Cara Ingin Mengetik Dengan Cepat

Bisakah Anda mengetik? Tentu hampir semua dapat memastikan dirinya melakukan hal ini. Jika ditanya siapa yang bisa mengetik dengan melihat layar? Tentu tidak semua orang bisa. Kalau melakukannya pada layar smartphone, mungkin lebih banyak yang bisa. Namun, jika pada laptop atau komputer, mungkin hanya yang sering memaninkan saja yang memiliki keahlian ini. 

Tak sedikit orang yang ingin mahir dalam mengetik. Namun, terkadang tehnik yang kita lakukan kurang mendukung untuk membentuk keahlian kita. Oleh sebab itu, keseringan dalam menggunakan perangkat-perangkatnya juga kurang optimal. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat kita mahir mengetik dengan cepat akan saya paparkan dalam artikel ini. 


Biasakan menggunakan tehnik mengetik 10 jari 

Banyak yang bilang kalau tehnik ini sedikit rumit. Ya, kemampuan ini akan dikuasai bagi orang-orang yang terbiasa melakukannya. Kalau telah terbiasa akan menjadi suatu keahlian luar biasa nantinya. Biasanya cara ini diterapkan bagi orang-orang yang terbiasa mengetik dan melakukannya sebagai kegiatan rutinitas keseharian mereka. Seperti para pegawai akuntan atau bank, seorang penulis, para programmer, atau bahkan gamer sejati. Para pemilik keahlian ini tidak perlu lagi untuk memperhatikan keyboard mereka. Tangan mereka akan langsung mengambil posisi dan mulai mengetik dengan pandangan ke layar. 

Maka bagi kalian yang ingin mahir dalam mengetik, tak salah jika Anda mencoba cara mengetik dengan 10 jari ini.


Mengahapal keyboard 

Bentuk, ukuran, dan warna keyboard harus dihapal? Jelas bukan itu maksudnya. Menghapal keyboard di sini mengajak kita untuk mengingat rangkaian huruf, simbol, dan tombol-tombol lainnya yang tersedia pada keyboard. Di mana letak huruf ‘A’, tombol ‘Enter’, tombol titik, dan lain sebagainya.

Anda dapat menghapal tombol-tombol keyboar tersebut dengan berbagai cara pula. Bisa dengan perkiraan, sesuai aturan dasar, atau dengan berlatih pada aplikasi yang memang diciptakan untuk melatih kemampuan mengetik.


  • Cara prediksi

Setelah kita mengingatnya, mulailah mengetik dengan mengira-ngira letak tombol tersebut tanpa melihat papan keyboardnya. Ketikkan sebuah kata atau kalimat dengan mata melihat layar. Lakukan hal ini berulang-ulang sampai Anda benar melakukannya. Setelah benar, lakukan berulang-ulang lagi untuk menambah kecepatan Anda dalam mengetiknya. Lama-kelamaan hal ini akan terkesan mudah dan tanpa disadari ketikan Anda memakan waktu yang cepat.


  • Cara aturan dasar

Cara ini sama seperti yang diungkapkan sebelumnya yaitu dengan meletakkan jari-jari Anda di atas keyboard yang memposisikan 10 jari. Setiap jari melakukan gerakan untuk 3 tombol keyboard, kecuali ibu jari dan jari kelingking. Variasi untuk cara ini sangatlah banyak. Intinya yaitu dengan menempatkan 10 jari kita seperti gambar di bawah ini sehingga kit adapt dengan mudah menghapal tombol yang lain.


  • Cara Berlatih menggunakan aplikasi

Pada dasarnya aplikasi-aplikasi yanag diciptakan memiliki tujuan yang sama denga cara-cara sebelumnya, yaitu melatih jari-jari Anda. Agar lebih teratur dan terstruktur, pelatihan Anda dalam mengetik lebih bertahap. Tak jarang orang men-download aplikasi mengetik untuk meningkatkan kemampuan mengetik mereka. Biasanya aplikasi ini menerapkan konsep game, sehingga pengguna pun tidak bosan untuk berlatih. Salah satu aplikasi yang serig digunakan adalah Rapid Typing Tutor. Anda dapat mendownloadnya di sini: http://skip.master-cyber.com/X via Tusfiles.


( Viana )


DATA PENERIMA VOUCHER KURSUS ONLINE DAN KONSULTASI

  
  
Loading...



Komentar