Komputer Anda Hidup Kembali Meskipun Sudah Shutdown ? Ini Solusinya

Komputer Anda Hidup Kembali Meskipun Sudah Shutdown ? Ini Solusinya

Intinya, komputer atau laptop yang hidup sendiri padahal sudah di shutdown menunjukkan adanya masalah. Bisa jadi masalahnya terletak di software atau bahkan di hardware. Tetapi,umumnya masalah komputer yang hidup sendiri meskipun sudah di shutdown adalah ada pada hardware. Berikut akan saya paparkan lebih jelas penyebabnya.

Solusi Komputer Hidup Sendiri Setelah Di Shutdown

Nah, ada 3 solusi yang mungkin dapat Anda coba guna menangani komputer hidup sendiri. Dimana ketiga masalah ini terdapat pada perangkat keras komputer atau hardware,  berikut penjelasannya :

1. Masalah Ada Di Power Supply

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah power supply (sumber daya). Nah, kemungkinan power supply Anda tidak baru atau rusak, coba ganti dengan power supply yang bagus. Karena mungkin computer Anda hidup sendiri karena masalah di power suppy. Untuk mengetahui kerusakannya, coba Anda tes kerusakan power supply Anda.

2. Masalahnya Terdapat Pada Kabel Power SW

Selanjutnya, coba Anda cek kabel Power SW yang terhubung dari casing  ke motherboard. Ada kemungkinan kalau kabel Power SW adalah penyebabnya, coba perhatikan apakah ada kabel yang bengkok atau tidak. Coba Anda cabut saja kabel Power SW-nya untuk memastikan apakah kabel Power SW masih bagus atau tidak. Setelah itu, coba nyalakan komputer dengan cara manual yaitu dengan menghubungkan suite power dengan obeng atau benda lainnya yang dapat menghantarkan listrik.

3. Coba Periksa BIOS Komputer

Selain kedua masalah diatas, kemungkinan masalah lainnya ada pada pengaturan BIOS komputer. Nah, coba Anda cek BIOS dengan menekan Delete, F2, atau yang lainnya (tergantung settingan BIOS komputer) pada keyboard ketika komputer baru dihidupkan. Setelah, BIOS tampil coba cek pengaturan Power Management Setup, apakah ada yang salah atau tidak. Tetapi, jika Anda tidak mengerti tentang pengaturan BIOS, Anda coba atur saja BIOS ke settingan default dengan menekan F9 pada keyboard.

Nah, bagaimana jika ketiga cara diatas sudah Anda coba tetapi komputer masih saja hidup sendiri meskipun sudah shutdown ? Coba Anda keluarkan semua perangkat keras komputer dari dalam casing dan hidupkan tanpa menggunakan cassing. Bisa jadi masalahnya karena terjadi konslet antara motherboard dengan casing, terjadi grounding atau posisi RAM/Memori tidak pas dengan socketnya.

Tetapi, jika semua cara yang saya sebutkan tadi sudah dicoba tapi tetap saja tidak berhasil maka solusi satu – satunya adalah membawa komputer ke tempat service. Demikian penjelasan cara mengatasi laptop yang hidup kembali meskipun sudah shutdown, semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

(chulay)




IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



03 April 2017 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Bagaimanakah Cara Membuat Tabel Di Email (Gmail, Yahoo, Hotmail) ? Next Post Trik Membuat Flashdisk Anda Kebal Dari Virus