4 Strategi Pemasaran Menggunakan Instagram

4 Strategi Pemasaran Menggunakan Instagram


Instagram adalah salah satu sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia, jumlah pengguna aktifnya bisa menyentuh angka 53 juta orang dari semua kalangan umur. Ini bisa menjadi sebuah lahan yang sangat memuaskan untuk para pengusaha yang berada di Indonesia.

Selain itu, menggunakan instagram sebagai media bisnis sangatlah mudah daripada menggunakan sosial media yang lainnya. Kamu hanya harus berkreatifitas menggunakanfoto, video, caption dan hashtagssaja.


Bagaimana cara pemasaran menggunakan instagram ba? 
Berikut 4 Strategi pemasaran menggunakan instagram

#1 Kita Harus Mempunyai Akun Bisnis 


Sebelum kamu memasarkan produk kamu, kamu harus mempunyai akun bisnis terlebih dahulu. Karena dengan menggunakan akun bisnis kamu akan mendapatkan fitur yang dapat mempermudahkan pemasaran produk kamu itu sendiri. Seperti insights, promote.
Berikut 6 langkah untuk membuat akun bisnis kamu sendiri :


  1. Kamu harus membuat akun instagram menggunakan nama brand kamu sendiri
  2. Setelah itu, kamu masuk ke settingan dan scroll ke bawah sampai ketemu pilihan beralih ke akun bisnis atau switch to business account
  3. Kamu akan diperlihatkan fitur-fitur yang ada di akun bisnis, lalu. Klik lanjutkan hingga akhir
  4. Kamu akan disuruh untuk memilih kategori, pastikan kategori kamu ini sesuai dengan jenis produk kamu
  5. Pastikan bahwa nomor telepon tersebut benar-benar nomor kamu dan masih aktif
  6. Jika brand kamu sudah pernah mempunyai halaman di facebook, kamu bisa mengaitkan halaman facebook kamu tersebut dengan instagram
Setelah kamu sudah mempunyai akun bisnis kamu, cobalah untuk membuat agar akun bisnis kamu terlihat lebih profesional. Dengan begitu kamu lebih bisa di percaya oleh para pembeli nantinya.

Babastudio menyarankan kamu untuk mengatur 4 hal ini :

1. Foto profil Instagram

Kamu harus menggunakan foto atau logo dari brand kamu tersebut. Bentuk dari foto profil di instagram yaitu lingkaran, jadi. pastikan bahwa foto kamu tersebut bisa cocok dengan lingkaran tersebut. Babastudio menyarankan kamu untuk membuat foto dengan ukuran 110 x 110 pixel karena ukuran tersebut adalah ukuran yang di rekomendasikan oleh pihak instagram. Kamu bisa mengedit foto kamu di photoshop sebelumnya.

2. Mengatur Bio

Bio adalah tempat untuk kamu mengdeskripsikan brand kamu tersebut, deskripsikan dengan jelas, padat dan singkat. Jangan lupa untuk memasukan branded hastags kamu sendiri contoh jika bisnis kamu tentang makanan pedas kamu bisa menggunakan hashtags #PedasLebihAsik, #PedasNagih atau #SePedasSilet. Dengan branded hashtags ini bisa memudahkan para pembeli untuk mencari akun kamu nantinya di kolom pencarian instagram.

3. Mengfollow Akun Bisnis Lain

Cobalah untuk mengfollow akun bisnis lain yang punya passion sama seperti kamu contoh jika kamu mempunyai brand makanan kamu bisa mengfollow akun instagram resep makanan, bakso ataupun akun instagram mie ayam dan cobalahuntuk mengirimkan komentar difoto-foto mereka, dengan begitu secara tidak langsung kamu telah mempromosikan diri kamu sendiri dan kamu juga bisa memperhatikan apa saja yang disukai oleh konsumen kamu di akun bisnis saingan mu itu.

4. Foto yang Diupload

Kamu harus rutin untuk mengupload poto setiap harinya agar para followers kamu tau bahwa kamu adalah akun bisnis yang masih aktif dan profesional. Dengan kamu mengupload poto setiap harinya kamu secara tidak langsung telah menanamkan brand image kepada followers kamu sendiri.

Bagaimana jika tidak ada poto yang bisa diupload ba?

Disinilah kreatifitas kamu akan diuji, babastudio menyarakan kamu jika ternyata kamu sedang tidak ada produk yang bisa difoto lalu diupload. Kamu bisa membuat poto kreatifitas kamu sendiri seperti kata – kata mutiara, ucapan selamat pagi,sore malam, ucapan selamat hari minggu atau perayaan hari nasional seperti kemerdekaan, hari ibu dengan desain dan tulisan yang unik, menarik atau kamu juga bisa bekerja sama dengan akun bisnis lainnya agar kamu dan dia bisa saling mengupload poto masing – masing.

Bagaimana kalo followers kita,
menganggap kita ini nyampah di timeline mereka ba?

Jawabanya adalah waktu. Rutin disini bukan berarti kamu harus upload 50 foto setiap harinya yah, untuk pertama-tama kamu bisa menganalisa para followers kamu itu dengan mengupload 1 sampai 3 foto dan cobalah membuat instastory, lalu lihat berapa banyak orang yang melihat instastory kamu.

Contoh kamu mengupload gambar pada saat jam makan siang yaitu kisaran jam 12:00 – 13:00. Kamu bisa lihat berapa banyak orang yang melihat instastory kamu, lalu kamu upload lagi 1 foto dan 1 instastory pada jam 16:00 – 17:00 dan kamu upload lagi jam 20:00 – 21:00 lalu kamu bisa bandingkan dari 3 jam berbeda itu jam berapa yang paling banyak melihat instastory kamu dan menyukai foto kamu.

Setelah mendapatkan hasilnya, misalnya jam 20:00 – 21:00 setiap jam tersebut kamu wajib mengupload 1 foto. Dari pengalaman saya, pengguna instagram itu aktif saat jam 7 sampai jam 10 malam dan biasanya para akun bisnis yang telah sukses itu bisa mengupload foto lebih dari 5 kali setiap harinya. Buat kamu yang baru memulai bisnis di instagram cobalah untuk mengupload 2 foto setiap harinya yah.

#2 Buat Style Kamu Sendiri


Kamu harus mempunyai style atau gaya kamu sendiri agar mempunyai ciri khas sendiri contohnya seperti foto yang kamu upload diberikan sebuah desain khusus, untuk foto yang kamu upload babastudio menyarankanfoto kamu di edit terlebih dahulu di photoshop dengan ukuran 1080 x 1080 pixel agar foto tidak pecah saat kamu upload di akun bisnis kamu. 
 
Kamu juga bisa memberikan caption yang formal ataupun informal.

Contoh jika kamu membidik konsumen yang berada di umur 18 - 25 tahun kamu bisa menggunakan bahasa yang santai, lucu atau informal.

Tapi jika kamu membidik konsumen yang berada di umur 35 – 50 tahunkamu bisa menggunakan bahasa yang lebih serius dan formal. Tapi, itu semua tidak menutup kemungkinan bahwa kamu juga bisa menggunakan bahasa yang informal. Karena kamu bebas untuk menciptakan gaya bahasa kamu sendiri.



#3 Interaksi Dengan Followers

Jangan lupa juga untuk membalas komentar yang diberikan oleh para followers kamu, berinteraksi dengan mereka dapat membuat mereka lebih terbuka ke kamu. 

Tapi bagaimana jika komentar mereka jelek? dan Menjatuhkan ba?

Itu bukanlah masalah, untuk membuat sebuah bisnis yang maju pastilah selalu ada hambatannya salah satunya adalah komentar mereka yang kurang mengenakan itu. Kamu bisa mengevaluasi diri kamu sendiri setelah melihat komentar mereka agar tidak terulang kembali.

Tapi, biasanya ada juga orang yang menyarankan beberapa hal positif agar bisnis kamu maju.

Kamu juga harus memperhatikan followers kamu saat berkomentar di akun bisnis saingan kamu. Dengan begitu kamu jadi mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen kamu

Perhatikan menu insight untuk menganalisis instagram akun bisnis kamu. Ada beberapa menu dalam insight yang harus kamu ketahui seperti :

  1. Impressions yaitu jumlah berapa kali postingan kamu dilihat
  2. Reach yaitu jumlah pengguna yang telah melihat beberapa postingan kamu
  3. Profile Views yaitu jumlah berapa kali profil kamu dilihat
  4. Branded hashtags yaitu berapa banyak postingan yang kamu upload menggunakan branded hashtags 

#4 Promosi Dimana-mana

Setelah kamu memiliki akun bisnis dan kamu masih konsisten dalam mengupload foto produk kamu, kamu masih bisa menambah followers kamu dengan beberapa fitur yang telah disediakan oleh pihak instagram seperti dibawah ini 

1. Instagram Ads


Ini adalah stratetegi yang cepat untuk memasarkan produk kamu kepada konsumen yang kamu bidik, Instagram ads ini cara kerjanya hampir sama dengan facebook ads yaitu mendapatkan informasi secara lebih spesifik dan jangan lupa untuk menggunakan instagram kamu harus membayar ya. Ada beberapa jenis iklan dari instagram ads yaitu :
  1. Iklan foto, iklan dengan foto ini akan menampilkan gambar produk kamu secara sederhana dan simpel
  2. Iklan video, kamu juga bisa mempromosikan produk kamu dengan iklan video yang berdurasi 60 detik
  3. Iklan carousel, dengan iklan carousel kamu bisa memasukan foto lebih dari 1
  4. Iklan cerita, kamu bisa terhubung dengan 400 juta akun setiap harinya dengan menggunakan stories kamu
  5. Iklan koleksi, dengan iklan ini kamu bisa menjelaskan asal-usul dari mana inpirasi nama produk kamu tersebut. Kamu juga bisa menggunakan video dan gambar sekaligus

Dengan menggunakan instagram ads ini juga kamu akan mendapatkan beberapa fitur seperti :
  1. Lokasi, kamu bisa menentukan lokasi mana yang akan kamu jadikan target pemasaran kamu nantinya. Kamu bisa memilih negara, provinsi hingga kota.
  2. Demografi, dengan ini kamu bisa mempersempit jangkaun pemasaran kamu. Contoh jika kamu adalah penjual produk hijab kamu bisa mempersempit pemasaran kamu dengan hanya memilih wanita saja. Bukanya hanya jenis kelamin, kamu juga bisa memilih usia dan bahasa.
  3. Minat, instagram akan mencari tau aplikasi apa yang mereka gunakan, iklan seperti apa yang mereka klik dan akun apa yang mereka ikuti jika semua itu berhubungan dengan produk kamu. Maka produk kamu akan muncul di timeline mereka
  4. Perilaku, kamu bisa menentukan aktivitas yang mereka lakukan berulang-ulang di instagram dan facebook
  5. Pemirsa khusus, instagram akan menampilkan iklan kamu kepada orang – orang yang kamu kenal berdasarkan alamat email dan nomor telepon mereka 
  6. Pemirsa serupa, mencari orang baru yang serupa dengan pelanggan Anda yang sudah ada
  7. Penargetan otomatis, Instagram akan membantu kamu untuk membuat para pengguna instagram agar berminat dengan bisnis kamu melalu sinyal, lokasi demografi dan minat
Contoh akun bisnis yang sukses menerapkan instagram ads. Dikutip dari web business.instagram adalah blibli.com, Deny Agsana selaku Head Of Brand Management mengatakan“ Dengan iklan di cerita, kami dapat mengetuk ke dalam format baru sehingga Blibli.com dapat menampilkan promo dengan cara yang menyenangkan dan seru, namun tetap efektif.

Gaya bercerita ini sangat sesuai dengan pemirsa kami, yang meningkatkan metrik merek dan peningkatan konversi.”

Harganya berapa ba, dengan keuntungan seperti itu ?

Kamu bisa memasukan angka berapa saja,  tapi semakin besar kamu mengeluarkan uang buat iklannya maka mereka juga akan lebih optimal untuk mempromosikan iklan kamu. Namun, sekarang juga sudah banyak orang yang menerima jasa pembuatan instagram ads ini.

Bagi kamu yang memang mempunyai modal pas-pasaan babastudio tidak menganjurkan untuk menggunakan promosi dengan instagram ads ini, karena masih ada cara lain agar produk kamu bisa terkenal.
 

2. Menggunakan Jasa Ambassadors


Menggunakan jasa ambassadors atau mengendorse selebgram merupakan salah satu strategi pemasaran yang cepat agar produk kamu bisa laku. Kamu bisa mencari akun selebgram yang mempunyai followers lebih dari 30K atau mungkin 70K, kamu juga bisa mencari akun public figure yang telah terverifikasi oleh pihak instagram agar tidak tertipu.

Jika kamu sudah membayar mereka, kamu tinggal menyuruh mereka untuk memposting foto bersama produk kamu dan menjelaskan apa saja yang menjadi keunggulan produk kamu tersebut. 

Harganya berapa buat mengendorse selebgram gitu ba?

Untuk harga itu tergantung berapa banyak followers yang mereka punya, bisa 300 ribu – 500 ribu. Tapi jika akun tersebut sudah terkenal seperti ria ricis, rachel vennya, awkarin. Itu bisa 3 juta hingga 5 jutaan. 
 

3. Membuat Give Away / Hadiah Gratis


Kamu bisa membuat sebuah event give away di akun bisnis kamu, untuk hadiahnya itu bisa macam – macam.

Kamu bisa memberikan produk andalan kamu gratis ke 1 orang atau kamu juga bisa memberikan pulsa kepada 5 orang yang beruntung. Biasanya, mereka yang membuat give away selalu menggunakan syarat. Syarat yang familiar seperti :
  1. Like postingan ini
  2. Ajak 3 Teman kamu
  3. Sebarkan postingan ini 
  4. Ketik branded hashtags kamu, contoh ketik #PedasNagih di kolom komentar postingan ini

Untuk yang nomor 4, babastudio sangat menganjurkan kamu menggunakan syarat tersebut. Dengan menyuruh followers kamu mengetik branded hashtags tersebut (#PedasNagih) kamu telah menanamkan brand image produk kamu tersebut dan akan semakin mudah dicari nantinya.

Kita asumsikan followers kamu ada 500, jika yang mengikuti postingan kamu ada 300 orang saja. Maka, ada sekitar 900 orang yang telah melihat postingan kamu itu. Belum lagi, jika orang yang mereka ajak juga mau untuk mengikuti event give away kamu. Maka akan lebih banyak orang yang melihat akun bisnis kamu. Peluang menambah followers kamu pun pasti lebih cepat
 

4. Paid Promote


Paid promote itu adalah sebuah layanan jasa yang kamu bayar. Penyedia jasa ini adalah orang – orang yang memiliki followers yang banyak

Apa bedanya dengan mengendorse selebgram ba?

Dikutip dari bertuahpos.com “ Paid promote tidak jauh beda dengan Endorse. Kalau paid promote hanya mempromosikan suatu brosur, merek produk atau poster usaha sedangkan Endorse mempromosikan suatu barang, dimana nanti barang tersebut menjadi hak milik," terangnya. 

Cara menggunakan jasa paid promote ba?

Berikut cara untuk menggunakan jasa paid promote : 
  1. Kamu bisa mencari jasa paid promote terpercaya, Untuk kasus ini babastudio menyarankan kamu untuk mencari akun public figure. Biasanya di bionya terdapat nomor management yang bisa kamu hubungi
  2. Setelah kamu hubungi, management akun tersebut akan memberikan kamu kesepakatan seperti berapa harganya, berapa lama postnya di pasang, berapa banyak foto yang dipasang, cara bertransaksi.
  3. Lalu, kamu tinggal memberikan foto dan caption yang menarik jangan lupa juga branded hashtags kamu kasih ke dia. Cobalah buat semenarik mungkin 
  4. Terakhir, kamu tinggal menunggu efek domino yang kamu dapatkan dari paid promote tersebut
Kesimpulan
Setelah kamu mengetahui 4 strategi pemasaran di instagram kamu tinggal menerapkannya pada akun bisnis kamu.

Kamu juga harus konsisten dalam menjalankan bisnis kamu. Jangan mudah menyerah, jika kamu sedang lelah cobalah untuk beristirahat sejenak dan melanjutkan bisnis kamu di keesokan harinya.
Terimakasih, semoga sukses.


NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



04 December 2018 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Mau Jago SEO? Pahami Dulu Cara Kerja Search Engine Next Post 5 Peluang Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Siapa Saja: Termaksud Kamu