Tips Membuat Desain Website Yang SEO Friendly

Tips Membuat Desain Website Yang SEO Friendly

Istilah SEO tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, SEO adalah Search Engine Optimization yang  saat ini  menjadi  bahan  pertimbangan  seseorang  ketika  merangcang  websitenya. Demi mendapatkan  ramainya  jumlah  pengunjung  dan  juga  meningkatkan  visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari agar mudah ditemukan oleh pengunjung.

Dengan  mempertibangkan  SEO,  seseorang  akan  mampu meningkatkan proses  pemasaran  website  bisnis  yang  sedang  ia  jalankan  dan  mendapatkan  beberapa keuntungan lain. Oleh  karena  itu,  penting  bagi  seorang  desainer  website  untuk  mempertimbangkan  SEO dalam merancang sebuah desain website. Berikut adalah tips-tips dalam membuat desain website yang SEO Friendly:

1. Desain Website Harus Responsive
Untuk medapatkan posisi teratas dalam mesin pencari seperi Google, desain sebuah website haruslah responsive dimana desain website tersebut akan menyesuaikan  tampilannya secara otomatis sesuai dengan layout media yang digunakan pengunjung baik itu PC/desktop, tablet, ataupun smartphone. Dengan begitu, pengunjung dapat mengakses website tersebut dengan nyaman meskipun dari media yang berbeda. Bahkan, dari pihak Google mengatakan bahwa website yang responsive akan dipriotaskan menduduki posisi atas di mesin pencari mereka.

2. Sertakan teks yang sudah dioptimasi untuk SEO
Kita semua mengetahui, bahwa teks adalah bagian terpenting dari sebuah website yang mengisi setiap halaman website. Teks yang digunakan selalu berada di bawah radar google, sehingga jika teks yang digunakan berasal dari website lain atau ada kesalaha ejaan dan tata bahasa, sudah pasti website tersebut tidak akan bertahan dari pinalti Google Panda.

Untuk itu, berikanlah judul yang bagus dengan menggambarkan website dalam 50-60 karakter serta menuliskan deskripsi singkat pada meta deskripsi ( 150-320 karakter) kemudian memasukkan kata kunci pada bagian meta keyword. Kemudian, maksimalkan keyword dan title yang bagus, unik dan relevan dengan website pada bagian-bagian ini : 
 
  • Title tag
  • Meta description &keywords
  • Website slogans
  • Navigation
  • Breadcrumb trails
  • H1, H2 and H3 tags
  • Bullet points
  • Alt text
  • Title attribute on links
  • The main website copy
  • Internal links
  • Footer links
  • URL
  • File / folder names
3. Nama file pada gambar, txt, pdf, dan lainnya harus dioptimalkan
Selain teks gambar juga menjadi sesuatu yang harus diperhitungkan karena di mesin pencari seperti Google, orang dapat mencari gambar. Maka dari itu gambar juga mampu meningkatkan jumlah pengunjung kita. Oleh karena itu, buatlahnama file gambar yang bagus seperti gedung-putih.jpg, jangan nama yang tidak jelas seperti image1.jpg. Dan perlu juga ditambahkan tag ALT pada setiap gambar.hal tersebut tentu akan meningka tvisibilitas gambar dimata mesin pencari.

4. Sistem navigasi berbasis teks
Jika melihat aturan dari webmaster Google yaitu " Membuat situs dengan hirarki dan teks melalui link yang jelas. Setiap halaman harus dapat dicapai dari setidaknya satu link teks statis."

Sebaiknya kita membuat sistem navigasi yang baik dan jelas penulisannya. Gunakan lah sistem navigasi teks karena mesin pencari lebih mudah mengenali sistem navigasi berbasis teks serta buatlah sederhana dengan tidak menambah sub-sub menu ataupun penggunaan javascript ataupun flash karena akan menyulitkan mesin pencari.

5.Membuat Redirection 301
Ketika kita melakukan desain ulang, maka halaman lama kita menjadi tidak terpakai atau terhapus. Sehingga, saat pengunjung mengunjungi halaman tersebut, mereka  akan diarahkan ke halaman 404. Oleh karena itulah, gunakan sistem redirect 301 untuk mengarahkan halaman lama tersebut ke halaman baru.

Dengan menggunakan redirect 301 akan memberitahu mesin pencari bahwa URL halamanlama sekarang berganti URL halaman baru. Hal ini akan menyelamatkan dari kehilangan traffic serta mempertahankan otoritas domain yang suda SEO dan setiap link ke halaman lama akan dihitung terhadap halaman baru.

Pada saat melakukan redesign, biasanya akan ada halaman yang tidak terpakai atau dihapus. Pengunjung akan mendapati halaman 404 ketika mereka mengunjungi halaman tersebut, mesin pencari pun akan menemukan hal tersebut, padahal sebelum ada. Untuk itu gunakan sistem redirect 301 untuk mengarahkan halaman lama tersebut kehalaman baru jika memang halaman lama tidak terpakai lagi.

Halaman lama dan baru ini biasanya hanya berdasarkan URL saja, berbeda URL akan dianggap halaman berbeda. Redirect 301 ini akan menyelamatkan Anda dari kehilangan traffic, ini akan memberitahu bot mesin pencari bahwa halaman lama diganti dengan halaman baru. 
Cara penulisan : redirect 301 /your
-old
-page /your
-new
-page

6.Optimasi Sosial Media
Untuk menaikkan peringkat di mata mesin pencari, kita harusnya menggabungkan elemen-elemen media social ke website dengan menyertakan ikon untuk semua media social yang dicantumkan seperti Facebook, Twitter, Instagram, Ask.fm, dan lainnya

(ULI)

     

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



10 October 2016 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Cara Ingin Mengetik Dengan Cepat Next Post Tips Bagaimana Menjadi Full-Stack Developer