Tips Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak Atau Tidak Terbaca

Tips Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak Atau Tidak Terbaca

Kartu memori atau SD card merupakan memori ekternl yang sering digunakan pada bebeapa gadget. Walaupun smartphone telah menyediakan memori internal, banyak orang yang masih merasa perlu menggunakan SD card untuk menyimpan data-data mereka. Penggunaan kartu memori memungkinkan kita untuk menampung data yang lebih banyak pada smartphone. Penyimpanan juga lebih efisien jika dilakukan pada SD card mengingat SD card tidak mengabiskan banyak memori internal.  Dalam penggunaannya, tak jarang kartu memori yang kamu gunakan tidak terbaca atau bahkan rusak. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki kartu memori kamu.

1.Bersihkan Kartu Memori

Kamu dapat melakukan pembersihan pada kartu memori. Lakukan pembersihan pada lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan yang berada pada kartu memori. Gunakan penghapus pensil yang berwarna putih ntuk menggosokknya. Lakukan secara perlahan. Jika kamu rasa telah bersih, coba masukkan ulang kartu memori kamu ke slot memori. Kemudian periksa apakah sudah dapat terbaca atau belum.


2.Periksa dengan Komputer

Untuk menghubungkan kartu memori ke komputer, kamu dapat menghubungkan Android kamu ke komputer menggunakan kabel data. Lalu perhatikan Android dalam status Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP). Selanjutnya, buka Windows Explorer dan klik kanan pada drive yang berupa kartu memori kamu. 

Pilih Properties, Tools, dan klik Check pada bagian pemeriksaan error. Tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, lakukan pilihan Eject terhadap kartu memori pada komputer dan coba kembali pada smartphone kamu apakah kartu memori sudah terbaca atau belum.


3.Format pada Komputer

Format kartu memori pada komputer dapat kamu lakukan dengan melepas kartu memori dari smartphone kamu. Gunakan adapter untuk menghubungkan kartu memori kamu (MicroSD) agar bisa terhubug pada slot komputer. Klik kanan pada drive kartu memorinya sehingga akan muncul pilihan Format dan pilih. Jika proses sudah selesai, cek kartu memori kamu saat telah dikembalikan ke smartphone. Apakah masih belum terbaca?

(Uli)

  


IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



02 November 2016 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Ini Dia 7 Perintah Command Prompt Para Hacker Next Post Cek Keaslian Android, Ini Caranya!