Panduan Lengkap Website : Kelebihan Dan Kekurangan Website Builder Gratis


Panduan Lengkap Website : Kelebihan dan Kekurangan Website Builder Gratis

Hasil gambar untuk free website builder

Mungkin sebelumnya Anda pernah mendengar istilah mengenai web builder gratis. Dengan web builder gratis Anda bisa membuat website sendiri dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun 

Saat ini terdapat banyak penyedia web builder gratis yang bisa Anda gunakan dengan mudah seperti Wordpress, Joomla, dan Drupal. Yang anda perlukan hanya sign up atau login pada website mereka

Di samping itu, hampir semua web builder gratis menawarkan beragam fitur dan fasilitas yang sangat ramah pemula. Anda tidak perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang programming untuk membuat website anda sendiri

Namun, Sadarkah anda bahwa jasa  yang mereka tawarkan tidak sepenuhnya gratis ? Kita akan kupas pertanyaan tersebut dengan ulasan dibawah ini

Kekurangan web builder gratis

Meskipun tidak semua web builder gratis sama, tapi berikut ini beberapa keterbatasan yang mereka miliki.

Keterbatasan jumlah halaman

Kebanyakan web builder biasanya membatasi jumlah halaman yang bisa Anda buat. Sebagai contoh, mereka mungkin memperbolehkan Anda untuk mempublikasi sampai lima halaman saja.

Sementara faktanya banyak website yang membutuhkan halaman lebih dari itu terutama website e-commerce, dan sangat disarankan untuk hanya menggunakan layanan gratis mereka dalam jangka waktu yang pendek saja. Jika anda serius ingin membangun website yang berkualitas, alangkah baiknya menggunakan layanan website berbayar.

Tidak memiliki nama domain

Web builder gratis kebanyakan tidak memperbolehkan Anda menggunakan URL sendiri. Mereka akan memberikan URL gratis yang tentu saja memiliki nama brand mereka pada URL website yang anda buat. Padahal website dengan domain .com akan lebih mudah diingat oleh pengguna internet

Contohnya jika Anda menggunakan Wordpress, nama domain Anda akan menjadi websitesaya.wordpress.com. Dengan demikian kredibilitas website anda akan menurun dan terkesan tidak serius dalam pembuatannya

Sulit ditemukan di Search Engine (SERPs)

Belum lagi permasalahan mengenai SEO website Anda. Sebagai contoh web builder gratis seperti Wix,  dengan Wix Anda mungkin akan mendapat website dengan tampilan yang sangat menarik. Karena Wix menggunakan sebuah teknologi untuk menampilkan content yang disebut AJAX.

Teknologi ini cukup canggih dalam dunia web design tapi kekurangannya, search engine (mesin pencari) seperti Google tidak bisa membaca content website yang dibuat dengan AJAX. Artinya calon prospek atau konsumen Anda akan kesulitan untuk menemukan website Anda di search engine.

Layanan Customer service yang minim atau bahkan tidak ada

Anda mungkin tidak akan mendapatkan fasilitas customer support dengan web builder gratis, hal ini sangat wajar mengingat Anda menggunakannya tanpa berbayar. Jadi apabila website anda mengalami masalah, anda harus memecahkan sendiri masalah tersebut.

 

Keterbatasan Fitur 

 

Web builder gratis membatasi berbagai fitur penting yang mungkin Anda sangat butuhkan. Terutama jika website anda berjenis E-commerce (toko online) tentunya akan membutuhkan SSL, website analytics, plugins, add-ons dan email resmi dengan nama domain. Tanpa adanya fitur tersebut anda tidak dapat merencanakan digital marketing anda dengan baik. 

Apakah anda Ingin klien tahu bahwa anda menggunakan web gratisan?

Hampir semua web builder mengharuskan logo mereka untuk ditampilkan pada website gratis yang Anda buat. Apakah itu dibagian tengah halaman, bawah maupun atas. Seperti Wix, yang memiliki badge atau logo pada bagian sudut atas kanannya.

Ingin website Anda disisipi iklan?

Ini merupakan salah satu kekurangan terbsesar yang ada. Kebanyakan web builder gratis akan menyisipkan iklan pada halaman website Anda.

Hal ini tidak bisa dihindari, tentu saja ini yang harus Anda bayar untuk menggunakan web builder mereka dengan cuma-cuma. Anda tidak harus membayar apapun tapi mereka akan menampilkan iklan kepada pengunjung website Anda.

Dengan iklan yang muncul pada website, tentu hal ini bisa terlihat kurang profesional dimata calon klien atau konsumen Anda. Selain itu iklan juga bisa membuat pengunjung website untuk pergi dari website Anda ketika mereka justru tertarik dan mengklik iklan yang ada.

Apakah Anda membutuhkan penyimpanan ekstra?

Untuk yang satu ini, baik layanan berbayar maupun gratis tetap memiliki keterbatasan ruang penyimpanan dan bandwidth. Tapi bedanya, web builder gratis memiliki ruang penyimpanan yang jauh lebih sedikit.

Anda mungkin hanya akan memiliki beberapa megabyte untuk menyimpan halaman dan gambar website. Dengan begini tentunya akan membatasi content dan kualitas gambar yang bisa Anda miliki.

Atau mungkin Anda membutuhkan font lain yang tidak bisa diganti karena sudah dipaketkan dengan template gratis yang tersedia.

Biaya pembuatan website profesional?

Menggunakan jasa pembuatan website profesional tentunya akan memakan biaya yang mungkin bisa mencapai jutaan bahkan lebih. Memang jika Anda melakukannya sendiri, pasti biayanya jauh lebih sedikit.

Tapi perlu diingat bahwa Anda bukanlah seorang web designer terlebih lagi membuat website sendiri pasti akan menguras banyak waktu.

Web builder bisa membutuhkan biaya mulai dari 10 sampai 20 dolar perbulan atau lebih. Belum lagi jika Anda menginginkan fitur eCommerce, akan ada tambahan biaya yang cukup besar dan ini masih diluar biaya web hosting yang harus ada bayarkan setiap tahunnya.

Kesimpulan

Bagi Anda yang ingin membuat website personal atau blog pribadi, menggunakan web builder mungkin masih disarankan.

Tapi jika Anda ingin membuat website untuk sesuatu yang lebih serius, seperti website company profile, dan toko online misalnya, maka Anda perlu jasa pembuatan website yang lebih meyakinkan.

Tentunya dengan web builder gratis Anda tidak akan bisa mendapatkan kesan seperti itu dari calon konsumen.

Memiliki website bisa memberikan beberapa manfaat, salah satunya adalah branding dan juga investasi, maka dari itu rencanakan website Anda dengan seksama.

 

Sumber : Hostgator

Dapatkan Diskon 20% Kursus SEO Terbaik Sekarang Juga



IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



19 December 2019 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Kelebihan Dan Kekurangan Website Next Post Panduan Lengkap Apa Itu Content Delivery Network (CDN), Manfaat Dan Cara Kerjanya