Mengoptimalkan Blog Anda Untuk Pembaca Sosial Dan Seluler

Mengoptimalkan Blog Anda Untuk Pembaca Sosial Dan Seluler

Apakah media sosial dan website yang kamu miliki sudah mobile-friendly? Jika tidak, kamu bisa kehilangan banyak traffic.

Kolumnis Jordan Kasteler menjelaskan bagaimana kamu bisa membuat konten kamu mendapatkan jumlah audiens yang lebih besar. 

Coba kamu lihat dan perhatikan!

Di kedai kopi, restoran, taman ataupun mal  kamu akan melihat orang-orang terpaku pada layar ponsel cerdas mereka. Padahal, orang-orang ini sedang tidak melakukan panggilan telepon tetapi mereka sedang menelusuri konten-konten dan berinteraksi dengan dunia digital dari mana saja dan kapan saja. 

Tetapi jika situs web dan situs sosial media kamu tidak disiapkan untuk menjadi media yang mobile friendly, kamu psti akan kehilangan traffic dalam jumlah besar. Karena faktanya :

  • Lebih dari setengah pencarian Google dilakukan dari perangkat mobile. 
  • Hampir 900 juta orang mengakses Facebook hanya melalui smartphone mereka. 
Sudah jelas ada konvergensi perilaku pencarian, sosial dan seluler, jadi apa yang dapat bisnis Anda lakukan untuk memanfaatkannya? Ayo mulai menggali permasalahan tersebut lebih dalam.

Tim babastudio telah mempelajari suatu artikel asing yang berkaitan dengan cara mengoptimalkan blog Anda untuk pembaca sosial dan seluler dengan menfokuskan bagaimana agar blog Anda menjadi blog yang mobile friendly (memberi kenyamanan dan kemudahan kepada para pengguna seluler ketika mengonsumsi konten blog Anda). Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan dibawah ini.

Langkah pertama: Cek kembali apakah blog sudah mobile friendly ?



Mengelola sebuah blog bisa mengubah kehidupan bisnis Anda – jika hal itu dilakukan dengan benar.

Pada tahun 2015, Google melakukan pembaruan lain untuk algoritma yang terus berubah untuk mengakomodasi semakin banyaknya pengguna perangkat seluler. Situs web yang tidak mobile-friendly terlihat mengalami penurunan traffic dan rangking yang curam.

Jika Anda mengelola blog Anda menggunakan salah satu dari banyak situs blog yang tersedia, seperti WordPress atau Weebly, kemungkinan situs Anda mobile-friendly. Tetapi tetap saja, penting untuk Anda melakukan pemeriksaan ulang. Karena kemungkinan beberapa blog atau situs web mungkin tidak mobile friendly  karena tema yang mereka gunakan.

Buat situs kamu menjadi user friendly yang mudah diakses dengan perangkat apapun. Pastinya hal ini akan membawa dampak baik pada website yang kamu miliki.

Langsung saja, mari kita simak sama-sama 5 Kiat untuk Mengoptimalkan Website Untuk Mobile Friendly.

1. Sederhanakan situs Kamu

Langkah awal yang harus kamu pikirkan : jika situs kamu sebagian besar berisi berbagai navigasi, tombol pilihan menu dimana-mana, berbagai media di upload dalam situs dengan ukuran yang besar.

Apakah kamu tidak menyadarinya? Jika hal itu bisa memperlambat kecepatan situs.

Mungkin saja ada beberapa media atau halaman yang tidak mampu menampilkan hasil secara cepat karena beratnya file dan media.

Hal ini harus kamu perhatikan! Sebab jika hal ini terjadi pengunjung kamu akan pergi, karena mereka tidak mau menunggu terlalu lama untuk sebuah informasi yang sudah banyak membuat topik yang sama.
Dan beberapa poin ini harus kamu perhatikan untuk menyederhanakan situs milik kamu:

  • Postingan Panjang: Jika kamu akan memebrikan postingan panjang, manjakan mereka dengan herader tebal, beri paragraph. Simpelnya adalah, jika postingan yang kamu buat enak untuk dilihat dan dinikmati, selamat kamu berhasil dalam postingan panjang ini. Tapi jika sebaliknya? Mungkin kamu akan kehilangaan pengunjung kamu.
  • Flash dan Java: iPhone tidak mendukung Flash dan banyak telepon lain tidak mendukung Java, jadi hindari keduanya untuk membuat bahasa pemrograman ini pada situs mobile friendly kamu.
  • Ukuran File: Seperti yang disebutkan di atas, media yang terlalu besar terlalu berisiko, jadi pastikan untuk menjaga ukuran file kamu tetap kecil.
  • Jumlah Halaman: Tidak seperti di desktop, sebagian besar navigasi di layar pada ponsel cerdas dan tablet terjadi melalui pengguliran. Itu membuat situs web satu halaman ideal untuk platform seluler , karena pengguna hanya dapat menggulir ke bawah untuk menemukan apa yang mereka butuhkan. Namun, memiliki halaman lain tidak ada masalah, asalkan mereka mudah ditemukan dan klik di menu yang menonjol.
  • Kotak Masukan atau Kotak Survey: Kamu ingin pengunjung kamu bisa mengisi formulir survey sebelum melangkah lebih jauh atau keluar dari situs? Kamu dapat melakukan hal ini, tetapi jagalah agar tetap seminimal mungkin. Kamu perlu ingat ada sebagain platform seluler yang cukup sulit untuk menampilkan kota masukan atau kotak suvey yang kamu buat.

2. Buat Situs Responsif

Kamu pasti pernah berkungjung ke sebuat website yang dapat diakses dengan mudah lewat berbagai perangkat bukan? Contohnya seperti di ponsel pintar. Situs secara otomatis menyusut menyeesuaikan dengan layar ponsel kamu, sehingga kamu tidak perlu menggulir secara horizontal serta ke atas dan ke bawah. 

Di tablet? Sebuah laptop? Hal yang sama akan menyeusut dengan sendirinya. Desain responsif berarti penyesuaian otomatis untuk disesuaikan dengan setiap perangkat pengguna.

Jika blog kamu dihosting di WordPress, menjadikannya responsif cukup sederhana: dari panel admin, cukup masuk ke pengaturan tema dan pilih tema responsif yang sesuai dengan gaya kamu. Dan kini situs kamu siap untuk seluler. Sebagian besar situs blog lain juga akan memiliki template responsif, tetapi pilihan templateta sedikit lebih terbatas karena kamu menggunakan yang gratis, tetapi tidak masalah.

Jika kamu mendesain web sendiri atau menyewakannya ke platform yang berbeda, desain responsif dapat menjadi sedikit lebih rumit untuk diterapkan, karena kamu harus melakukan perancangan ulang lengkap atau membuat tweak yang serius pada HTML dan CSS Anda .

3. Jaga Keamanan Situs dengan Pembaruan

Keamanan pada situs adalah adalah masalah besar di dunia internet pada umumnya, tetapi lebih dari itu di Wild West pada perangkat mobile. Laporan terbaru dari perusahaan keamanan seluler, Lookout, berjudul " Ancaman Seluler" mengutip dari adware, chargeware, dan malware sebagai risiko terbesar bagi pengguna ponsel, terutama di negara-negara di mana peraturannya jarang.

Anda dapat membuat situs Anda tidak dapat diretas dan membantu melindungi pengunjung seluler Anda dengan melakukan langkah-langkah berikut:

  • Pembaruan Terkini. Apakah platform kamu memberikan notifikasi tentang pembaruan? Lakukan sekarang! Seringkali pembaruan berisi tambalan untuk celah keamanan.
  • Ubah Nama Pengguna dan Kata Sandi. Terutama jika nama pengguna Anda adalah "admin" dan kata sandi Anda adalah " 12345. " Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengubah kata sandi Anda secara rutin.
  • Batasi Penggunaan Hak Admin. Tentu kamu mencintai pacarmu atau mempercayai seseorang sekarang , tapi dalam 3 bulan? Ya, kamu mungkin tidak ingin dia memiliki hak admin ke situs blog, tapi tidak mungkin? Kamu masih tetap bisa memberikan akses tapi terbatas pada pengguna minimum absolut.
  • Cermati Pengiklan Anda. Iklan sering menjadi target untuk malware, jadi panggil semua pengiklan pada langkah-langkah keamanan yang mereka ambil sebelum mendaftar.

4. Uji, uji, dan uji lagi

Tentu saja, desain responsif tidak sempurna, dan tidak 100% dijamin akan mengubah ukuran menjadi ukuran yang tepat untuk setiap perangkat dan layar.

Sebagai langkah pertama, kumpulkan semua teman Anda dengan iOS, Android dan bahkan smartphone dan tablet Blackberry untuk melihat cara kerjanya. Apakah terlihat bagus? Apakah semua teks bisa dibaca? Apakah gambar dan video dimuat di seluruh perangkat? Apakah tombol sosial berfungsi?

Ide yang lebih baik adalah menggunakan emulator - alat yang memungkinkan Anda menguji dengan mudah dan cepat di berbagai perangkat yang lebih luas.


Bagaimana dengan aplikasi seluler?

Banyak perusahaan memilih untuk menunjang konten mobile mereka dengan mengembangkan aplikasi mobile.

Aplikasi seluler bukan untuk setiap bisnis. Membuat aplikasi secara eksklusif untuk mendistribusikan konten adalah pemborosan waktu dan uang.

Aplikasi sangat ideal untuk bisnis yang ingin memecahkan masalah bisnis yang unik, seperti melacak poin reward atau status akun. Jika pelanggan Anda perlu masuk ke situs web Anda karena alasan apa pun, memiliki aplikasi seluler adalah ide bagus.

Saat mengembangkan aplikasi seluler Anda, ada baiknya Anda memiliki tempat untuk konten Anda. Anda sudah memiliki pemirsa yang ditargetkan yang berarti Anda memiliki kesempatan besar untuk membuat pengguna aplikasi Anda terlibat dan membicarakan bisnis Anda.

Jika Anda mendistribusikan konten melalui aplikasi seluler Anda, pastikan Anda memiliki cara cepat dan mudah untuk membagikannya. Sertakan tautan dan tombol berbagi, atau berikan cara yang mudah untuk menyalin dan menempelkan tautan ke konten di situs web Anda. Semakin mudah Anda membuatnya, semakin besar kemungkinan pembaca Anda akan menyebarkan berita tentang bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat blog Anda lebih kuat bagi pembaca mobile dan sosial.

  • Google AMP

Fitur Google Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah salah satu bagian dunia blogging yang terbaik dan paling kurang dimanfaatkan.

Konsepnya sederhana yaitu proyek yang didukung Google ini memberi penerbit kemampuan memuat halaman mereka lebih cepat di perangkat mobile. Pada gilirannya, pembaca ponsel memiliki pengalaman yang lebih baik dengan konten Anda.

Google juga mengetahuinya. Itulah mengapa Google terus menyertakan situs Accelerated Mobile Pages (AMP) di korsel pencarian (meskipun Google terus menyangkal bahwa halaman AMP ini akan mempengaruhi peringkat di mesin pencari (search engine)).

Google bermaksud mengizinkan blogger agar dapat menambahkan pengoptimalan AMP ke halaman mereka sendiri dengan menggunakan tiga bagian inti untuk memulai dengan Google AMP. Dimana tiga bagian inti tersebut adalah sebagai berikut:

a. Pembaruan HTML
b. Kerangka Accelerated Mobile Pages (AMP) JavaScript
c. Jaringan Pengiriman Konten opsional yang akan men-cache halaman Accelerated Mobile Pages (AMP) -enabled Anda

Jika ini terlihat rumit dan faktanya memang untuk kebanyakan blogger hal ini terasa rumit, menyewa pengembang jarak jauh mungkin salah satu cara termudah dan tercepat untuk memastikan Anda siap dengan Accelerated Mobile Pages (AMP).

  • Artikel - Artikel  Instan Facebook 

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana Facebook menampilkan foto dan video begitu cepat? Tampaknya tidak perlu banyak waktu untuk memasukkan foto dan video ke dalam umpan berita saat pengguna sedang menelusurinya. 

Sekarang, dengan menggunakan teknologi yang sama untuk memuat artikel dengan cepat. Menurut Facebook, artikel ini memuat 10 kali lebih cepat dari artikel web mobile dan 70 persen lebih kecil kemungkinannya untuk ditinggalkan oleh pembaca. Mereka juga 30 persen lebih mungkin untuk berbagi daripada artikel seluler standar. 

Anda bisa mulai menerbitkan artikel – artikel instan Facebook dengan mengeklaim diri Anda sebagai sebagai penerbit yang bekerja sama dengan Facebook. Hal ini merupakan proses dengan tiga langkah cepat yaitu mendaftar, mengirimkan beberapa artikel contoh, dan kemudian menerbitkan artikel Instan Anda ke raksasa media sosial.

Apakah Anda sudah mengoptimalkan blog Anda sebaik yang Anda bisa untuk pembaca sosial dan mobile? 
Dari masa ke masa, cara orang menggunakan internet kian berubah. Artikel Google Accelerated Mobile Pages (AMP) dan Facebook Instant merupakan dua cara dari beberapa cara agar blog Anda mendapatkan audiens atau pengunjung yang lebih besar. Jadi, apa yang Anda lakukan untuk mengoptimalkan konten Anda untuk pembaca sosial dan mobile?

Jika artikel diatas cukup menarik dan Anda ingin mempelajari Internet Marketing, SEO, Sosial Media Marketing ataupun cara membuat website Dengan GRATIS dan online, silahkan daftar di sini (https://www.babastudio.com/message).

Sumber artikel : http://marketingland.com/optimizing-blog-social-mobile-reader-190565

(MV)


NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



21 June 2017 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post 5 Pelajaran Besar Dari Pengalaman Menulis 43 Guest Post Dalam 3 Bulan Next Post 101 Alat Dan Sumber Blog Terbaik