7 Tips Memilih Smartphone Android Yang Sesuai Untuk Gaming

7 Tips Memilih Smartphone Android Yang Sesuai Untuk Gaming

Dengan adanya perkembangan sistem operasi mobile yang semakin canggih dan juga memiliki peforma yang baik terutama OS Android dan iOS, bermain game melalui mobile menjadi semakin menarik dan menyenangkan. Smartphone untuk bermain game berbeda dengan dulu, dimana game hanya identik dengan PC dan juga konsol game sedangkan gaming melalui mobile phone masih tidak menarik dan tidak mengesankan.

Hal itu juga didukung dengan meningkatnya kemampuan prosesor di smartphone bahkan ada prosesor smartphone yang berada di atas spesifikasi PC computer. Nah, tentunya tidak semua smartphone sesuai untuk gaming, Anda harus pandai memilih spesifikasi smartphone yang sesuai untuk gaming.

1. Kenali Chipset dan Prosesor


Pertama, Anda harus mengenal SoC (System on Chip). Apa itu SoC? SoC adalah otak smartphone Android yang merupakan salah satu komponen penting yang menopang Anda ketika gaming. SoC itu sendiri terdiri dari beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda – beda seperti prosesor, GPU, modem, dan komponen lainnya yang mengatur pemrosesan data.

Terkadang orang berpikir bahwa prosessor dan chipset adalah sama padahal prosessor itu hanyalah bagian dari SoC. Biasanya prosesor untuk smartphone adalah single core, dual core, quad core, hexa core, octa core, atau deca core. Sedangkan, chipset itu ada terdiri dari model dan merek yang beragam seperti Qualcomm Snapdragon 820 atau MediaTek Helio X25.

2. Core Penentu Peforma Smartphone Android ?

Perlu Anda ketahui bahwa jumlah core itu sendiri tidaklah menjamin cepat atau tidaknya performa smartphone. Anda tidak perlu harus mencari smartphone untuk bermain game yang jumlah core nya banyak karena prosesor yang dioptimalisasi bisa lebih powerful daripada yang banyak jumlah. Sebagai contoh, chipset Apple A10 Fusion pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dimana dengan hanya mengandalkan prosesor quad core 2.34 GHz, tetapi peforma yang dimiliki sudah tidak diragukan lagi.


3. Kenali Jenis Chipset Yang Sesuai

Selanjutnya, Anda perlu perhatikan jenis chipset yang akan digunakan. Karena chipset menentukan bagus atau tidaknya performa smartphone android. Pasar chipset saat ini dikuasai oleh Qualcomm dan MediaTek.

4. Pilih Chipset Menengah Terbaru Atau Chipset Kelas Atas Lama?

Bagi Anda yang hobi gaming tetapi kurang dana maka Anda dapat mencoba menggunakan smartphone dengan chipset Snapdragon 810 atau Snapdragon 808. Kemudian, untuk smartphone level menengah, Anda dapat menggunakan smartphone dengan chipset minimal Snapdragon 615/625.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa Snapdragon 400 sebenarnya tidak sesuai untuk gaming dan Snapdragon 410/430 lebih cocok untuk aktivitas sehari-hari seperti untuk media sosial.

5. Pilih RAM dan Memori Internal Yang Ideal

Pada game, RAM digunakan sebagai tempat dimana game Anda disimpan sementara untuk diakses oleh prosesor dan GPU sedangkan memori internal digunakan untuk menyimpan data secara permanen. Sebaiknya, RAM yang digunakan di smartphone android untuk bermain game adalah minimal 2GB tetapi lebih baik jika 3GB. Sementara memori internal yang dibutuhkan adalah minimal 16GB dan idealnya 32GB.

6.GPU

GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit yang merupakan salah satu bagian penting dalam menentukan smartphone android untuk gaming. Prinsipnya proses GPU hanya berhubungan dengan grafis karena grafis  menjadi bagian penting dari game. Secara umum, GPU bertugas juga untuk pengolahan efek game. GPU yang baik akan membuat game menjadi lebih halus dan mantap, bahkan game juga akan penuh dengan efek-efek. Perlu Anda ketahui bahwa jika chipset bagus maka GPU-nya pun juga bagus.

7. Baterai dan Layar Android

Baterai dan layar Android adalah hal yang juga harus diperhatikan saat memilih android smartphone untuk bermain game untuk gaming. DImana resolusi layar android menentukan grafis game-nya. Agar dapat menikmati grafis game yang memukau, maka semua itu tergantung pada resolusi layar. Minimal pilih smartphone dengan resolusi 720 pixel dan 1080 pixel tetapi akan lebih baik untuk game bila telah Quad HD. Untuk baterai, sebaiknya pilihlah baterai dengan kapasitas 3.000 mAh

Nah,Itulah 7 tips cara memilih smartphone Android yang sesuai untuk gaming. Silahkan mencoba !


        


IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



30 March 2017 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post 5 Aplikasi Kompres Gambar Terbaik Tanpa Mengurangi Kualitas Next Post 5 Hal Yang Sebaiknya Anda Hindari Ketika Sedang Menggunakan Facebook !