Ini Dia 7 Perintah Command Prompt Para Hacker

Ini Dia 7 Perintah Command Prompt Para Hacker

Beberapa orang mungkin tidak mengetahui kegunaan Command Prompt. Tampilannya yang membosankan membuatnya relatik tidak digunakan. Tetapi jangan salah, Command Prompt bisa melakukan hal-hal penting yang berkaitan dengan kinerja laptop kamu. Command Promp sendiri merupakan tools pada Windows, kalau pada Linux namanya Terminal.

Bagi kamu pengguna komputer, tidak ada salahnya untuk mempelajari lebih dalam mengenai Command Prompt. Mempelajari Command Prompt bahkan membuat kamu lebih memahami kinerja komputer kamu lebih dalam. Command Prompt dapat diakses dengan tombol Windows + R pada keyboard sehingga dapat muncul kotak dialog Run dan ketikkan cmd lalu Enter, maka Command Prompt kamu akan terbuka.

Nah, berikut ini bebrapa perintah yang sering digunakan para hacker pada Command Prompt dalam melakukan aksinya.

1. Ping


Perintah ping biasanya digunakan dalam menguji jaringan. Ping dapat mengecek ip/domain tertentu sedang dalam keadaan hidup atau mati. Ping pada Windows biasanya
mengirimkan 4 paket, misalnya ping 8.8.8.8 yang merupakan kepunyaan Google. Parameter yang dimiliki ping juga banyak yang sering digunakan oleh para hacker.

2. Nslookup


Dari nslookup kita dapat mengetahui ip dari sebuah domain. Nslookup sebenarnya memiliki banyak fungsi. Kamu dapat mengetahui alamat IP dari halaman website dengan menggunakan nslookup pada Command Prompt.

3. Route


Perintah route berfungsi untuk melakukan routing pada komputer ke suatu jaringan LAN atau WAN. Fungsi route lainnya seperti untuk mengetahui proses traffic jaringan, informasi host, gateway dan network destination.

4. Tracert


Untuk melacak jalur yang dilalui paket data menuju ip/host tertentu pada internet merupakan fungsi dari perintah tracert atau traceroute.

5. ARP


Address Reslution Protocol atau disingkat ARP merupakan perintah Command Prompt yang bertugas untuk mencari tahu alamat hardware dari suatu host yang tergabung dalam sebuah jaringan LAN. Pastinya dengan memanfaatkan IP Address terkonfigurasi pada host tersebut.

6. Ipconfig


Beberapa fungsi yang terdapat pada ipconfig seperti mengatasi troubleshooting jaringan atau mengatur ulang jaringan menggunakan DHCP. Fungsi lain yaitu melihat informasi jaringan atau informasi IP yang terpasang pada network adapter.

7. Netstat


Netstat menampilkan statistic koneksi jaringan ke komputer yang sedang dipakai. Perintah netstat akan menapilkan layanan jaringan yang sedang dipakai dilengkapi informasi ip dan port-nya.

(uli) 

      


IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



01 November 2016 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Hilangkan Virus Di Komputer Dengan Command Prompt Next Post Tips Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak Atau Tidak Terbaca