw, Photoshop, Photo paint, Art creator. Sangat dibutuhkan di dunia perfilman, seniman visualisator, foto editing effects.

5. Fotografer

Desianer khusus yang selain melakukan pengeditan foto juga merangkap sebagai fotografer, harus memiliki talenta khas fotografer serta mampu mengedit foto sesuai event atau yang perfect. Membutuhkan intelegensi tinggi kreativitas tinggi dan harus menguasai adobe photoshop,ieworks,photo studio. Sangat dibutuhkan didunia fotografi, foto editor, wartawan, dsb.

6. Animator

Desainer khusus bekerja pada bidang motion graphic, iklan atau film fantasi. Harus memiliki daya tahan tinggi, pengetahuan yang cukup tinggi , pengalaman dan harus menguasai Macromedia Flash, Adobe Flash, After Effects, 3d Maya, Gif Animator dan Corel Rave. Dibutuhkan di dunia advertising, perfilman, pertelevisian.

7. Visualisator

Desainer khusus untuk memberikan gambaran sebuah produk atau karya dalam bentuk real / 3d dan harus memiliki kemampuan otak kanan yang cukup tinggi serta harus menguasai 3d Max, Autocad, Swift 3d, Digital Clay. Sangat dibutuhkan di dunia visualisasi produk dan presentasi produk.

8. Video Editor

Desainer khusus untuk mengedit video atau film dan juga merangkap sebagai video shooter, harus memiliki imajinasi tinggi dan harus menguasai Adobe After Effects, 3d Maya, Adobe Premiere, Ulead Video Studio, Sony Vegas, Pinneacle. Sangat dibutuhkan di dunia perfilman dan industri musik.

9. Integrated Desainer

Desainer khusus yang membutuhkan integrasi dengan programmer misalnya pembuatan game, cd interaktif, web

desain, dsb. Sedangakan anda harus menguasai hampir semua elemen desain. Sangat dibutuhkan di industri informatika.


Peluang Pekerjaan Desain Grafis

Teknologi telah membawa perubahan besar pada cara suatu bisnis dijalankan, dengan lebih banyak penekanan yang ditempatkan pada kehadiran online. Perubahan dalam pemikiran ini telah menyebabkan perubahan besar dalam desain grafis juga. Permintaan untuk desainer grafis seperti web desainer, animator, maupun motion graphic sedang marak dicari diberbagai perusahaan.

Menurut Bureau of Labor Statistics (BLS) Pekerjaan desainer grafis dalam layanan desain sistem komputer diramalkan akan tumbuh sebesar 20 persen. Sebagian besar permintaan ini didorong oleh meningkatnya kebutuhan bisnis dan organisasi untuk pembuatan grafik digital saat mereka mengalihkan fokus mereka ke internet.

Berikut ini adalah jenis pekerjaan desain grafis yang paling dicari dalam 12000 lowongan pekerjaan :

  • Graphical Designer

  • Web Designer

  • Art Director

  • Visual Designer

  • User Experience (UX Designer)

  • Graphic Artist


Tools Untuk Desain Grafis

Desainer grafis harus terus mengeksplorasi berbagai tools, software, atau alat yang ideal untuk memenuhi kebutuhan mereka dan menghindari pengeluaran untuk hal-hal yang tidak terlalu mereka butuhkan. Mereka harus kiat mengikuti update tools atau software yang sedang trending . 

Hal Ini menandakan bahwa mereka harus sedikit berinvestasi dalam Tools desain, teknologi, Software, dan perangkat terbaru. Dengan menggunakan Tools dan software yang sedang populer, mereka dapat meraih lebih banyak lowongan pekerjaan dalam bidang desain grafis.

Berikut ini adalah daftar 10 Tools yang cocok untuk desain grafis :

1. Pixlr

Hasil gambar untuk pixlr

Jika anda akrab atau pernah mencoba photoshop, maka anda akan lebih cepat dengan tools editor yang satu ini. Pixlr juga dapat membuka file .PSD serta memiliki fitur multiple layer seperti photoshop. Yang mana membuatnya menjadi solusi alternatif bagi PC atau desktop yang kurang optimal jika menggunakan photoshop. 

Pixlr sangat cocok bagi mereka yang masih awam dengan desain grafis. Pixlr menyediakan fitur seperti Crop, Resize, dan yang lainnya dan memberikan banyak fitur tanpa harus repot-repot memikirkan lisensi software atau mencari crack nya.

2. Wacom Bamboo

Hasil gambar untuk wacom bamboo

Wacom Bamboo menawarkan kesempatan luar biasa untuk melakukan hal-hal yang paling tidak biasa. Diperlukan sedikit waktu untuk menyesuaikannya, tetapi  menjamin penggunaan yang sangat baik serta memudahkan proses editing anda. Akurasi Anda untuk mendemonstrasikan, mengedit, mengubah, membuat, menggambar, merancang, melukis, dan menyempurnakan desain akan menjadi lebih sempurna. 

3. Adobe Creative Suite

Hasil gambar untuk adobe creative suite

Adobe Creative Suite adalah salah satu program paling relevan bagi para desainer grafis. Software ini adalah seluruh portofolio program adobe. Bervariasi mulai dari Dreamweaver, Photoshop hingga After Effects serta Encore. Dengan Adobe Creative Suite anda dapat menyinkronkan foto, file, font, setting, aset desain, Adobe Stock, metadata Anda secara otomatis. 

Adobe Creative Suite bahkan dapat mengontrol Cloud Library Anda. Dengan bantuan alat ini, Anda dapat memulai proyek Anda di aplikasi apa pun yang ditempatkan pada perangkat apa pun.

4. PicMarkr

Tool ini memungkinkan Anda untuk memasukkan watermark ke segala jenis gambar dengan cara sederhana. PicMarkr sangat membantu dalam hal hak cipta, dan juga melindungi karya unik dan signifikan yang ditampilkan secara online.

5. Visme

tools situs desainer grafis visme

Melalui dashboard Visme, anda dapat dengan bebas untuk membuat konten sendiri menggunakan banyak tools editing tanpa perlu memiliki kemampuan coding. Misalnya saja anda ingin membuat infografis, agar tidak terlihat membosankan kamu bisa memilih lebih dari seratus template berkualitas tinggi yang disediakan oleh Visme.

Untuk membuat konten semakin kompleks, Visme menyediakan pilihan lainnya yang bisa anda gunakan seperti animasi dan preview. Anda juga bisa mengedit dengan cara yang mudah dengan banyak pilihan seperti gambar background, warna background, kotak teks, shape, gambar vector dan icon.

6. DropIr

tools situs desainer grafis droplr

Droplr adalah aplikasi yang sangat membantu pekerjaan setiap desainer grafis baik untuk mengerjakan proyek klien, proyek pribadi ataupun saling sharing konten dengan orang lain. Aplikasi ini mendukung file foto, video, dokumen Microsoft Office, atau konten dengan format Photoshop, Illustrator dan Sketch.

7. Codepad

tools situs desainer grafis codepad

Codepad adalah salah satu tools editor code HTML online yang bisa kamu gunakan. Tools ini memungkinkan user untuk membuat kode sendiri baik untuk digunakan sendiri ataupun secara publik. Bahkan hasil coding bisa dikolaborasikan dengan pengembang atau tools online lainya.


Keuntungan menjadi Desainer Grafis

1. Lebih Kreatif

Sebagai seorang desainer grafis anda bisa dengan leluasa mengekspresikan kreatifias. Jika anda merasa gelisah dengan masalah politik di negeri anda, anda bisa mengekspresikannya dengan membuat beberapa desain yang menyindir bagaimana politik yang sedang terjadi.

Saat ini kegelisahan yang dialami kebanyakan desainer adalah tentang urusan bayaran. Banyak klien yang ingin mendapatkan desain bagus tapi tidak mau bayar mahal. Dan konyolnya lagi, desain itu harus cepat selesai. Bahkan ada yang menyindir tentang harga diskon bahkan gratis.

2. Bekerja Dimana saja / Freelance

Sebagian orang mengatakan bekerja secara full-time dikantor terkadang membuatnya kehilangan kreatifitas, tapi sebagai desainer grafis anda bisa bekerja dimana saja yang anda mau. Dengan catatan, anda memang tidak terikat pada jam kantor atau sebagai freelancer.

Jika anda belum bisa membangun studio desain anda sendiri, anda bisa memulai dengan menjadi freelancer terlebih dahulu. Hitung-hitung mengasah skill dan mencari pengalaman.

3. Besarnya peluang Pekerjaan

Setiap jenis bisnis pasti membutuhkan desainer grafis. Jika sebuah bisnis akan melakukan pemasaran, maka perusahaan perlu merancang bahan-bahan untuk senjata pemasaran mereka. Disinilah peran penting dari desain grafis. 

Selama bisnis terus berkembang dan bisnis baru terus muncul, maka desainer grafis akan selalu memiliki banyak pekerjaan. Dengan demikian, persaingan semakin ketat setiap hari, sehingga kamu akan perlu untuk bekerja lebih keras untuk naik kepermukaan.

Semakin besarnya persaingan maka akan muncul perang harga. Seseorang akan membuat harga terendah untuk menarik calon kliennya. Tidak menyalahkan sih. Tapi harga menentukan kualitas. Sudah pasti. Dengan harga yang begitu rendah saya sendiri yakin, desainer tersebut tentunya tidak akan memaksimalkan kemampuannya dalam mendesain.

4. Lebih Dihargai Orang Lain

Desain grafis adalah visual, dan kebanyakan orang dengan cepat tertarik pada grafik yang menarik dan enak dilihat. Sebagai pencipta rangsangan visual, wajar jika Anda mendapatkan banyak pengakuan atas pekerjaan dan hasil karya Anda.

5. Mendapatkan lebih banyak Relasi

Desain anda akan dilihat banyak orang, maka anda juga akan bertemu dengan sesama desainer. Anda dapat belajar dan bertukar pikiran dengan mereka. Anda bisa melakukan brainstorming dengan mereka mengenai beberapa proyek yang anda kerjakan, ini akan sangat membantu karir anda.

Dengan bergabung pada forum-forum desainer tertentu juga dapat meningkatkan relasi anda. 

6. Memudahkan Informasi untuk Dibagikan

Dengan menyampaikan informasi melalui visual atau gambar, akan lebih mudah dan dicerna oleh orang-orang yang melihat informasi tersebut. Jika mereka suka besar kemungkinan mereka akan membagikan atau mengshare konten anda di akun media sosial mereka. Sehingga karya anda akan lebih dikenal di masyarakat luas.


Desain grafis semakin penting karena bisnis dan konsumen mulai beralih ke internet untuk layanan yang cepat dan mudah. Mengetahui cara membuat grafik yang menarik secara visual akan meningkatkan potensi Anda di pasar lowongan pekerjaan.


Sumber : rassmusen.edu

Pertanyaan Terkait Desain Grafis

  • 5 Program yang wajib dikuasai Desainer

  • Tutorial Adobe Photoshop untuk Pemula

  • Tutorial Adobe Illustrator

  • Tips Belajar Desain Grafis

  • Trik Edit Gambar di photoshop


NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



19 March 2020 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post 5 Program Desain Grafis Yang Wajib Anda Tahu Dan Kuasai Next Post Tutorial Photshop Untuk Pemula