5 Peluang Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Siapa Saja: Termaksud Kamu

5 Peluang Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Siapa Saja: Termaksud Kamu

Internet adalah salah satu penemuan terhebat di dunia ini. Dalam bisnis khususnya, ia telah meningkatkan permainan.

Hari ini siapa yang belum mengenal internet? Apalagi generasi yang lahir di tahun 2000-an. Tak hanya hiburan, internet bisa dimanfaatkan untuk bisnis.

Bisnis yang dijalankan via internet yang disebut juga bisnis online. Ada banyak peluang bisnis online saat ini.

Siapa pun dapat memulai bisnis online yang bisa menghasilkan uang — siapa pun yang memiliki komputer atau alat yang bisa terhubung dengan dunia maya.

Berbisnis via internet kadang tidak diperlukan pengalaman teknis. Kamu tidak perlu tahu cara membuat situs web — tidak diperlukan pengetahuan pemrograman sama sekali.

Kamu juga dapat tinggal di mana saja yang kamu inginkan, mengatur jadwal kamu sendiri, dan bekerja sesedikit atau sebanyak yang kamu inginkan, tergantung pada seberapa cepat atau besar bisnis kamu ingin tumbuh. Kadang tidak diperlukan pengalaman bisnis atau pemasaran.

Meski kini semuanya serba mobile, tapi penggunaan komputer masih sangat dibutuhkan, entah laptop atau desktop PC.

Apa saja tren dan fakta tentang peluang bisnis yang menggunakan komputer?

  1. Industri untuk bisnis komputer dan internet bahkan belum ada beberapa dekade yang lalu, namun industri baru ini telah menjadi salah satu yang terpanas dan paling menguntungkan untuk memulai bisnis.
  2. Karena kemajuan teknologi sehari-hari dan ketergantungan dunia yang terus menerus pada komputer, internet, dan perangkat seluler, industri untuk peluang bisnis komputer dan internet diproyeksikan akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang.
  3. Ada sekitar lebih dari 3,5 miliar orang dengan akses ke internet. Kolam klien dan pelanggan yang sudah besar ini akan terus berkembang seiring kemajuan teknologi.
  4. Peluang investasi dalam industri komputer dan internet termasuk perawatan dan perbaikan komputer, internet, perbaikan ponsel, pemasaran digital, e-commerce, asisten virtual, aplikasi seluler, layanan TI, dan peluang pengembangan situs web.
  5. Banyak peluang bisnis komputer dan internet yang bisa dilakukan dari rumah dan memungkinkan untuk bekerja paruh waktu atau dengan jam yang fleksibel.
  6. Karena semua yang dibutuhkan oleh sebagian besar bisnis ini adalah komputer dan koneksi internet, pemilik bisnis dapat mengoperasikan bisnis mereka dari mana saja di dunia.
  7. Jika kamu sudah punya komputer di rumah, kamu selangkah lebih dekat untuk memiliki bisnis online. Karena sebagian besar peluang bisnis online berbasis rumahan dan tidak memerlukan etalase atau ruang kantor, investasi awal jugaberbiaya relatif rendah.
  8. Semua yang dibutuhkan jenis bisnis ini adalah komputer, koneksi internet, dan waktu untuk berinvestasi. Peluang bisnis online memiliki biaya awal yang lebih rendah dan sedikit atau tidak ada biaya yang berkelanjutan daripada peluang bisnis lainnya.

Peluang bisnis online memang besar tapi jangan lupakan hal penting lainnya. Apa itu? Pemasaran.

 

Apa Itu Online Marketing?


Bisnis online dan marketing online seperti dua saudara yang tak terpisahkan.

Online marketing (Pemasaran online)merupakan seni dan ilmu dalam menjual produk dan / atau layanan melalui jaringan digital, seperti internet dan jaringan telepon seluler.

Seni pemasaran online melibatkan pembauran pemasaran online yang tepat dengan strategi yang menarik bagi target pasar. Dan ini benar-benar diterapkan ke dalam penjualan.


Apa saja yang termasuk dalam online marketing?

Search Engine Marketing

Search Engine Marketing mencakup Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Machine (SEM).

SEO adalah proses penyetelan situs web bisnis kamu sehingga peringkatnya lebih tinggi dalam daftar pencarian ketika calon pelanggan memasukkan istilah pencarian yang sesuai dengan penawaran produk kamu.

SEO itu gratis. Sementara SEM itu berbayar dalam pemasaran pencarian –yakni pay-per-click (PPC), mesin pencari seperti Google akan menampilkan iklan ketika seorang pengguna memasuki pencarian menggunakan salah satu kata kunci yang kamu pilih.

Statistik SEM dapat memberikan umpan balik yang sangat baik tentang keefektifan iklan kamu, seperti click-through-rate (CTR, berapa kali iklan kamu diklik versus berapa kali halaman yang berisi iklan telah dilihat).


Online Advertising

Meskipun masih ada banner ads di internet, ada beberapa opsi lain yang tersedia, mulai dari interstisial (halaman web yang ditampilkan sebelum atau setelah halaman konten) melalui iklan teks. Media sosial yang berbeda, seperti Facebook, menawarkan platform iklan mereka sendiri.


E-mail Marketing

Setelah kamu membuat daftar pelanggan-pelanggan potensial yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan kamu, e-mail marketing bisa menjadi pilihan.

E-mail marketing bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan. Kamu dapat terus memperbaruinya dengan berita perusahaan, acara mendatang, dan penawaran khusus. Kamu juga dapat mengirimkan buletin dan penawaran produk atau layanan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.


Social Media Marketing

Platform media sosial seperti Twitter, Facebook,dan LinkedIn memberikan peluang untuk pemasaran online. Media sosial adalah percakapan - memerlukan partisipasi aktif daripada hanya memposting iklan untuk produk atau layanan kamu.

Baca Juga : Pelajari Strategi Pemasaran di Instagram


Blogging

Memiliki blog bisnis adalah cara lain untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan memberi mereka informasi tentang produk atau layanan kamu. Blog dapat digunakan untuk memberikan saran dan mendapatkan umpan balik yang bermanfaat.

Sementara mikroblog adalah bagian dari blog - biasanya terdiri dari pembaruan teks singkat yang dikirim melalui email, pesan instan, atau Twitter.

Itulah beberapa saluran yang bisa kamu gunakan untuk pemasaran online. Selama kamu punya tekad kuat dan berwawasan luas untuk menjalankannya maka peluang bisnis online kamu mencapai keberhasilan hanya tinggal menunggu waktu.

Meski kamu sudah punya saluran-saluran di media sosial, yang terpenting adalah kamu sudah punya situs web untuk memberikan informasi kepada pelanggan atau calon pelanggan.

Tapi menampilkan situs di halaman pertama mesin pencari atau berada di papan atas pencarian bukan hal yang mudah tapi juga bisa dibilang tidak sulit jika kamu tahu caranya.

Seperti yang dikatakan diatas kalau SEO itu berguna dalam dunia pemasaran online apalagi bila kamu mempunyai bisnis online maka ada baiknya kamu tahu cara optimasi SEO website. Kenapa?

Tentu saja agar website yang kamu miliki mendapatkan banyak pengunjung. Banyak pengunjung sama dengan banyak calon pelanggan.

Misalnya, kamu ingin menjual suatu produk baru buatan sendiri yang masih belum dikenal di masyarakat dan penjualannya khusus secara online.

Kamu bisa saja menyebar brosur, mengiklankannya di media radio atau televisi lokal, dan cara-cara “tradisional” lainnya. Tapi apa itu cukup?

Apakah website kamu bisa diketahui luas? Belum tentu. Belum ada jaminan bahwa website kamu akan selalu ramai pengunjung.

  

Sedikit Mengenai SEO

 Jika memang website kamu masih sepi pengunjung mungkin itu karena kamu belum menerapkan apa yang dinamakan SEO dengan benar atau malah belum sama sekali. Ayo kita lihat apa itu SEO?

Berikut sedikit penjelasan mengenai ini.

SEO, Search Engine Optimization, adalah istilah umum untuk semua metode yang dapat kamu gunakan untuk memastikan visibilitas website atau situs web beserta semua kontennya di halaman hasil mesin pencari (SERPs).

Ada beragam cara untuk mendapatkan hasil SEO terbaik. Melakukannya dengan rutin dan website kamu memperoleh cukup banyak pengunjung.

Dengan melakukan SEO, kamu bisa mempromosikan apapun dengan gratis.

Ada dua cara agar website kamu bisa menonjol, dengan SEO atau dengan iklan. Cara kedua tentu saja berbayar tapi hasilnya lebih cepat dirasakan. Tapi jika bisnis kamu sedikit terbentur dengan dana maka melakukan SEO adalah pilihan tepat untuk website kamu.

Melakukan ini maka peluang kamu sukses di bisnis online terbuka lebar.


Artikel Terkait : Mau Jago SEO? Pahami Dulu Cara Kerja Search Engine


Mengapa Anda butuh SEO?

Bayangkan seperti ini.

Mengapa kita membutuhkan jalan raya dari satu kota ke kota lainnya?

Itu untuk memperlancar kita bepergian menuju tujuan yang kita inginkan dengan lancar. Ditambah dengan adanya petunjuk jalan akan lebih memudahkan orang asing untuk menuju suatu tempat yang ia tuju.

Sama seperti gambaran di atas, sebuah situs yang dibangun dengan arsitektur kuat dan menyediakan navigasi yang jelas akan membantu mesin telusur mengindeks situs itu dengan cepat dan mudah.

Ini juga memberi pengunjung pengalaman yang baik dalam menggunakan situs itu dan berpeluang mendorong kunjungan berulang.

Ini sudah seharusnya dipertimbangkan karena search engine (mesin pencari),khususnya Google semakin memperhatikan pengalaman pengguna.

Laporan situs Search Engine Watch bahwa di tahun 2014 ada sekitar 64% dari semua lalu lintas web berasa dari pencarian organik. 2% dari media sosial, 6% dari iklan, 12% direct link, dan 15% dari sumber rujukan lain.

Ini menggambarkan betapa bergunanya SEO di dunia mesin pencari.

Lebih lanjut menurut situs Search Engine Watch bahwa berdasarkan penelitian Advanced Web Ranking menunjukkan bahwa pada SERP pertama, hasil lima teratas menghasilkan 67,60% dari semua klik dan hasil dari peringkat 6 hingga 10 hanya 3,73%.

Artinya situs web yang berada di peringkat lima teratas berpotensi mendapatkan kinjungan lebih banyak. Karena itu penting bahwa sebuah situs web untuk muncul di lima hasil teratas.

Setelah membaca uraian di atas, apakah kamu ingin agar website-mu berada di peringkat lima teratas?

Kembali ke peluang bisnis online...

Kamu masih ragu untuk berbisnis online? Ayo kita lihat.

 

5 Peluang Bisnis Online Yang Bisa Kamu Mulai Dengan Mudah


Media online itu adalah media yang benar-benar demokratis untuk berwirausaha.

Yang terbaik dari semuanya, tidak seperti bisnis fisik, kamu tidak perlu banyak modal awal. Bahkan, kamu bisa mendapatkan banyak bisnis di internet dan bisa berjalan tanpa kamu harus mengeluarkan uang sama sekali karena begitu banyak layanan gratis untuk memfasilitasi kemungkinan itu.

Contohnya, kamu dapat mengatur situs web atau blog secara gratis menggunakan WordPress. Atau kamubisa memanfaatkan situs pihak ketiga seperti Amazon atau eBay untuk menjual barang. Kamu menggunakan platform penjualan mereka sebagai imbalannyakamu memberi mereka potongan dari penjualan Anda.

Dan ini hanyalah permulaan dari banyak solusi startup e-commerce tanpa uang yang tersedia.

Mari kita lihat 5 peluang bisnis online untuk menghasilkan uang secara online dengan sedikit atau tanpa biaya sama sekali.


1.      Drop Shipping

Ide dasar di balik bisnis online drop shipping adalah bahwa, sebagai pemilik bisnis kecil, kamu tidak perlu mempertahankan inventaris produk yang besar atau menangani pengiriman apa pun kepada pelanggan kamu.

Itu menghilangkan biaya keuangan dan risiko karena memiliki gudang yang penuh barang yang kemungkinan tidak terjual, dan kerumitan mengatur mengirim pesanan ke seluruh negeri atau dunia. Bahkan, Anda tidak perlu memproduksi atau menyimpan produk apa pun sama sekali.

 

2.       Affiliate Marketing

Affiliate Marketing agak mirip dengan drop shipping tetapi dengan beberapa perbedaan utama. Dengan model e-commerce ini, kamu tak perlu lagi menyimpan inventaris produk sendiri, dan kamu tidak perlu khawatir tentang pengiriman produk ke pelanggan.

Pada dasarnya, kamu memilih niche yang menguntungkan untuk bisnis online kamu, dan kemudian kamu menemukan mitra afiliasi yang memiliki produk yang tersedia di niche itu.

Beberapa situs afiliasi yang paling populer diantaranya, Clickbank.com dan Amazon.com. Di antara mereka, mereka menawarkan hampir semua produk informasi digital (seperti ebook, file audio, file video) atau produk fisik.

Bagaimana cara kerjanya?

Kamu menawarkan produk untuk dijual, misalnya, di blog atau situs web e-commerce kamu. Setiap produk memiliki tautan unik yang melacak kembali ke akun kamu dengan mitra afiliasi Anda. Prospek yang mengeklik tautan dibawa ke keranjang belanja mitra kamu untuk pembayaran.

Begitu mereka membeli, pembelian itu dicatat dan kamu menerima komisi. Komisi ini bervariasi tergantung pada mitra afiliasi, tetapi umumnya 5% hingga 25%, atau 50% atau bahkan lebih, misalnya produk informasi digital.

Perbedaan utama mereka antara affiliate marketing dan drop shipping adalah bahwa kamu bisa lebih bebas. Yang harus kamu lakukan adalah menyediakan tautan bagi pelanggan untuk mengklik dan biarkansi penjual menangani semuanya, seperti penagihan, pemenuhan pesanan, layanan pelanggan, dll.

Pada intinya, kamu hanya perlu menangani pemasaran agarsi prospek melakukan pembelian (entah melalui media sosial, e-mail marketing, blogging, atau metode apa pun yang kamu pilih).

 

3.       Blogging

Jika kamu memiliki keahlian atau minat menulis makakamu siap untuk mulai menghasilkan uang dengan blog. Dengan layanan seperti Blogger (www.blogger.com), kamu dapat memulai blog di sana dengan gratis. Kamu juga dapat membuat situs kamu sendiri dan mengamankan hosting kamu sendiri dengan harga murah.

Kamu mungkin berpikir menulis blog adalah hanya tentang menulis. Dan bisa jadi iya jika itu yang ingin Anda lakukan. Tetapi posting blog yang ditulis hanyalah awal. kamu dapat memposting foto, video, dan tautan ke situs lain, memposting ulang berita dan artikel lainnya ... selama itu berkaitan dengan niche kamu.

Jenis konten apa yang harus mesti kamu sediakan?

Apa pun yang penting menarik bagi prospek kamu dan bermanfaat.

 

4.       Video Online

Seberapa sering kamu menonton video YouTube akhir-akhir ini?

Situs ini adalah salah satu situs web paling populer di dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna yang menonton ratusan juta jam video setiap hari.

Kamu dapat memanfaatkan jangkauan YouTube untuk menghasilkan uang secara online. Kamu akan membuat konten yang bermanfaat ... sesuatu yang menarik yang ingin ditonton orang. Dan jika itu berhasil maka itu bisa mendatangkan keuntungan.

Keuntungan dari mana?

Kamu bisa menghasilkan uang dari pendapatan iklan.

Pada dasarnya, Google memberi lampu hijau untuk menyertakan iklan AdSense pendek dengan video kamu, yang dapatdilihat saat menonton video YouTube. Ketika pemirsa mengklik iklan tersebut, kamu pun dibayar.

Kesempatan lain untuk menghasilkan uang dengan saluran YouTube adalah melalui sponsor berbayar. Dirikan pengikut yang cukup besar dan perusahaan akan dengan senang hati membayar kamu untuk mempromosikan atau menyebutkan produk dan layanan mereka di video kamu.

 

5.       Information Products

Ketika kamu memiliki bisnis di internet, itu tidak harus tentang menjual produk fisik. Bahkan, produk informasi digital adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk menghasilkan uang. Peluang bisnis online ini juga cukup besar.

Apa saja?

  • Audio: rekaman telekonferensi, wawancara, kursus, atau beberapa produk kata lisan lainnya
  • Video: webinar yang direkam, tutorial, wawancara
  • Teks: sebuah ebook, buku instruksi, panduan perjalanan

Di setiap kategori tersebut, kamu benar-benar dapat menjadi kreatif dan membuat jenis dan format konten apa pun, asalkan menarik dan bermanfaat.

Apa pun cara kamu melakukannya, semua itu adalah penghasilan pasif — uang yang kamu hasilkan dengan cukup santai. Kamu bisa mendapatkan pendapatan kapan saja bahkan ketika kamu tidur sekalipun.

Ketika sudah melakukan apa yang harus dilakukan maka secara otomatis kamu dapat menikmati hasilnya. Yang harus kamu lakukan adalah memeriksa penjualan secara berkala untuk melihat topik atau jenis produk apa yang paling laris sehingga kamu dapat membuat lebih banyak dari itu.

Peluang bisnis online di era globalisasi ini sangat besar. Kamu bisa mempelajari teknik-teknik online marketing dengan sendiri atau kamu bisa mengikuti kursus di tempat kursus berkualitas.

Salah satunya Babastudio. Tempat kursus yang telah mendapatkan banyak penghargaan ini bisa membimbingmu dalam mempelajari berbagai teknik online marketing dengan mengikuti kursus internet marketing.

Tak perlu ragu lagi belajar di Babastudio dan jangan biarkan peluang bisnis online kamu lepas begitu saja.



NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



07 December 2018 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post 4 Strategi Pemasaran Menggunakan Instagram Next Post 21 Peluang Usaha Yang Menjanjikan Dari Bisnis Modal Kecil