Cek Keaslian Android, Ini Caranya!

Cek Keaslian Android, Ini Caranya!

Smartphone Android merupakan smartphone yang memiliki sistem operasi open source, sehingga tidak heran banyak vendor yang dengan mudah mengembangkannya. Tidak sedikit pihak yang tidak bertanggung jawab meniru sedemikian rupa perangkat Android, dengan menurunkan performanya. Perangkat tiruan ini sering disebut dengan istilah KW atau tiruan.Smartphone yang KW biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih murah dari daripada produk yang asli.

Sungguh sangat mengesalkan jika kamu kedapatan produk tiruan, bukan? Apalagi spesifikasi yang dimiliki sangat jauh dibandingkan produk original.Berikut beberapa cara untuk dapat mengecek keaslian Android yang kamu punya.

1.Gunakan aplikasi AIDA64

Kamu dapat mendownload aplikasi ini melalui Play Store secara gratis. Aplikasi ini akan memberi tahu spesifikasi smartphone kamu sehingga kamu kemudian dapat mencocokkan spesifikasi tersebut dengan website resmi Android milikmu.


2. Gunakan aplikasi Ampere

Aplikasi ini sebenarnya diperuntukkan untuk mengecek keaslian charger. Besarnya arus yang keluar dari charger kamu akan terdeteksi pada aplikasi ini. Arus yang lemah berkemungkinan sebagai produk yang palsu. Jika charger palsu, maka charger sangat berpeluang besar merupakan produk yang palsu.


3. Gunakan aplikasi Antutu Benchmark

Skor yang dihasilkan pada aplikasi Antutu Benchmark ini mungkin dapat jadi pembanding bagi kamu yang ingin mengukur keaslian dari smartphone Android. Setelah kamu mengunduhnya pada Play Store, segera cari tahu skor Antutu smartphone kamu di internet. Bandingkan keduanya dan pastikan skornya tidak terpaut terlalu jauh. Jika berbeda jauh, kamu patut curiga dengan keaslian smartphone yang kamu miliki.


4.Periksa kode IMEI

Kode IMEI dapat kamu akses dengan melakukan panggilan ke *#06# atau dengan masuk ke menu Settings lalu pilih About. Setelah dapat kode IMEI dari Android, kamu dapat mengunjungi website http://www.imei.info/ untuk mengecek apakah informasi yang ditampilkan sesuai dengan smartphone yang kamu miliki atau tidak.


Jika dari percobaan di atas terdeteksi bahwa smartphone yang kamu miliki kemungkinan palsu, kamu dapat mngembalikannya ke toko tempat kamu membelinya. Smartphone palsu sangat merugikan pengguna. Oleh sebab itu, perhatikan toko tempat kamu akan melakukan pembelian smartphone.

(uli)

    


IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



02 November 2016 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Tips Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak Atau Tidak Terbaca Next Post Tips Dan Trik Membedakan Charger Asli Dan Palsu