Menanti Perkembangan Teknologi 5G Di Masa Depan

Perkembangan 5G yang diprediksi akan diimplementasikan di tahun 2020, sangat dinantikan oleh banyak masyarakat dunia termasuk Indonesia. Padahal baru saja, kita menikmati kecanggihan 4G yang sudah banyak diaplikasikan di berbagai jenis smartphone dan sekarang sudah muncul generasi baru pula. Munculnya generasi baru yaitu 5G tentu akan memberikan banyak keuntungan dalam meningkatkan daya saing global mengingat kecepatan data yang lebih signifikan dari 4G yakni diprediksi 20Gbps, kecepatan transfer data hanya dalam satu mili detik serta keuntungan lainnya dan dapat terkoneksi dengan alat seperti telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga.


    Generasi 5G yang hangat dibicarakan saat ini akan mampu memberikan kontribusi yang besar terhadap perkembangan Internet of Things (IoT) dengan menawarkan berbagai kemudahan berkomunikasi. Kemungkinan besar, saat 5G sudah diaplikasikan, berbagai inovasi dalam dunia Teknologi Informasi akan diluncurkan seiring pemanfaatan 5G di tengah-tengah masyarakat dan akan memberikan keefisienan dan keefektifan dalam kehidupan masyarakat. Seperti informasi dari ITU, bahwa standar jaringan komunikasi pada generasi kelima diharapkan dapat menjangkau satu juta perangkat IoT dengan radius satu kilometer yang mampu memberikan kecepatan dengan rata-rata 100 Mbps yang cukup maksimal. Dan kecepatan akses data yang ditawarkan 5G tentu akan meminimalkan waktu pengguna dalam beraktivitas dan mampu meningkatkan performa dari berbagai start-up yang ada ataupun yang akan diaplikasikan.

                                                    

    Meskipun begitu, dalam perkembangan teknologi tentu memberikan dampak positif dan negatif maka dari itulah kita harus bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi untuk hal-hal yang positif.


    Semakin majunya perkembangan teknologi yang kini akan mencapai genarasi 5G, maka akan semakin maju pola pikir dan tatanan hidup masyarakat, kita harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang telah ada guna pemanfaatan yang maksimal. Khususnya bagi Indonesia, sudah saatnya untuk siap menghadapi peluncuran 5G di 2020 karena dengan adanya perkembangan teknologi 5G ini akan mampu meningkatkan daya saing global, mempermudah segala aktivitas masyarakat serta meningkatkan taraf kehidupan bangsa meskipun dalam pelaksanaannya akan ditemukan kendala dalam pengimplementasiannya. Namun begitu pun, masalah tersebut harus segera diatasi dengan mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari saat ini, seperti dengan memberikan pengarahan dan pemahaman kepada masyarakat dan menganalisis bisnis modelnya.



(MV)


DATA PENERIMA VOUCHER KURSUS ONLINE DAN KONSULTASI

  
  
Loading...



Komentar